You are here: Home » Blogging Activities » Blog Monetize » Bangun Bisnis Dengan Blog (Bag.2: For Personal)

Bangun Bisnis Dengan Blog (Bag.2: For Personal)

Your Blog Is Your Company

Kalau dalam artikel sebelumnya saya menuliskan tentang Bangun Bisnis Dengan Blog (Bag.1: For Company) maka dalam artikel ini adalah bagian untuk personal atau Anda yang ingin menjalankan bisnis di internet tapi memiliki keterbatasan budget ataupun secara bootstrap. :)

Jika Anda mencoba melakukan pencarian di Google dengan kata kunci “Cara  Menghasilkan Uang Dengan Blog”, saya yakin Anda akan melihat begitu banyak teman-teman blogger yang membahas tentang hal itu.

Mungkin Anda akan menemukan berbagai macam artikel yang membahas tentang menghasilkan dengan program PPC (Pay Per Click) seperti Google Adsense, Chitika, Kumpul Blogger dan lainnya atau mungkin Anda juga akan menemukan  artikel yang membahas tentang menghasilkan dengan menawarkan jasa atau keahlian.

Saya pribadi membenarkan cara-cara tersebut karena untuk menghasilkan uang di dunia internet yang dibutuhkan adalah Kreatifitas.

Nah yang menjadi pertanyaan dari teman-teman yang mengirimkan email ke Konsultasi@AndhikaWijayaKurniawan.com atau mengisi form pada program Konsultasi Gratis adalah “bagaimana cara membangun bisnis dengan blog kalau yang dijual adalah produk fisik seperti elektronik, baju, dan lainnya?”.

Sebelum Anda memulainya, Anda harus dapat menentukan “apakah bisnis yang ingin Anda bangun itu bisnis yang besar dengan kredibilitas yang baik atau yang biasa aja?”. :)

Jika Anda ingin memiliki sebuah bisnis dengan kredibilitas yang baik dimata konsumen, hal yang terpenting adalah menjaga kepercayaan mereka dan bersikap professional. Tapi kalau Anda ingin memiliki sebuah bisnis yang biasa aja, segera tutup artikel ini karena Anda tidak cocok baca artikel ini dan menjadi seorang pebisnis. :)

Pertanyaan selanjutnya adalah “Apakah boleh menjual menggunakan domain Gratis seperti NamaTokoAnda.blogspot.com atau NamaTokoAnda.wordpress.com?”. Jawaban saya adalah selama bisa menghasilkan PROFIT, kenapa tidak?. Tapi kembali lagi, dengan pemikiran offline seperti ini: “Apakah Anda ingin selamanya numpang di tempat orang yang walaupun Gratis tapi kurang mampu membesarkan nama usaha Anda?. Atau membeli ruko dan membangun toko sendiri serta menghasilkan profit yang lebih dan membangun kredibilitas Anda (usaha Anda)?”. Coba Anda renungkan.

Kemarin siang di sebuah group facebook saya mengatakan,

Ya! Nama usaha Anda di Internet bisa dibeli hanya dengan harga Rp. 100.000,-/tahun (domain). Kebanyakan pemula paling anti beli nama domain dengan alasan ribet atau susah yang padahal kalau dilihat dari fungsinya, akan sangat membantu sekali usaha yang dijalankan.

Lalu bagaimana membangun bisnis dengan blog kalau untuk personal?. Dari tadi saya belum bahas mengenai hal tersebut. :p

Untuk membangun bisnis dengan blog khusus Anda yang bukan perusahaan atau hanya menjual produk/jasa secara personal, hal yang perlu diperhatikan adalah:

  1. Tentukan produk atau jasa yang ingin Anda jual/tawarkan.
  2. Fokus pada target yang sesuai produk atau jasa yang Anda jual/tawarkan. Misalnya Anda menjual produk diet, maka fokus pada diet dan jangan mencampuri dengan produk seperti bantal guling atau bed cover.
  3. Buat artikel solusi sesuai dengan jasa/produk yang Anda jual/tawarkan. Kenapa?. Pada dasarnya blog itu untuk menulis, jadi konten/artikel itu penting.
  4. Berikan kemudahan pengunjung untuk menghubungi Anda dan mengakses halaman produk/jasa yang Anda tawarkan/jual.
  5. Usahakan buat beberapa halaman sesuai dengan produk/jasa yang Anda tawarkan/jual. Jangan dicampur dengan produk lain, apalagi artikel.
  6. Selalu update artikel minimal satu minggu satu artikel.

Kesalahan saya pertama kali membangun bisnis dengan blog adalah berjualan!. :)

Pengunjung dan mungkin Anda sendiri, datang ke Google pasti dengan tujuan mencari Informasi. Benar?. Setelah informasi didapatkan, baru mencari solusinya. Benar?. Setelah solusi di dapat, maka Anda akan mencari jalan keluarnya bisa dengan membeli produk atau memesan suatu jasa. Benar?.

Nah proses seperti itu yang jarang sekali diperhatikan oleh pemula dalam memulai bisnis dengan blog.

Semoga artikel saya dapat membantu Anda membangun bisnis dengan blog dan jika Anda masih bingung, bisa kirim email ke saya di: Konsultasi@AndhikaWijayaKurniawan.com atau bisa langsung melalui program Konsultasi Gratis.

Jangan lupa berikan komentar terbaik Anda untuk mendapatkan backlink dan gunakan nama Anda pada kolom nama.

Sponsor Ads:


About Andhika Wijaya Kurniawan

Andhika Wijaya Kurniawan, adalah seorang Online Business Coach™, Digital Strategist dan Konsultan Bisnis. Founder & CEO of Indonesia Digital Agency., Managing Director of AWK Education & Consulting,. CEO of Andhika Jaya Swakarsa

3 comments

  1. Bener banget nih, orang cari info…
    Mbah Jiwo´s last blog post ..Mesin Peniris Minyak 2

       0 likes

  2. artikel yang sangat membantu, pertama kali saya menulis blog th 2007, awalnya hanya iseng atau hobi menyalurkan ide dan gagasan, 2 tahun kemudian tepatnya th 2009 saya membuat toko online.
    sama sekali saya gak menyangka bahwa personal blog saya bisa membuat pemebli online di toko saya menjadi meingkat, mungkin hal ini bisa terjadi karena dengan personal blog calon pembeli akan yakin dengan keseriusan saya dlam melakukan penjualan, dan calon pembeli tidak merasa kawatir tertipu
    salam

       0 likes

  3. kebetulan saya juga memakian domain dan hosting sendiri, atau nebeng di blogspot (nama + hosting), tapi ada juga yang beli domain (berbayar) tapi hostingnya di blogspot / wordpress. Untuk hosting berbayar biasanya saya gunakan sebagai blog dummy yang fungsinya memberikan backlink ke domain utama (berbayar domain dan hostingnya) dan hal ini efektif dalam mendongrak posisi toko online saya di mesin pencari google
    jadi menuruut saya memang sangat bergantung pada tujuan apa kita membuat blog
    salam

       0 likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


CommentLuv badge