You are here: Home » Internet Knowledge » Solusi dan Alasan Usaha Kecil Menengah (UKM) Harus Goes Online!

Solusi dan Alasan Usaha Kecil Menengah (UKM) Harus Goes Online!


Hai Sahabat yang Luar Biasa,

Dalam perjalanan saya sebagai seorang konsultan bisnis baik untuk online maupun offline, beberapa clients saya adalah Usaha Kecil Menengah atau disingkat UKM dan hampir semua permasalahan bahkan bisa dikatakan 85% permasalahan yang dipertanyakan adalah masalah pengembangan usaha dan pemasaran produk UKM.

Tidak sedikit juga UKM yang saya bantu untuk meningkatkan brand dan profit mereka melalui branding blog yang dimana termasuk dalam salah satu layanan atau jasa saya dan tidak sedikit juga dari mereka yang mengundang saya untuk memberikan materi seputar Internet Marketing yang tujuannya untuk memasarkan produk mereka melalui media internet dan beserta strateginya.

Dari semua clients saya yang khususnya UKM, pada umumnya ada empat kendala yang sering menjadi pertimbangan para UKM, yaitu:

  • Kendala Modal Keuangan.
  • Kendala Sumber Daya Manusia.
  • Kendala Management.
  • Kendala Pemasaran.

Dan artikel saya kali ini, tidak akan membahas tentang Kendala Modal Keuangan, Kendala Sumber Daya Manusia dan Kendala Management. Melainkan saya akan bahas Kendala Pemasaran dan solusi terbaik untuk Anda pelaku UKM.

Pemasaran (marketing) memang menjadi hal yang sulit bagi UKM yang dimana sebenarnya produk-produk UKM penuh dengan inovasi yang menurut saya Luar Biasa dan seharusnya memiliki daya jual beli yang bisa dikatakan Good Offer & Opportunities (Penawaran Baik dan Peluang) untuk masyarakat khususnya di Indonesia dan bahkan bisa juga menjadi Good Offer & Opportunities bagi masyarakat di luar Indonesia (export).

Berdasarkan kasus UKM yang pernah saya bantu, kendala pemasaran biasanya cuman ada dua hal yaitu: keterbatasan biaya untuk promosi dan kompetitor yang mungkin lebih kuat dalam hal dana/biaya.

Jika Anda yang membaca artikel ini adalah salah satu pelaku UKM dan sedang mencari cara meningkatkan profit Anda, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui terlebih dahulu dan ini adalah pertanyaan yang biasanya saya tanyakan kepada setiap clients UKM saya, adalah:

  • Apakah Anda ingin setiap minggu menghabiskan beberapa biaya untuk promosi produk Anda yang mungkin pembelinya tidak berbanding lurus dengan biaya yang Anda keluarkan atau Anda ingin menghabiskan biaya satu kali dengan pembeli yang bisa terus berdatangan?.
  • Apakah Anda ingin mengikuti kompetitor Anda selangkah demi selangkah atau Anda ingin maju beberapa langkah kedepan dari kompetitor Anda?.

Dan saya sangat yakin bahwa jawaban Anda adalah:

  • Ingin mengeluarkan biaya satu kali dan mendapatkan pembeli (pengunjung) yang terus berdatangan sehingga memungkinkan terjadi transaksi penjualan.
  • Ingin maju beberapa langkah kedepan dari kompetitor.

Kenapa saya dapat mengetahui jawaban Anda?.
Karena setiap clients yang saya tanya dua pertanyaan tersebut pasti memiliki jawaban yang sama :p

Solusinya bagaimana?.
Cuman ada satu solusi bagi Anda pelaku UKM untuk maju beberapa langkah dan menghemat biaya promosi. Yaitu GOES ONLINE!.

Jaman sekarang, jika sebuah bisnis tidak memanfaatkan media Internet maka bisnis tersebut akan berjalan sangat lambat. Anda bisa bandingkan dengan usaha yang menggunakan media Internet sebagai promosi maupun sebagai build community.

Hampir setiap hari saya menerima email dari para UKM yang menanyakan solusi dan tidak sedikit dari mereka belum memiliki sebuah situs yang mampu bekerja sebagai salesman/marketing dan yang mampu meningkatkan brand dan profit. Walaupun ada, beberapa hanya sebagai situs pasif atau saya sering katakan sebagai catalog online yang dimana orang hanya lihat dan tutup!.

Dengan GOES ONLINE, pertama Anda sudah pasti akan hemat biaya promosi. Kenapa?. Karena di Internet tersedia iklan baris Gratis yang bisa dimanfaatkan untuk promosi dan yang harus Anda ketahui bahwa setiap detiknya orang mengakses Google untuk mencari sebuah informasi, bukan setiap hari melainkan setiap detik!.

Kedua, Anda sudah pasti harus memiliki sebuah toko atau kantor virtual di dunia Internet yang dimana fungsinya sebagai salesman atau marketing Anda yang mampu bekerja 24 jam dalam 7 hari selama 1 tahun penuh!. Fungsi lainnya adalah agar mudah dikenal oleh banyak orang dan sebagai kredibilitas usaha Anda.

Pertanyaan selanjutnya yang sering ditanyakan adalah “Apakah dengan memiliki situs, sudah pasti akan bekerja dan profit meningkat?”.

Kesalahan para UKM yang memiliki situs pada umumnya adalah mereka berusaha untuk tidak mengelola dengan baik. Ibarat toko atau kantor yang Anda buka, tapi tidak ada karyawan yang mengurusnya, apakah toko atau kantor tersebut akan berjalan dengan baik?. Begitu juga dengan situs Anda. Minimal Anda harus mempersiapkan 3 orang karyawan khusus yang memahami minimal email dan update situs, yang dimana 3 orang karyawan ini menduduki posisi:

  • Sebagai Customers Service Online, dimana tugasnya menjawab semua email yang masuk, menjawab pertanyaan melalui Messenger dan menghitung biaya pengiriman.
  • Sebagai Management situs/blog, dimana tugasnya melakukan update seperti memasukan artikel terbaru, produk terbaru dan lainnya ke dalam situs yang ada.
  • Sebagai Kurir, dimana tugasnya melakukan packing dan mengantar ke perusahaan ekpedisi.

Sedangkan sisanya adalah karyawan seperti biasanya, misal: bagian keuangan, bagian produksi, dan lainnya.

Jadi jika Anda memiliki pertanyaan, “Bagaimana cara meningkatkan profit penjualan?”. Jawabannya adalah GOES ONLINE!.

Jangan lupa berikan Komentar terbaik Anda, karena nantinya akan menjadi Backlink buat BLOG Anda.

BTW! : Kalau Anda membutuhkan layanan”Powerful Branding Blog, Powerful Branding For Facebook Page, Advertising Services“, silahkan dapat langsung menghubungi saya melalui Contact Page, via Business Phone: 821-8344-9370, atau melalui email: Service@AndhikaWijayaKurniawan.com. Dan mari kita Diskusikan bersama untuk Keberhasilan Anda.
Sponsor Ads:


About Andhika Wijaya Kurniawan

Andhika Wijaya Kurniawan, adalah seorang Online Business Coach™, Digital Strategist dan Konsultan Bisnis. Founder & CEO of Indonesia Digital Agency., Managing Director of AWK Education & Consulting,. CEO of Andhika Jaya Swakarsa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


CommentLuv badge