Hal Dasar Yang Perlu Diperhatikan Dalam Perbincangan Bisnis

Hai Sahabat yang Luar Biasa,


Setelah melawati hari Libur Imlek, mungkin bagi sebagian orang akan mulai beraktifitas dan bagi sebagian orang akan tetap libur hingga 1 minggu lamanya. :D

Dalam menjalankan Bisnis di Internet, tidak selamanya kita hanya berada di depan Komputer/Laptop. Terkadang kita juga akan melakukan Gathering dan juga melakukan Lobby kepada calon Customers untuk jasa atau product yang kita atau bertemu dan menawarkan kepada Joint Venture.

Pertemuan akan menarik jika memang sudah saling kenal walaupun hanya sebatas Dunia Maya. Tetapi bagaimana jika Anda bertemu dengan seseorang yang belum pernah Anda kenal sama sekali (Calon Customers) Anda?.

Dalam artikel ini, saya akan berbagi 8 Tips “Hal Dasar Yang Perlu Diperhatikan Dalam Perbincangan Bisnis” yang sering saya gunakan. Dan bahkan pada saat imlek, saya sudah mendapatkan Schedule untuk pembuatan Personal Branding WeBLOG. Duit Angpao masuk, Duit Order juga masuk. :P

Well, Hal Dasar ini tidak akan pernah berubah karena ini adalah hal dasar umum Etika Berbicara yang digunakan oleh para pebisnis konvensional yang Professional dan Anda bisa gunakan juga untuk pertemuan Gathering Bisnis Internet atau Blogger dan sebagainya.

Berikut adalah 8 Tips dari saya untuk Anda yang tidak mengenal siapa lawan bicara Anda, yaitu:
1. Bersikap Formal
Bagi sebagian orang, sikap dasar ini dianggap sepele/hal kecil, padahal ini sangat berpengaruh besar for first looking/meet. Mulailah dengan berjabat tangan saat berkenalan atau dikenalkan pada seseorang. Kemudian panggilah yang bersangkutan dengan sebutan Bapak, Ibu atau sebutan yang pantas sampai yang bersangkutan memperbolehkan menyebut nama panggilannya.

Lalu Bagaimana bila melalui telephone?.
Relax dan jangan biarkan suasana menjadi tegang. Anda bisa menyebutkan “Hallo dengan [Nama Anda] disini, dengan siapa saya bicara dan ada yang bisa saya bantu?”. Dan ketika yang bersangkutan menyebutkan namanya, jangan langsung melupakannya.

2. Ingat Namanya!
Faktanya otak kita dengan mudah menangkap gambar daripada kata-kata. Dan ini membuktikan bahwa otak kita lebih mudah mengingat Wajah seseorang daripada mengingat nama seseorang. Ketika kita bertemu satu kali dengan seseorang, maka kita akan ingat wajah seseorang itu dan belum tentu mengingat nama seseorang itu.

Mengingat nama seseorang adalah hal penting dan merupakan suatu pentunjuk penting bahwa Anda menghargainya. Jadi, apapun caranya, upayakan agar nama rekanan bisnis atau seseorang yang baru Anda temui tersimpan dalam memori/pemikiran Anda.

Untuk mengingkat nama seseorang, biasanya saya selalu menyebutkan berkali-kali. Misalnya saya baru saja bertemu dengan “Budi”. Ketika berbicara kepadanya, “Budi sekolah atau kuliah?”, “Oh ya Budi tinggal dimana?”. Sampai saya merasa sudah dapat mengingat namanya dan mengenal benar dengan dirinya.

3. Jangan Mengunyah
Etika berbicara tetap sebuah Etika. Banyak orang menghindari rasa grogi untuk First Looking/Meet adalah dengan memakan dan mengunyah permen/permen karet. Buang semua itu!. Selama pembicaraan berlangsung, tetaplah bersikap formal.

Kalau pun Anda ingin mengunyah atau minum, katakan “Maaf” kemudian Anda baru mengunyah atau minum, setelah itu lanjutkan pembicaraan.

4. Always Say Thanks (Selalu Ucapkan Terima Kasih)
Ini juga merupakan hal termudah yang sering dilupakan orang. Saya banyak sekali bertemu dengan orang-orang seperti Marketing, Sales atau Mediator yang jarang mengucapkan “Terima Kasih” ketika pembicaraan selesai, kebanyakan dari mereka mengatakan, “Saya duluan pak, masih harus bla bla bla…”. Dan percaya tidak percaya, saat itu saya langsung Unrespect!. Kalau calon Customers Anda sudah UnRespect, berarti Anda kehilangan dirinya.

Biasanya setiap selesai suatu pembicaraan, saya selalu berjabat tangan sebagai penutupan, menyebutkan namanya kembali, sambil bertukar kartu nama. Dengan tetap bersikap formal lewati setiap tahap dalam pembicaraan dengan memperlihatkan keseimbangan antara Rasa Percaya Diri Anda dan Sikap Bijak Anda.

Lalu bagaimana jika pembicaraan melalui Telephone?
Sama. Jangan lupa katakan “Terima Kasih” kepada si penelpon. Misalnya, “Terima Kasih sudah menghubungi saya, dan saya berharap ini dapat terus berlanjut ke sebuah pertemuan”. Kalau sudah kata-kata ini yang Anda keluarkan, Anda tinggal siapkan kertas dan pulpen untuk mengatur Jadwal dengan Customers Anda. :D

5. Pilih Topik Pembicaraan yang Aman.
Setiap orang yang Anda temukan, memiliki Karakter yang berbeda-beda. Untuk menghindari hal yang berakhir tidak sesuai dengan yang Anda rencanakan, Jagalah pembicaraan Anda dengan hati-hati. Jangan to the point atau ceplas ceplos.

