You are here: Home » Social Media Marketing » Cara Membuat Iklan Di Facebook Tampil Lebih Baik

Cara Membuat Iklan Di Facebook Tampil Lebih Baik


Jika diperhatikan dalam beberapa tahun terakhir ini, facebook ads mengalami kemajuan yang sangat cepat dimana pengguna facebook ads bukan lagi berasal dari market luar melainkan kebanyakan dari Indonesia. Hal ini menarik perhatian bagi para pebisnis baik perusahaan maupun personal untuk menggunakan fasilitas iklan dari facebook untuk mendapatkan prospek lebih dan tentunya penjualan juga.

Yang menjadikan facebook sebagai alternatif promosi adalah beriklan di facebook tidak terlalu banyak memakan waktu, tapi yang paling penting adalah pengembalian atas investasi atau dana yang telah dikeluarkan (ROI – Return Of Investment).

Akan tetapi ada beberapa faktor penting yang harus di ingat saat meluncurkan campaign/kampanye iklan di facebook. Faktor-faktor ini memainkan peran penting dan utama dalam menciptakan iklan di facebook yang dapat membuat bisnis Anda sukses melampaui harapan Anda.

Ada beberapa langkah yang sangat penting serta harus diperhatikan dalam membuat iklan Anda di facebook agar tampil lebih baik dan semua langkah ini sangat penting. Anda dapat mengikutinya atau tetap menggunakan cara Anda sendiri.

Tentukan Tujuan Anda

Yang pertama dan langkah yang paling jelas untuk membuat sebuah iklan di facebook ataupun di tempat lain adalah mendefinisikan tujuan Anda. Contoh:

  • Mengapa Anda perlu beriklan?
  • Apakah Anda ingin pengguna facebook melakukan like pada facebook page Anda atau langsung mengarahkan iklan Anda ke landing page Anda?.
  • Siapa target market untuk iklan Anda di facebook?
  • Apa strategi yang harus digunakan agar pengguna facebook menjadi sebuah prospek yang baik?
  • Dan lainnya.

Beberapa pertanyaan tersebut harus dapat Anda keluarkan dalam bentuk catatan dan Anda jawab dengan tepat sebelum Anda mulai membuat sebuah iklan. Jika Anda sudah tahu apa tujuan Anda beriklan, maka selanjutnya Anda hanya perlua membuat iklan menjadi lebih baik.

Desain Iklan Anda

Setiap iklan facebook memiliki beberapa elemen umum yang membuat seluruh unit iklan menarik. Elemen atau unsur tersebut meliputi: gambar, judul, deskripsi, URL tujuan. Dan pastinya untuk gambar harus relevan, jelas serta tidak melanggar hak cipta.

Judul adalah elemen yang paling penting untuk menarik perhatian pengguna facebook atau calon konsumen Anda di facebook. Kenapa?. Hal pertama yang dilihat atau dilirik oleh mata setiap orang yang melihat iklan adalah judul iklan. Termasuk jika Anda melakukan searching di Google atau search engine lainnya, hal pertama yang Anda lihat pastinya judul yang ditampilkan dan kedua baru deskripsi atau langsung klik.

Elemen yang kedua adalah deskripsi pada iklan di facebook, dimana memberikan sebuah kesempatan bagi Anda untuk mengkonversi pembaca degnan mudah. Anda mendapatkan lebih banyak ruang dan kata-kata untuk mengungkapkan kesepakatan Anda atau memberikan penawaran Anda.

Elemen ketiga adalah URL tujuan, yang berfungsi sebagai arahan dari Anda kepada pengguna facebook atau calon konsumen. Apakah Anda ingin mengarahkan ke facebook page untuk membentuk sebuah komunitas atau langsung menuju ke situs/landing page/blog Anda?. URL tujuan harus jelas arahnya.

Yang terakhir adalah Gambar. Biasanya orang lebih tertarik dengan visual daripada teks biasa. Dan fasilitas gambar pada iklan facebook dapat Anda manfaatkan untuk menarik perhatian pengguna facebook untuk melakukan klik iklan Anda.

Karena itu, jika Anda perhatikan para pengguna iklan di facebook, mereka akan berlomba-lomba menggunakan gambar yang menarik perhatian ataupun kata-kata pada judul iklan dan deskripsi iklan yang mampu membuat pengguna facebook untuk melakukan klik iklan.

Mengidentifikasi Target Anda

Kelebihan beriklan di facebook adalah Anda dapat menentukan target market iklan Anda. Beriklan di facebook, Anda akan diberikan pilihan seperti target lokasi, demografi, minat dan pendidikan serta pekerjaan. Hal ini yang banyak menjadi pilihan bagi pebisnis untuk beriklan di facebook karena sangat membantu dalam menargetkan prospek yang tepat untuk kemungkinan meningkatkan konversi secara signifikan.

Tentukan Anggaran Iklan Anda

Ini adalah faktor paling penting yang akan menentukan keberhasilan campaign (kampanye) iklan di facebook. Anda dapat mengontrol anggaran iklan Anda dalam dua cara berbeda, yaitu menetapkan jumlah maksimal yang dimana Anda dapat habiskan dalam satu hari (misalnya: $50 per hari) atau menentukan anggaran Anda untuk jangka waktu yang terbatas (misalnya: $500 per 30 hari).

