Kunci Sukses Toko Online

Kunci Sukses Toko Online

Semakin berkembangnya dunia internet di Indonesia, semakin banyak juga Toko Online yang bermunculan. Ada yang mampu bertahan, ada juga yang bangkrut dengan berbagai alasan seperti managemen dan lainnya.

Pastinya yang menjadi pertanyaan adalah “…kok Toko Online bisa bangkrut? Padahal infonya Bisnis di Internet itu tidak bisa bangkrut…”. Dalam twitter, saya mengatakan “Kalau ada yang bilang Bisnis di Internet itu mudah dan cepat menghasilkan, berarti dia belum benar-benar terjun dalam dunia Bisnis di Internet dan belum menghasilkan!”.

Nah artikel ini saya buat karena banyaknya pertanyaan yang masuk ke email melalui program Konsultasi Gratis.

Basic yang harus Anda pahami dalam membuka Toko Online adalah bahwa Toko Online sama seperti Anda membangun sebuah Toko di Mall. Ketika pertama kali Anda membuka sebuah Toko, apa yang harus Anda lakukan?. Promosi terlebih dahulu atau langsung jualan?. :)

Membangun Toko di Mall itu jelas lebih mudah, kenapa?. Setiap orang akan melihat merek atau nama Toko Anda dan produk yang Anda jual (showcase) secara langsung. Selain itu, pembeli juga bisa langsung mencoba atau bertanya-tanya dengan pelayan (staff) Anda di Toko tersebut.

Bagaimana dengan Toko Online?.

Dalam twitter @AndhikaWijaya, saya juga sering mengatakan “Jangan terlalu pusing dengan urusan mekanisme. Buat Toko Online, Promosi dan Jalankan!”. Dan ketika saya tweet tentang hal itu, bukan berarti sembarangan kata yang akan saya tweet. Perhatikan dengan jelas, “Buat Toko Online, Promosi dan Jalankan!”. Yang dimana saya mengarahkan setiap orang yang ingin membangun Toko Online untuk segera buat kemudian promosi dan baru jalankan (transaksi). :)

Mau menghasilkan uang di dunia Internet, Anda harus paham dengan 3P yaitu: People, Product and Promotion. Yang dimana menjadi sebuah pertanyaan:

  1. Siapa target market toko online Anda?.
  2. Apakah produk yang akan dijual melalui toko online sesuai dengan target market Anda?.
  3. Bagaimana bentuk promosi yang akan Anda lakukan?.

Hal simple ini yang terkadang jarang dipikirkan oleh pemilik toko online atau pemula yang ingin membangun Toko Online. Alasan lain adalah: “Males mikirnya, enakan just do it!”. Tidak salah sih memiliki pemikiran begitu, tapi Business is Business. Dalam bisnis selalu ada rencana tertulis dan terpikir sebelum eksekusi ide atau calon usaha Anda.

Ada beberapa Kunci Sukses dalam menjalankan Toko Online dan ini harus Anda perhatikan, yaitu:

  1. Produk: faktanya setiap orang ke Internet dengan tujuan mencari informasi terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian. Saya sering browsing dan sering melihat banyaknya toko online yang tidak memiliki foto produk atau hanya berisi keterangan. Pertanyaan saya adalah jika Anda menjadi pembeli, apakah Anda akan membeli produk yang hanya berisi tulisan dan tanpa showcase?. Misalnya Anda ke toko yang ada di mall, disana hanya tertulis “Baju ini harganya Rp. 50.000,-“ tapi produknya harus nunggu 3 jam kemudian. Apakah Anda akan memesan atau Anda akan bilang, “Kapan-kapan saya kesini lagi deh kalau barangnya sudah ada”. :)
  2. Penghubung (Contact Person): hal terpenting dalam melakukan bisnis di internet adalah contact person atau apapun yang bisa memberikan kemudahan pembeli/pengunjung untuk bertanya-tanya. Di lain sisi, contact person dapat juga meningkatkan TRUST pada Toko Online yang dimana membuktikan bahwa Toko Online Anda adalah nyata.
  3. Fast Response: kalau toko Anda di mall, mungkin Anda bisa menyuruh staff (pelayan) Anda untuk mendatang pembeli dan menawarkan produk terbaik. Kalau di Internet?. Jangan biarkan pelanggan menunggu email dari Anda hanya untuk bertanya “Apakah produk ini bagus atau tidak”. Berikan pilihan alternatif berupa response cepat yang bisa melalui SMS, BBM, YM ataupun Telephone.
  4. Harga: Profit itu harus, tapi harga untuk mendapatkan profit juga harus disesuaikan dengan kondisi market yang ada. Saya pernah membandingkan harga 2 toko online yang barang yang sama dan harganya berbeda (tanpa biaya kirim). Mereka memang kompetitor, tetapi jangan merusak pasar dan bran produk yang seakan murah atau mahal. Jika barang memang sama, cek harga umum dan pasang harga umum.
  5. Cara Membeli: ini adalah yang paling sering di abaikan dalam setiap membangun toko online. Walaupun sudah banyak toko online yang ada di Indonesia, tetap Anda harus membuat “How To Buy” sesuai dengan kebijakan Anda sendiri, bukan copy paste dan perjelas alur pembelian, sehingga pembeli/pengunjung tidak bingung. Yang terpenting adalah jangan bertele-tele.
  6. Tepat Waktu: dalam hal apapun yang namanya waktu adalah berharga. Apalagi di Internet, 1 detik situs Anda offline = kehilangan ribuan pengunjung. Jadi kalau ada yang mengirimkan pesan melalui email, segera balas dalam waktu maximal 2×24 jam atau Anda akan kehilangan pelanggan.
  7. Pastikan Harga dan Biaya Kirim: dalam bisnis di internet, ini adalah hal yang paling sensitif. Salah perhitungan dapat menyebabkan salah satu pihak dirugikan. Jadi pastikan terlebih dahulu harga dan biaya kirim sebelum memberikan keputusan kepada pembeli.

Selain hal yang sudah saya tuliskan di atas, ada hal terpenting yang akan membuat Anda Sukses menjalankan Toko Online yaitu:

  1. Update, Update dan Update.
  2. Promosi, Promosi dan Promosi.

Kenapa sampai tiga kali pengulangan?. Banyak pemula ketika sudah membangun Toko Online dan berjalan, akhirnya di tinggal begitu saja dan berharap ada yang order. Itu sama halnya dengan Anda melempar jarum kecil dipadang pasir yang luas dan Anda harus mencarinya lagi. Jangan berpikir Anda bisa berhasil tanpa melakukan promosi.

PS: Jika Anda membutuhkan sebuah Branding Online Shop, jangan ragu untuk tanya-tanya atau langsung Hire My Team.

Andhika Wijaya Kurniawan

Andhika Wijaya Kurniawan, adalah seorang Online Business Coach™, Digital Strategist dan Konsultan Bisnis. Founder & Master Coach of AWK Academy.

9 thoughts on “Kunci Sukses Toko Online

Berikan komentar/pendapat berkualitas dan terbaik Anda,

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


CommentLuv badge