You are here: Home » Internet Strategist » Internet Communication » Cara Membangun Hubungan Dengan Pelanggan (Customers) Di Internet

Cara Membangun Hubungan Dengan Pelanggan (Customers) Di Internet

Hai Sahabat yang Luar Biasa,


Bagi sebuah perusahaan maupun personal, pelanggan (Customers) adalah teman yang berharga. Tidak berbeda dengan Bisnis di Internet, pengunjung juga teman yang berharga.

Dengan jaman yang semakin canggih serta dukungan teknologi yang semakin maju, membangun dan menjalin hubungan dengan pelanggan juga semakin mudah.

Selain sebagai Pelanggan (Customers), terkadang mereka juga bisa menjadi teman bahkan sahabat kita sendiri, mungkin pada saat acara Gathering, Kopi Darat dan sebagainya.

Sebelum menuju proses pertemanan atau persahabatan, yang terberat adalah menjalin dan membangun hubungan dengan pelanggan, apalagi kalau secara Online atau di Internet yang sangat berbeda dengan cara Konvensional (Offline).

Di Konvensional (Offline) Anda dapat menghubungi pelanggan Anda dan mengajaknya hang out atau sekedar bertemu untuk minum-minum. Kalau di Internet, Anda tidak dapat melakukan hal seperti itu.

Berikut ini ada 4 Tips “Cara Membangun Hubungan Dengan Pelanggan (Customers) di Internet”, yang selama kurang lebih 3 tahun saya lakukan di Internet dan hingga saat ini masih saya lakukan, yaitu:
1. Jika pelanggan (Customers/Pengunjung) Anda mengirimkan email, baik itu konsultasi, pertanyaan atau pemesanan, biasakan untuk memberikan konfirmasi atau balasan kurang dari 24 jam. Baik yang menarik ataupun tidak menarik, baik yang sesuai dengan topik ataupun yang tidak sesuai dengan topik dan itu disebut Customers Service.

2. Jika pelanggan (Customers/Pengunjung) Anda komentar melalui Blog/Web Anda, biasakan membalas kurang dari 24 jam. Apapun balasannya, jangan pernah dihapus. Jika komentar kurang pas atau merasa kurang sopan, tetap di Approve dan biarkan Public yang menilai.

3. Selalu ramah dalam menjawab semua pertanyaan dan komentar yang masuk, karena akan menjadi point tersendiri di mata pelanggan (Customers/Pengunjung).

4. Sesekali tanyakan kabar mereka melalui Autoresponder, bukan berjualan dan menawarkan terus menerus. Berikan atau cantumkan alamat email yang bisa dibalas oleh mereka, sehingga mereka tahu kalau Anda bukan robot. Pada umumnya setiap orang senang diperhatikan.

Well, kalau memang beberapa pelanggan (Customers/Pengunjung) Anda berada dalam 1 (Satu) kota, buatlah suatu Gathering atau Kopi Darat (KopDar) untuk mempererat hubungan Anda dengan mereka.

Biasanya sesekali, saya melakukan posting di Twitter untuk bertanya misalnya, “Siapa yang lagi di Mall A? Lagi mau makan di B nih, ketemuan yuk?”. Dan saat ada yang balas, “Yuk”. Bukan berarti sekedar basa basi, saya justru benar-benar bertemu dengan mereka dan makan bersama dengan mereka.

It’s all about Customers Relationship yang berarti Bagaimana Cara Anda Memperhatikan Pelanggan (Customers/Pengunjung) Anda, agar tetap setia dan nyaman dengan Anda.


Jangan lupa berikan Komentar terbaik Anda, karena nantinya akan menjadi Backlink buat BLOG Anda.

BTW! : Let’s me know kalau Anda membutuhkan sebuah “Personal Branding WeBLOG, Powerful Business WeBLOG, Powerful Online Shop atau Powerful Facebook Page“, silahkan dapat langsung menghubungi saya melalui Contact Page, via Business Phone: 821-8344-9370, atau melalui email: Contact@AndhikaWijayaKurniawan.com. Dan mari kita Diskusikan bersama untuk Keberhasilan Anda.

All The Best, Success in Life, Success in Everything you do and God Bless You.


Your Successfull Partner,

Sponsor Ads:


Internet Communication Marketing Communication Public Relation

About Andhika Wijaya Kurniawan

Andhika Wijaya Kurniawan, adalah seorang Online Business Coach™, Digital Strategist dan Konsultan Bisnis. Founder & CEO of Indonesia Digital Agency., Managing Director of AWK Education & Consulting,. CEO of Andhika Jaya Swakarsa

4 comments

  1. menarik artikel ini, selama ini saya sudah menerapkan salah satu poin yg anda paparkan diatas, dan hasilnya sangat menggemberikan bagi saya dan juga customer saya. point utama dari artikel ini menurut saya adalah “pada umumnya setiap orang senang diperhatikan”. ini lah yg menjadi titik yg perlu dibina agar tercipta relationship yg saling menguntungkan. thanks
    Wahyu Wardana´s last blog post ..Koleksi Icon Gratis Untuk Web- Ipad- Iphone- &amp Android

       0 likes

  2. Andhika Wijaya Kurniawan
    Twitter: AndhikaWijaya

    @ Wahyu Wardana:
    Semoga bermanfaat dan bisa menjadi Inspirasi :)

       0 likes

  3. Dear Andhika wijaya,
    terimakasih atas artikel anda ini,artikel ini sangat bagus dan bermanfaat.
    saya mau bertanya untuk yang nomer 4,
    apakah cara yang ini perlu juga kita berikan kepada pelanggan yang belum bergabung atau membeli produk kita karena masih berpikir-pikir?
    Mohon tips dan sarannya buat pelanggan yang masih berpikir-pikir agar mereka segera membeli dari kita.

    Deni budiman

       0 likes

  4. deni budiman wrote:

    Dear Andhika wijaya,
    terimakasih atas artikel anda ini,artikel ini sangat bagus dan bermanfaat.
    saya mau bertanya untuk yang nomer 4,
    apakah cara yang ini perlu juga kita berikan kepada pelanggan yang belum bergabung atau membeli produk kita karena masih berpikir-pikir?
    Mohon tips dan sarannya buat pelanggan yang masih berpikir-pikir agar mereka segera membeli dari kita.

    Deni budiman

    Reply

    @ deni budiman:
    Hai pak Deni Budiman,
    Tentu perlu. :)
    Mereka belum beli atau mikir-mikir karena ada keraguan. Pendekatan secara pribadi, membuat mereka mengenal pak Deni, tentunya akan memudahkan nantinya. :)

       0 likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


CommentLuv badge