You are here: Home » Internet Business » Bagaimana Nasib dan Peluang Toko Online Di Facebook?

Bagaimana Nasib dan Peluang Toko Online Di Facebook?

Sejak terjadinya suspend secara dadakan oleh pihak facebook kepada Toko Online yang menjual dengan akun profile, banyak pemilik Toko Online yang berdiri dengan facebook, gulung tikar atau alias bangkrut.

Beberapa tahun lalu, facebook memanjakan dan memberikan kesempatan kepada user (pengguna) untuk dapat menghasilkan uang dari akun pribadi (profile) yang padahal sebelumnya juga facebook sudah memberikan fasilitas “Marketplace” yang dapat digunakan oleh para pengguna facebook secara gratis.

Semakin banyaknya toko online yang ada di facebook dan tagging photo pada akun per akun, membuat banyak pengguna facebook menjadi resah karena tagging dan tidak sedikit juga dari mereka yang melakukan “Report as Spam” pada toko online di facebook tersebut serta tidak sedikit juga yang langsung “Blokir”.

Selain itu, facebook mempunya 42.482.060 pengguna di Indonesia yang dimana belum tentu semua pengguna adalah pengguna asli. Beberapa dari 42.482.060 termasuk akun kloning didalamnya.

Lalu apakah masih ada peluang untuk membangun Toko Online dengan facebook?.

Sejak kejadian suspend pada toko online yang memanfaatkan facebook profile, tidak sedikit juga yang mengirimkan email ke saya dan bertanya-tanya solusi untuk survive. Beberapa diantara yang konsultasi juga merasa tidak ada harapan untuk menghasilkan uang di internet.

Kenapa hal tersebut dapat terjadi?.

Karena beberapa orang tersebut hanya menggunakan pemikiran satu arah (one way) dalam membangun bisnis. Di twitter, saya pernah memberikan quote twit, “Bisnis itu jangan dilihat hanya 1 arah. Melainkan lihatlah bisnis dari 2 – 4 arah”.

Saya ingin mengajak Anda yang membaca artikel ini ataupun mungkin Anda juga pemilik toko online di facebook untuk berandai-andai. :)

Seandainya mereka atau Anda yang menjual di facebook memiliki toko online versi web, apakah akan merasa putus asa ketika facebook melakukan suspend akun?. Atau seandainya mereka atau Anda yang memang membangun komunitas Toko Online sendiri dengan memanfaatkan facebook page dan mengintegrasikan dengan toko online versi web, apakah akan merasa putus asa, panik dan sebagainya ketika facebook melakukan suspend akun?. :)

Kalau misalnya Anda bertanya, “Apakah peluang berjualan di facebook masih bisa menghasilkan profit?”. Saya jawab, “Bisa”. Tapi tidak bisa seperti jaman facebook dulu yang bisa se-enaknya berjualan.

Facebook sendiri memberikan alternatif bagi penggunanya untuk bisa berjualan atau promosi baik itu brand perusahaan, komunitas atau toko online. Solusinya adalah dengan menggunakan facebook page dan bukan berarti toko online versi web tidak penting. Justru sangat penting!.

Dalam menjalankan toko online, saat ini Anda harus mampu mengelola tiga hal yaitu Toko Online Web, Toko Online Facebook dan Twitter khusus Toko Online Anda, yang kemudian Anda integrasikan ketiga hal tersebut dimana Toko Online Web bersifat global, karena seluruh pengguna internet (google) bisa mengakses dan melihat produk Anda, sedangkan facebook untuk memberikan informasi-informasi penting dan sebagai komunitas toko online Anda serta twitter sebagai media pemasaran (marketing) untuk toko online facebook dan web Anda.

Sekarang Anda sudah tahu cara mengatasi dan siaga sebelum akun toko online facebook Anda di suspend, segera buat facebook page untuk jualan. Kalau males untuk add orang lagi atau sebelumnya sudah ada 5000 teman yang bergabung dalam akun facebook jualan, bisa manfaatkan:
https://www.facebook.com/pages/create.php?migrate
(dengan catatan Anda belum memiliki facebook page untuk toko online Anda alias Fresh)

Semoga artikel saya bermanfaat untuk Anda yang memiliki toko online di facebook ataupun yang sedang putus asa karena akun facebook jualan di suspend.

Buat Anda yang ingin Konsultasi Gratis, bisa langsung ke halaman ini.

About Andhika Wijaya Kurniawan

Andhika Wijaya Kurniawan, adalah seorang Online Business Coach™, Konsultan Digital Strategi dan Konsultan Bisnis. Founder & CEO of Indonesia Digital Agency., Executive Director of AWK Academy,. CEO of Andhika Jaya Swakarsa

6 comments

  1. Mantap…harus serius dalam menjalankan bisnis (dagang) online, ga boleh nanggung. Toh sekarang untuk buat web, blog sangat mudah. Maju terus entrepreneur Indonesia….

       0 likes

  2. Artikel yang sangat bermanfaat untuk saya pelaku ukm yang baru mencoba go online…sukses selalu…

       0 likes

  3. maap sedikit oot kak ,ngebahas toko online di FB kan toko online di facebook memang banyak sekali,tapi yang gak jujur juga banyak.
    gmn cara biar aman belanja di facebook ?
    aku dpt info ada conpany escrow di indonesia yg namanya inapay,apakah itu sangat membantu ?
    mohon infonya.trims :)

       0 likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


CommentLuv badge