Search Engine Optimization atau disingkat SEO, masih dicari oleh banyak perusahaan dan perorangan dengan tujuan agar website bisa terlihat di mesin pencari.

Bahkan tidak sedikit juga yang mengeluarkan budget untuk menggunakan Search Engine Marketing atau disingkat SEM agar website bisa tampil teratas terus walaupun sudah melakukan Search Engine Optimization pada website.

Alternatif cepat buat perusahaan yang memiliki budget adalah dengan menggunakan jasa pihak ketiga dalam melakukan optimasi mesin pencari terhadap website. Tapi terkadang bagi perorangan, jasa pihak ketiga justru tidak terlalu efisien karena keterbatasan budget dan akhirnya memilih untuk belajar dan aplikasikan sendiri pengetahuan SEO yang didapat dari hasil pencarian di search engine (baca: mesin pencari).

Fakta dan hasil yang saya dapatkan dari kelas VIP Training SEO setiap batch atau periode adalah bahwa hampir 80% pengetahuan SEO yang mereka dapatkan dari internet adalah SALAH!.

Dan ketika saya bagikan paradigma yang BENAR, hasilnya adalah mereka bisa mengoptimalkan kerja situs mereka dan bahkan ada yang dalam 1 (satu) jam saat pelatihan berlangsung, mampu menduduki halaman pertama Google dengan kata kunci yang sudah di sesuaikan setelah mengikuti dua kali pertemuan kelas VIP Training SEO Mastery dari AWK Academy.

Nah melihat perkembangan dan trend SEO di tahun 2015, mesin pencari raksasa nomor satu dunia, Google, sejak April 2015 telah mengganti algoritma (baca: program struktur) mereka dalam pencarian sehinga ada 2 (dua) hal yang harus diperhatikan di tahun 2015 ini.

Website Yang Mobile Responsive BUKAN Friendly

Sejak April 2015, salah satu yang dilihat dan menjadi lirikan Google saat ini adalah website yang mobile responsive, yang berarti website yang bisa diakses oleh pengguna gadget serta mengikuti ukuran layar gadget pencari informasi.

Saya pernah tulis artikel mengenai Mobile Friendly VS Mobile Responsive yang menjadi salah satu artikel yang dalam satu jam mendapatkan visitor yang cukup fantastik meledak. Dan saya harap Anda juga membacanya dan bisa bagikan kepada teman-teman Anda yang belum mengetahui perbedaannya.

Website Yang Ringan Dan Tanpa Menunggu (Cepat)

Kalau Anda menggunakan website berbasis Content Management System atau disingkat CMS, maka pastikan Anda memilih theme yang selain responsive tapi juga ringan untuk dibuka (baca: akses). Kenapa?. Kecepatan akses menjadi poin penting bagi mesin pencari Google. Kecuali Anda memang tidak menggunakan Google sebagai search engine utama. 🙂

Website yang Mobile Responsive dan website yang ringan menjadi trend dalam search engine optimization di tahun 2015.

Kalau website untuk bisnis Anda atau blog yang Anda gunakan untuk memasarkan produk/jasa Anda belum responsive dan ringan, maka segera ubah dan optimasikan.

-- Bagikan dengan shortlink: https://is.gd/J0i1BV
X