Cara Menghadapi dan Merubah Kegagalan Menjadi Kesuksesan

Hai Sahabat yang Luar Biasa,


Di Twitter, saya pernah berbagi tentang “Kegagalan”. Dimana salah satunya, “Orang yang Sukses adalah orang tidak lepas dari Kegagalan dan terus mencoba dengan Mental Baja”.

Kemudian, Anda mungkin sering dengar para Motivator atau di buku-buku Bisnis mengatakan, “Kalau mau Sukses, Gagal dulu. Supaya dapat belajar dari Kegagalan dan menjadi Sukses”.

Dalam menjalankan Bisnis yang sebelumnya secara Offline dan sekarang menjadi Online, saya banyak mengalami kegagalan. Tapi satu hal yang saya pegang dalam Hidup atau salah satu prinsip saya, yaitu “Tidak ada Keberhasilan yang dapat diraih dalam sekejap tanpa Kerja Keras dan Keyakinan”.

Ok, dalam artikel kali ini saya akan bagikan “Cara Menghadapi dan Merubah Kegagalan Menjadi Kesuksesan”, yaitu:

Cari penyebab Kegagalan Anda
Banyak orang mengalami frustasi berat ketika mengalami kegagalan. Kalau Anda begitu, selamanya Anda tidak akan menemukan penyebab kegagalan Anda.

Diam dan renungkan, apa yang menjadi penyebab kegagalan Anda. Dan catat disecarik kertas atau buku. Kemudian mulai ambil secarik kertas dan tulis jalan keluarnya.

Berlaku juga bagi Anda yang dalam pekerjaan sehari-hari merasa kurang mencapai target penjualan atau target income.

Berpikir dan Bertindak Positif Menghadapi Kegagalan
Kata “GAGAL” adalah kata yang paling ditakuti oleh banyak orang. Kalau ditanya, “Siapa yang mau gagal dalam hidupnya?”. Saya yakin Anda tidak akan angkat tangan atau pun menjawab.

Percayakah Anda, terkadang Kegagalan berasal dari pemikiran Anda sendiri. Karena pemikiran mempengaruhi apa yang terjadi dalam hidup kita.

Contoh, biasanya Anda mendapatkan order dari dalam negeri. Ketika mendapatkan order dari luar negeri Anda mulai berpikir, “Apakah Bisa?”. Kalau Anda yakin dengan mengatakan “Saya bisa dan ini mudah”. Maka akan mudah. Tapi kalau Anda ragu dengan mengatakan “Sepertinya saya tidak bisa”. Maka selamanya Anda tidak bisa.

Hadapi sebuah Kegagalan dengan pemikiran yang positif dan tindakan yang positif, karena di setiap kegagalan pasti ada pembelajaran tersendiri untuk bangkit.

Dalam dunia Internet, terdapat banyak sekali Website yang menawarkan program menghasilkan Uang dengan mudah. Seperti Klik Iklan, Members Get Members. Ada beberapa yang SCAM dan ada beberapa yang digosipkan SCAM. Lalu Anda searching di Google, ternyata ada orang yang bilang SCAM. Apakah Anda tidak akan mencoba?. Kalau jawaban Anda “Iya”. Maka Anda tidak akan pernah bisa menghasilkan uang di Internet.

Saya pribadi tidak akan percaya sampai saya membuktikan, selama itu Gratis!. Kalau berbayar, buktikan terlebih dahulu apakah Komisi kita dibayar atau tidak. Ingat! Selalu ada timbal baliknya. Di balik Kegagalan terdapat sebuah Kesuksesan.

Cari Kemampuan atau Keahlian Anda untuk Menghadapi Kegagalan
Saya tidak percaya, kalau ada yang mengatakan “Saya tidak memiliki Keahlian, Kemampuan atau Hobby dalam diri”. Karena setiap orang pasti memilikinya sekecil apapun.

Mulailah catat di secarik kertas, apa saja keahlian, kemampuan atau Hobby Anda dan apa saja yang Anda sukai. Kemudian renungkan dan tanyakan dalam diri, “Apakah ini penyebab kegagalan saya?. Karena tidak sesuai dengan kemampuan yang saya miliki?. Lalu bagaimana caranya agar saya bisa bangkit dari kegagalan ini dan menjalankan sesuai kemampuan saya?”.

Setelah Anda tahu jawabannya, Anda pasti akan ketemu penyebab Kegagalan Anda selama ini.

Bangkit, Take Action, Trial and Error
Banyak orang setelah mengalami kegagalan, selalu meninggalkan pekerjaan atau usaha yang sudah dijalankan dan mulai mencari peluang yang baru.