Dengan cara ini Anda tidak hanya dapat sedikit bereksperimen sebelum mengeluarkan lebih banyak uang untuk campaign iklan Anda, tetapi juga dapat mengontrol pengeluaran secara efektif.

Perhatikan Jadwal Penayangan Iklan

Ketika saatnya untuk mencapai target, yang paling penting adalah waktu penayangan. Jangan sampai ketika target market lagi banyak yang melakukan klik atau tertarik dengan iklan Anda, tiba-tiba masa penayangan iklan Anda habis.

Untungnya facebook menawarkan jadwal penayangan iklan yang fleksibel untuk mencapai audiens dengan tepat. Anda dapat mulai menjalankan iklan Anda segera setelah membuat iklan dala waktu 24 jam atau Anda dapat schedule penayangan pada hari tertentu. Pada umumnya, pengiklan di facebook hanya memilih hari kerja untuk menjalankan iklan mereka.

Pilih Dengan Tepat Penawaran Iklan

Jika Anda jelas tahu apa yang Anda cari atau apa tujuan (goal) Anda, tentu dengan mudah dapat memutuskan penawaran iklan dari facebook untuk iklan terbaik Anda yang dimana Anda dapat memilih salah satu dari dua pilihan yaitu penawaran CPC (biaya untuk per klik) atau CPM (biaya untuk per seribu tayang).

Pilihan pertama atau CPC digunakan bila pengiklan mencari beberapa tindakan yang akan dilakukan oleh prospek. Misalnya tujuan Anda adalah mengumpulkan pengguna facebook untuk melakukan “like” pada facebook page atau mengarahkan mereka ke landing page/blog untuk mendapatkan traffic. Termasuk toko online.

Pilihan kedua atau CPM hanya digunakan untuk menciptakan kesadaran tentang produk atau bisnis Anda. Misalnya Anda ingin launching sebuah produk atau Anda ingin sekedar pengguna facebook tahu situs Anda tanpa berpikir merubah mereka menjadi calon konsumen yang pasti.

Terpenting adalah Anda harus menentukan tawaran harga maksimal setelah memilih penawaran CPC. Meskipun facebook secara otomatis menunjukan harga penawaran optimal untuk iklan Anda, tetapi Anda tetap bebas untuk memilih jumlah tawaran Anda sendiri.

Menganalisa Iklan Anda

Ini adalah langkah yang penting juga dimana dapat memutuskan kelanjutan beriklan di facebook atau tidak menggunakannya lagi. Facebook sendiri menyediakan rincian kinerja iklan Anda sehingga Anda dapat dengan mudah menganalisa dan dapat mengambil tindakan yang diperlukan.

Rincian tersebut adalah tayangan/impression (organik atau sosial), persentase CTR, jumlah klik, total anggaran yang dihabiskan, status iklan (berjalan, berhenti atau suspend) dan banyak lagi. Data-data yang diberikan oleh facebook ini tidak hanya memberikan Anda kesempatan untuk meningkatkan kualitas iklan untuk mendapatkan keuntungan maksimal tetapi juga memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi kesalahan, performa iklan Anda sehingga dapat dihentikan tanpa penundaan.

Semoga artikel tentang “Cara Membuat Iklan Di Facebook Tampil Lebih Baik” dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda.


Jangan lupa berikan Komentar terbaik Anda, karena nantinya akan menjadi Backlink buat BLOG Anda.

BTW! : Silahkan hubungi saya, jika Anda membutuhkan layanan Professional Consulting untuk Bisnis Anda atau “Powerful Branding Blog, Powerful Branding For Facebook Page, Advertising Services“, silahkan dapat langsung menghubungi saya melalui Contact Page, via Business Phone: 821-8344-9370, atau melalui email: Service@AndhikaWijayaKurniawan.com. Dan mari kita Diskusikan bersama untuk Keberhasilan Anda.

About AndhikaWijayaKurniawan.com

AndhikaWijayaKurniawan.com adalah sebuah situs semi portal atau semi media No.1 yang membahas mengenai kegiatan Internet Marketing, Bisnis di Internet, Perkembangan Startup, Perkembangan Dunia Internet, Branding Perusahaan ataupun Perorangan, Blogging dan masih banyak lagi. | Email: info@AndhikaWijayaKurniawan.com | Kirim Artikel Anda

8 comments

  1. SANGAT BERMANFAAT, JOSSS….SUKSES SELALU….

       1 likes

  2. Thanx infonya bos , sangat bermanfaat buat promosi APEL CELUP

       0 likes

    • Andhika Wijaya Kurniawan
      Twitter: andhikawijaya

      @luky:
      Terima kasih kembali telah memberikan komentar.
      Saya doakan APEL CELUP berkembang dengan luar biasa!. :)

         0 likes

  3. makasih buat infonya gan..
    kebetulan aq memang sedang menunggu iklan q running..
    jadi infonya makin bikin aq ngerti cara “bersahabat” dg iklan fb..

       0 likes

  4. makasih infonya gan

       0 likes

  5. tips berguna bung, facebook memang lebih targeting dalam iklan

       0 likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


CommentLuv badge