Hindari hal yang dapat memancing emosional seseorang yaitu tentang unsur Agama dan unsur Keuangan. Jika seseorang yang Anda temukan berbicara dengan Nada Keras, tetaplah bersikap Professional dengan berbicara dengan Nada yang Rendah guna mencairkan suasana dan menunjukan You have Attitude (Anda memiliki Etika).

Terkadang dalam pertemuan bisnis, saya justru jarang sekali berbicara mengenai bisnis. Saya lebih banyak berbicara tentang sebuah aktifitas, misalnya tentang olah raga, film favorite dan sebagainya. Bahkan saya pernah berbicara dengan clients saya selama pertemuan berlangsung mengenai Facebook, yang padahal tidak ada hubungannya dengan Bisnis yang saya jalankan. But percaya atau tidak, itu membuat seseorang akan nyaman kepada kita. :)

6. Don’t Talk To Much (Jangan Terlalu Banyak Bicara)
Sekalipun Anda seorang yang bawel/hobby berbicara. Dalam berbisnis Anda harus membuang Hobby itu. Interaksi bisnis yang berkualitas juga membutuhkan pembicaraan yang mengalir secara sehat. Jadi sekalipun Anda memiliki Hobby berbicara, ada baiknya ditahan terlebih dahulu. Jangan sampai Anda mendominasi pembicaraan.

Jika Anda mendapatkan sebuah pertanyaan dari Clients Anda, usahakan menjawab tidak lebih dari 60 detik atau Anda akan dianggap Talk To Much. Tetapi jangan juga terlalu singkat, karena Clients Anda akan berpikir kalau Anda sangat UnRespect terhadap dirinya.

7. Curahkan Perhatian
Percaya atau tidak percaya, terkadang dalam pembicaraan bisnis terdapat sedikit Curahan Hati (CurHat) dari Clients Anda mengenai bisnisnya atau mengenai keluarganya.

Ketika pembicaraan mengarah ke sebuah Curahan Hati, jadilah pendengar yang baik. Karena pada dasarnya setiap orang senang untuk di dengar.

Hal terpenting adalah Jangan pernah memotong pembicaraan lawan bicara Anda, biarkan lawan bicara Anda menyelesaikan pembicaraannya. Dengan begitu ketika Anda berbicara, lawan berbicara Anda akan menghargai seperti Anda menghargai ketika mereka berbicara.

Berlaku juga untuk Karyawan/Pegawai Anda. Dengan begitu Anda akan dihormati oleh pegawai/karyawan Anda.

8. Dengarkan Baik-baik!.
Seperti yang sudah saya tulis pada point 7, bahwa setiap orang sangat senang didengar. So, belajarlah jadi pendengar yang baik dan belajarlah untuk menyimpan setiap perkataan penting yang dibicarakan kedalam memori Anda. Dengan begitu, secara tidak langsung Anda akan mengenali lebih dekat lawan bicara Anda. Sekaligus Anda akan membentuk ikatan batin yang solid yang berarti Anda sudah membangun landasan yang kokoh menuju kerja sama dan relasi bisnis yang sehat yang sedang Anda rintis.

Well, dengan 8 Tips “Hal Dasar Yang Perlu Diperhatikan Dalam Perbincangan Bisnis” yang saya bagikan ini, saya berharap ada sebuah kemajuan bagi bisnis Anda. Dan ini juga berlaku bagi Anda yang bekerja dalam bidang Marketing atau Sales.


Jangan lupa berikan Komentar terbaik Anda yang nantinya akan menjadi Backlink buat BLOG Anda.

BTW! : Let’s me know kalau Anda membutuhkan sebuah “Personal Branding WeBLOG, Powerful Business WeBLOG, Powerful Online Shop atau Powerful Facebook Page“, silahkan dapat langsung menghubungi saya melalui Contact Page, via Business Phone: 821-8344-9370, atau melalui email: Contact@AndhikaWijayaKurniawan.com. Dan mari kita Diskusikan bersama untuk Keberhasilan Anda.

All The Best, Success in Life, Success in Everything you do and God Bless You.


Your Successfull Partner,

Internet Communication, Marketing Communication, Public Relation

2 Responses to Hal Dasar Yang Perlu Diperhatikan Dalam Perbincangan Bisnis

  1. Aji 4 February 2011 at 9:26 AM #

    walau cuman jaga warnet, hal – hal diatas sering saya lakukan kecuali nama. Jarang tanya namanya siapa? jadi kalo ada user main, bersikap seperti diatas, tapi gak tau namanya. mau tanya nanti dikira kenapa – kenapa.
    sering – sering juga tau nama panjangnya karena print, tapi panggilannya binggung siapa, mau tanya sungkan. akhirnya panggil nya, mas, mbak, dik.

  2. ADAbisnis.com 4 February 2011 at 11:05 AM #

    wah bener juga … jgn talk to much dan jd pendengar yg baik.. sip deh…. dilaksanakan juragan…. :)
    Istilahnya basa basi dulu sblm ke topik yg sesungguhnya… biar sama2 nyaman. :)
    ADAbisnis.com´s last blog post ..Happy Chinese New Year… Gong Xi Fat Coi

Berikan komentar/pendapat berkualitas dan terbaik Anda,


CommentLuv badge

Close It

Artikel ini bermanfaat?. Bagikan ke Followers Anda!

"Hal Dasar Yang Perlu Diperhatikan Dalam Perbincangan Bisnis" by @andhikawijaya

Tweet Close