Saya tidak mengatakan itu salah, ada 2 hal yang sering dilakukan oleh orang Sukses, yaitu:

1. Bangkit dengan mulai menjalankan kembali usaha yang lama, sambil merintis usaha yang lain.
2. Bangkit dengan menjalankan usaha yang baru sambil mulai membenah usaha yang lama.

Yang salah adalah ketika Anda berpindah ke usaha yang baru dan meninggalkan usaha lama yang sudah Anda kuasai.

Untuk mencapai keberhasilan, jangan pernah berhenti untuk selalu belajar dan belajar, jangan pernah berhenti untuk mencoba dan mencoba, jangan pernah bosan untuk mengalami kegagalan dan kegagalan untuk dapat bangkit kembali menuju Kesuksesan. Tidak ada yang Instant!.

Orang yang Sukses adalah orang yang mengalami Kegagalan 100 kali dan mencoba 110 kali untuk menemukan Kesalahan/Kegagalan dan Bangkit dari Kegagalan.

Ok, sekarang Anda sudah tahu Bagaimana Cara Menghadapi dan Merubah Kegagalan Menjadi Kesuksesan. Jangan lagi takut terhadap Kegagalan, tapi hadapi Kegagalan untuk mendapatkan Keberhasilan. :)


Jangan lupa berikan Komentar terbaik Anda, karena nantinya akan menjadi Backlink buat BLOG Anda.


BTW! : Let’s me know kalau Anda membutuhkan sebuah “Personal Branding WeBLOG, Powerful Business WeBLOG, Powerful Online Shop atau Powerful Facebook Page“, silahkan dapat langsung menghubungi saya melalui Contact Page, via Business Phone: 821-8344-9370, atau melalui email: Contact@AndhikaWijayaKurniawan.com. Dan mari kita Diskusikan bersama untuk Keberhasilan Anda.

All The Best, Success in Life, Success in Everything you do and God Bless You.


Your Successfull Partner,

Andhika Wijaya Kurniawan

Andhika Wijaya Kurniawan, adalah seorang Online Business Coach™, Konsultan Digital Strategi dan Konsultan Bisnis. Founder & CEO of Indonesia Digital Agency., Executive Director of AWK Academy,. CEO of Andhika Jaya Swakarsa

4 thoughts on “Cara Menghadapi dan Merubah Kegagalan Menjadi Kesuksesan

  1. Sedikit cerita nih,
    mertua tuh, orangnya risk taker, sekarang udah bangkrut perusahaan.
    singkat cerita yang paling fresh aja. Udah bangkurt.
    Kemudian ditawarin orang usaha minta modal ditawarin bagi modal, blak – blak… ngak punya uang khan, ada mobil di masukkan (sertifikat ) ke bank Ti. til… bunga besar.. eh .. lari orangnya.
    ada orang beda ke dua datang, dengan maksud sama beda usaha, sama juga. Mobil di gadaikan. orang lari juga. kasih uangnya begitu aja.

    Dan ternyata udah berkali – kali gitu. tapi gak mau belajar dari kesalahan (katanya khan orangnya beda, bisnisnya juga beda) gak mau juga ikut kerja maunya jadi gitu.

    Dasar wong edan.

    Gimana tuh?
    sekarang anak&istrinya pun sebel (termasuk saya tentunya) bisanya bikin masalah, tapi gak mau belajar.

  2. @ Aji: Mas Aji, itu mertua toh… :-)

    Setiap orang itu berbeda… Kita tidak bisa memaksakan orang untuk bisa seperti A, berubah menjadi Z, Berpikir C, dll. Orang itu emiliki alur kehidupan dan pola pikir yang berbeda-beda. Tidak ada yang bisa merubah keculai dia berubah sendiri. Yang bisa kita lakukan adalah memberikan pandangan, urusan berubah atau tidak itu serahkan saja. Toh, butuh waktu untuk berubah… Manusia tidak seperti bunglon, sekali nempel di warna A dia langsung berubah warna menjadi A.

    Minimal itu kita jadikan sebagai pelajaran untuk kita, tak harus belajar dari pengalaman pribadi saja. Tapi masalah orang lain pun bisa kita jadikan pelajaran untuk kita pribadi menjadi pribadi yang tangguh.

    Hanya masukan, semoga bermanfaat…

    @Mas Andhika: Oke, mas ga apa-apa… Mengenai Video sudah saya jelaskan di balasan komenmu Mas… :-)

  3. Terimakasih masukannya sangat bagus, memang benar kesuksesan bukan instan dan tidak mudah mencapai ??ª?? akan tetapi sulit ??ª?? kita kami mengalami kegagalan untuk mengembalikan positif dan semangat untuk maju ?†? ?????? menjadi tantangan ?????? sangat berat bagi kami

Berikan komentar/pendapat berkualitas dan terbaik Anda,

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


CommentLuv badge