You are here: Home » Tips Dari @AndhikaWijaya » Cara Mudah Menjaga Dan Monitoring Kapasitas Hosting

Cara Mudah Menjaga Dan Monitoring Kapasitas Hosting

Hosting adalah bagian terpenting dalam dunia Internet yang dimana sebuah data akan tersimpan kedalamnya. Hosting juga dapat di ibaratkan seperti lemari besi tempat menyimpan semua data-data website/blog Anda. Maka tidak heran, hosting menjadi tempat uji coba kemampuan para hacker untuk membobol sebuah situs.

Karena itu banyak diantara pemain dalam dunia Internet lebih memilih menggunakan blogspot.com dengan melakukan custom domain, sehingga tidak perlu lagi direpotkan oleh hosting. Tapi sebagian pemain dalam dunia Internet lebih memilih menggunakan self hosting (hosting sendiri) dengan alasan lebih leluasa dalam memodifikasi dan manage situs/blog.

Apapun pilihan Anda, tidak ada yang salah. Karena setiap orang memiliki waktu yang tentunya berbeda-beda.

Bagi pemilik situs/blog yang sudah memahami bagaimana cara menjaga Hosting agar kapasitas tidak meledak ataupun boros, mereka kebanyakan melakukan dengan 2 hal yaitu dengan:

  • Menghapus semua gambar screenshot plugin yang baru di install.
  • Melakukan optimize database pada PHP Myadmin.
  • Backup rutin database setiap minggu.

Tapi bagaimana bagi mereka yang pemula dalam hal permasalahan hosting atau self hosting?.

Cara mudah menjaga dan monitoring kapasitas Hosting agar tidak meledak atau boros dapat dilakukan dengan 2 plugin yang pada umumnya digunakan oleh para blogger maupun pemilik situs/blog yang digunakan untuk berbisnis di Internet.

WP-Optimize

Sebuah plugin yang dapat mengoptimalkan kerja database mysql ataupun database pada PHPMyadmin yang dimana jika over maka Anda akan diberikan kode dengan tulisan warna merah yang berarti harus di optimize.

Dengan plugin ini, Anda juga dapat menghapus setiap cache ataupun draft artikel tersembunyi yang mampu menambah kapasitas hosting Anda.

Cara menggunakannya cukup mudah yang dimana Anda hanya perlu menginstall plugin WP-Optimize dan berikan tanda centang pada “Optimize Database Tables”. Setelah itu Anda akan dapat melihat dibagian bawahnya akan terdapat laporan bahwa database sudah teroptimize.

Hosting Monitor

Sebuah plugin yang dapat membantu setiap pemilik situs/blog dalam memonitor penggunaan ataupun kapasitas hosting. Sehingga Anda tidak perlu secara rutin membuka Cpanel untuk melihat kapasitas hosting yang terpakai.

Hampir semua clients dari AndhikaWijayaKurniawan.com, kami pasangkan plugin ini dengan tujuan agar dapat memonitor penggunaan ataupun kapasitas hosting, sehingga tidak ada keluhan bahwa hosting pada akhirnya tidak dapat digunakan untuk upload artikel maupun photo karena kepenuhan.

Cara menggunakan plugin Hosting Monitor ini juga sangat mudah, yang dimana Anda hanya perlu menginstall plugin Hosting Monitor, kemudian masukan kapasitas hosting yang Anda pesan dan secara otomatis plugin ini akan mengkalkulasi penggunaan hosting Anda.

*. Akan tetapi Anda tetap harus menghapus screenshot plugin yang terinstall secara manual melalui Cpanel.

Semoga tips atau artikel “Cara Mudah Menjaga Dan Monitoring Kapasitas Hosting” ini dapat bermanfaat bagi Anda.


Jangan lupa berikan Komentar terbaik Anda, karena nantinya akan menjadi Backlink buat BLOG Anda.

BTW! : Jika Anda ingin mencoba menggunakan hosting terbaik yang paling banyak digunakan oleh mereka pemain dalam dunia Bisnis di Internet dan Internet Marketing, Anda bisa mendapatkan GRATIS 1 bulan penuh untuk mencoba kemampuan Hosting Hostgator dengan menggunakan kupon khusus “AndhikaWijayaFriend” pada layanan hosting “Baby Plan“. Jika dalam 1 bulan tidak cocok, Anda bisa tinggalkan tanpa perlu melanjutkan lagi.

About AndhikaWijayaKurniawan.com

AndhikaWijayaKurniawan.com adalah sebuah situs semi portal atau semi media No.1 yang membahas mengenai kegiatan Internet Marketing, Bisnis di Internet, Perkembangan Startup, Perkembangan Dunia Internet, Branding Perusahaan ataupun Perorangan, Blogging dan masih banyak lagi. | Email: info@AndhikaWijayaKurniawan.com | Kirim Artikel Anda

4 comments

  1. mas kalu bli hosting terpsah ,bgaiman cara menghubungkannya?

       0 likes

  2. Mau install pliugin hosting monitor tapi taku terjadi sst, krn benar2 newbie, padahal sangat penting menurutku, artikel yg bagus, pasti saya intall setelah kemampuanku olah cpanel bertambah

       0 likes

  3. Artikel yang sangat menarik boss karena saya lagi cara untuk melonggarkan diskspace hosting yg hampir penuh, sukses selalu…..

       0 likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


CommentLuv badge