3,716 total views, 1 views today

Saya percaya bahwa Anda pasti tahu betapa pentingnya pemasaran email (email marketing) untuk bisnis. 

Saya pernah melakukan penelitian bahwa setiap transaksi online di Indonesia terjadi melalui email dan memang benar adanya bahwa setelah saya praktek dari 11 tahun yang lalu hingga saat ini bahwa email masih menjadi sarana untuk pemasaran yang sangat efektif dalam dunia online.

Jadi, untuk menghasilkan email marketing yang efektif, Anda harus bekerja lebih keras untuk mendapatkan hasil yang berkualitas, tapi harus juga bisa membawa market Anda dari Cold Market menjadi Loyal Market, karena Hot Market saja tidak cukup.

Untuk mengubah market Anda menjadi Loyal Market, maka saya akan bagikan 5 langkah Email Marketing Cycle.

Lihat cycle yang saya buat. Anda dapat melihat sebuah siklus emai marketing yang saya lakukan untuk mengarahkan Cold Market menjadi Warm Market, dari Warm Market menjadi Hot Market dan dari Hot Market menjadi Loyal Market. 

Saya akan jelaskan satu per satu agar Anda mudah memhaminya. smile

Leads

Anda harus melakukan segalanya dengan berbagai strategi untuk bisa menghasilkan arahan berkualitas melalui leads form Anda. Mungkin cara Anda mengarahkan pengunjung menjadi leads adalah dengan iklan di Facebook, atau lusinan puluhan metode untuk menghasilkan pengunjung yang berkualitas. 

Leads adalah urat nadi dari agar bisnis Anda bisa berjalan dan berkembang dalam dunia online, tapi tidak hanya berhenti di Leads, melainkan masih ada Value (nilai).

Value

Hal pertama yang saya lakukan saat saya menyambut leads baru atau pengunjung baru adalah dengan memberikan konten yang konsisten dan yang memiliki nilai (value) kepada pengunjung. 

Jika ada leads baru Anda berpikir bahwa mereka tidak mendapatkan nilai dengan bergabung melalui leads form Anda, maka selanjutnya jangan berharap mereka akan tetap menjadi Warm Market.

Conversation (Percakapan)

Email Marketing memang sangat tepat untuk digunakan sebagai sarana promosi dan penawaran, karena satu-satunya cara Anda bisa berkomunikasi dengan pengunjung dan calon pelanggan Anda adalah melalui email.

Tapi Anda juga harus bahwa tidak semua orang suka menerima penawaran terus-menerus, makanya saya sangat jarang menawarkan workshop, produk, atau jasa dari bisnis saya, melainkan saya lebih sering berbagi informasi dan terkadang saya hanya kirim “Hai apa kabar?”. smile

Sale (Jualan)

Ini adalah tahap cycle yang paling susah dalam email marketing. Sekalipun Anda sebuah perusahaan yang sangat terkenal, belum tentu pelanggan Anda yang sering menerima email penawaran Anda akan siap langsung transaksi.

Agar terjadi penjualan, jangan terlalu sering mengirim email yang berisi penawaran, melainkan gunakan persentase 70% sharing berupa tips-tips, atau apapun yang bisa Anda bagikan, kemudian 20% soft selling berupa story telling, dan terakhir 10% hard selling.

Jika Anda lakukan persentase 70% – 20% – 10% yang saya sarankan, dipastikan akan terjadi penjualan dengan bonus brand Anda akan meningkat. smile

Loyal

Saya percaya bahkan tujuan akhir setiap kampanye email marketing yang dilakukan adalah untuk konversi (mengubah) penawaran menjadi transaksi dan mengubah leads Anda menjadi Loyal Market. 

Untuk mengubah leads menjadi Loyal Market, tidak bisa dilakukan dengan cepat. Butuh waktu, dedikasi dan keinginan untuk benar-benar MEMBANTU orang lain. 

Tapi Anda setelah leads Anda menjadi Loyal Market, maka kerja keras Anda dalam membangun Email Marketing Cycle, akan terbayar. smile

Yang harus Anda ingat, Email Marketing Cycle ini adalah sebuah sistem SIKLUS, yang artinya, harus terjadi pengulangan sistem.

Email Marketing Cycle yang mengubah prospek menjadi Loyal Lifetime Market adalah titik akhir dari pencapaian strategi email marketing Anda, tapi yang terutama karena Anda:

  • Sering membangun hubungan dengan leads Anda. 
  • Sering memberikan value kepada leads Anda.
  • Berhasil menawarkan dan menjual produk yang tepat kepada pelanggan yang tepat. 
  • Berhasil menciptakan loyalitas.

Pertanyaan saya untuk Anda yang sudah memiliki leads adalah dimana posisi leads Anda saat ini?. Apakah Cold Market?. Warm Market?. Hot Market? atau sudah Loyal Market?. smile