Di tahun 2013 yang lalu dalam sebuah seminar, saya mengatakan bahwa di tahun 2014 semua perusahaan harus aktif memiliki website company profile dan memiliki blog didalam website company profile.

Banyak pemilik perusahaan (business owner) yang mungkin kurang paham dengan manfaat blog bagi perusahaan. Karena itu kalau diperhatikan, sedikit sekali perusahaan yang memiliki blog di dalam website mereka. Kebanyakan website perusahaan bersifat statis atau bahasa yang saya gunakan adalah website pasif.

Artikel saya kali ini, akan membahas 3 alasan kenapa setiap perusahaan butuh blog dalam bisnis mereka dan saya berharap banyak pemilik perusahaan membaca artikel ini serta menerapkannya.

Buang OFFLINE! Dan Masuk ONLINE!

Dalam istilah sederhana, blog membuat titik masuk untuk website bisnis Anda. Konsumen tidak mencari bisnis, produk, dan jasa dalam buku Yellow Pages lokal mereka lagi.

Sebaliknya, mereka mengunjungi Google atau mesin pencari yang mereka sukai dan ketik kata kunci untuk menemukan apa yang mereka butuhkan.

Bisnis Anda harus direpresentasikan dalam hasil ketika konsumen mengetikkan keyword atau kata kunci yang berhubungan dengan bisnis Anda ke mesin pencari. Optimisasi search engine dapat membantu Anda untuk memberikan titik masuk untuk konsumen Anda.

Mindsetnya atau pola pikirnya gini, jika website bisnis Anda terdiri dari 10 halaman web, maka Anda telah membuat 10 cara untuk Google untuk menemukan dan mengindeks konten Anda. Itu berarti hanya ada 10 potensi titik masuk bagi orang untuk menemukan bisnis Anda melalui mesin pencari.

Sekarang, bayangkan bahwa Anda membuat blog bisnis untuk website bisnis Anda dan menulis atau melakukan posting blog baru setiap hari selama satu tahun. Pada akhir tahun Anda akan memiliki 365 artikel lebih yang terdapat dalam search engine dan otomatis akan membuat bisnis Anda berada di dalam search engine dan dengan mudah ditemukan oleh konsumen Anda.

Pada saat yang sama, Anda bisa menghabiskan menjalin hubungan dengan target audiens atau konsumen Anda melalui sosial media seperti Twitter, Facebook, LinkedIn, dan sebagainya.

Membuka Sebuah Peluang

Memiliki blog didalam website bisnis Anda adalah sebuah kesempatan yang tidak boleh Anda lewatkan. Saya ingin mengajak Anda untuk melihat mundur sepuluh tahun yang lalu, dimana pemilik usaha akan melakukan apa saja untuk mendapatkan awareness dari konsumen. Tapi hari ini, kesempatan ada di web sosial dan jika bisnis Anda tidak terjun kedalamnya dan meraihnya, saya jamin Anda akan susah untuk mendapatkan awareness dari konsumen dikarenakan kompetitor Anda sudah melakukannya.

Blog di dalam website bisnis bisamemberikan kesempatan unik untuk meningkatkan eksposur dan membangun hubungan dengan konsumen, meningkatkan loyalitas merek, dan mendapatkan perhatian dari radar influencer yang memiliki telinga terhadap target audiens atau konsumen Anda. Jika Anda tidak memulai untuk terjun dalam online, maka jangan salahkan kalau Anda ketinggalan dengan bisnis yang sudah terjun dalam online.

Pemasaran Jangka Panjang

Salah satu alasan setiap perusahaan harus memiliki blog didalam website adalah untukstrategi pemasaran jangka panjang.

Selain itu, benefit lainnya adalah dapat membantu Anda membangun merek Anda, meningkatkan word-of-mouth marketing, dan mengembangkan bisnis Anda selama bertahun-tahun yang akan datang.

Iniadalah jenis pertumbuhan organik didasarkan pada hubungan dan kepercayaan dengan audiens atau konsumen Anda yang mengarah ke loyalitas merek dan bisnis yang dapat menahan masalah makro dan mikro-lingkungan selama bertahun-tahun yang akan datang.

Jangan meremehkan kekuatan blog!. Bahkan, jika bisnis Anda tidak memiliki blog dan membangun awareness di web sosial, suatu saat kalau konsumen Anda datang untuk mencari produk atau jasa Anda danmereka ingin mencari informasi tentang bisnis Anda tetapi Anda tidak berada di online, jangan salahkan mereka akan memilih perusahaan lain yang memiliki informasi lengkap serta aktifitas blog yang dimanfaatkan sebagai komunikasi terhadap konsumen.

Kalau selama ini bisnis Anda mengalami penurunan dan Anda bingung untuk meningkatkannya, walaupun sudah memiliki website company profile, sudah melakukan optimasi search engine, berarti sudah saatnya Anda membuat fasilitas blog di dalam website Anda.

Kalau masih tidak terdapat perubahan apapun, saatnya Anda menghubungi saya untuk diskusi lebih lanjut. 🙂

-- Bagikan dengan shortlink: https://is.gd/Bq4cRi
X