Salah satu Trend Digital Marketing Tahun 2018 yang pernah saya bagikan adalah Media Blog, dimana saya katakan bahwa media blog tidak akan pernah menurun peminatnya.

Walaupun sekarang ini mulai bermunculan marketplace yang bisa membantu pemasaran produk/jasa Anda, tetapi tidak ada yang bisa menandingi kekuatan dari media blog yang apabila perannya digunakan sebagai media pemasaran, dengan syarat strateginya tepat dan benar. 🙂

Dalam artikel blog kali ini, saya ingin sekali bagikan 3 langkah membuat bisnis Anda sukses dengan blog marketing, tapi sebelumnya saya akan jelaskan secara singkat terlebih dahulu tentang “Apa Itu Blog Marketing“.

Saya setuju!, agar sebuah bisnis bisa sukses maka diperlukan sebuah strategi pemasaran yang baik. Namun, di era digital sekarang ini, pertanyaan yang sering ditanyakan kepada saya adalah strategi pemasaran jenis apa yang baik digunakan untuk mengembangkan bisnis?. Maka salah satu jawaban terbaik dari saya adalah Blog Marketing.

Secara sederhana, menurut sudut pandang saya pribadi, Blog Marketing merupakan strategi marketing yang dijalankan atau dilakukan dengan bantuan media blog agar penyampaian pesan dan visibiltas produk/jasa dapat dengan cepat disebarkan dalam jaringan internet dan diketahui oleh pengunjung internet yang sedang mencari produk/jasa yang serupa dengan Anda.

Makanya selain blog marketing, apabila ingin terjun dalam dunia digital, ada satu fondasi dasar yang harus dikuasai oleh semua pengguna internet yaitu Search Engine Optimization (SEO), Anda bisa baca penjelasan tentang SEO disini, dan saran saya kalau Anda belum tahu bagaimana kerja SEO dan strategi SEO yang benar, maka Anda wajib ikut 2 Days Workshop H.A.C.K Search Engine Optimization (SEO) yang diadakan oleh AWK Academy.

Kenapa Blog Marketing?

Saya yakin beberapa dari Anda yang membaca artikel ini pasti bertanya, “Kenapa Blog Marketing?“. Sebelum saya bagikan3 langkah membuat bisnis Anda sukses dengan blog marketing, saya harus pastikan Anda paham terlebih dahulu alasan kenapa blog marketing.

Mampu Menambah Pengunjung Website Anda

Blog untuk bisnis merupakan bagian tak terpisahkan dari strategi pemasaran digital. Hanya dengan kata-kata kunci yang tepat, pengunjung website bisnis Anda akan berkembang pesat. Khususnya kalau konten dari blog Anda mampu menyelesaikan sebuah masalah yang sering dicari orang di search engine, pembaca blog Anda akan lebih terdorong untuk membagikan artikel Anda kepada teman-temannya di social media.

Semakin banyak artikel Anda dibagikan di social media, maka semakin tinggi kualitas SEO blog Anda,  dan ini tentunya akan meningkatkan pengunjung blog Anda secara otomatis.

Sekarang bayangkan bagaimana jika Anda menghubungkan blog ke website bisnis Anda?. Tentu akan semakin banyak  pengunjung yang masuk ke website Anda, iya kan?.

Karena itu dalam meeting bersama klien, konsultasi maupun dalam memberikan pelatihan internet (in house training) kepada perusahaan, saya selalu memberikan saran kepada mereka untuk mempersiapkan fitur blog dalam website bisnis (atau juga toko online) atau website perusahaan mereka.

Mampu Mengubah Pengunjung Menjadi Pelanggan Potensial

Sudah saya buktikan!. Sejak tahun 2009, saya serius membangun blog untuk branding dan bisnis. Kesimpulan yang saya dapatkan dari pengalaman saya adalah dengan semakin banyaknya pengunjung ke website, maka akan semakin besar juga potensi pelanggan yang akan didapatkan.

Memang, tidak 100% pengunjung akan pasti menjadi pelanggan, tetapi minimal 5% pengunjung akan pasti menjadi pelanggan.

Menariknya bahwa perusahaan B2B yang memiliki blog akan menciptakan 67% leads rata-rata setiap bulannya daripada sebuah perusahaan yang tidak memiliki blog. Minimal saran saya Anda ikuti saja 67% perusahaan yang sudah berhasil mendapatkan potensial pelanggan dari memanfaatkan blog marketing. 😀

Mampu Membangun Kredibilitas

Menggunakan blog sebagai media pemasaran digital sudah tidak diragukan lagi manfaatnya. Selain mengubah pengunjung menjadi pelanggan potensial, blog marketing juga mampu membangun kredibilitas Anda atau perusahaan Anda.

Semua orang yang saya temui dan meminta saran dari saya untuk meningkatkan penghasilan mereka, saya selalu anjurkan untuk memiliki blog. Bisnis itu butuh konsistensi dan blog adalah sarana untuk Anda bisa melatih konsistensi dalam berbagi. Kalau Anda tidak bisa konsisten membangun blog, bagaimana mungkin Anda bisa konsisten menjalankan bisnis. 🙂

Yang menariknya dari sisi konsisten adalah secara otomatis kredibilitas Anda akan terbangun dan Anda akan heran dengan semua hal yang akan terjadi dalam bisnis maupun dalam kehidupan pribadi Anda.

Buget Blog Tidak Mahal

Terlepas dari permasalahan “apa yang mau ditulis”, salah satu penyebab banyak orang belum memiliki blog adalah karena takut mahal, dan itu hanya pola pikir yang perlu diubah.

Bayangkan Anda cukup keluar Rp. 400.000++ per tahun untuk sewa domain dan hosting, maka Anda bisa memiliki blog yang bisa Anda manfaatkan sebagai media pemasaran. Anda tambah lagi budget Rp. 800.000++ satu kali pembayaran, maka Anda bisa memiliki blog personal dengan tampilan yang menarik untuk membangun branding pertama Anda. Mahalkah?. Kalau iya, berarti mindset Anda perlu diubah antara mahal dan investasi jangka panjang. 🙂

Blog itu salah satu media yang paling murah dan bahkan bisa gratis, tapi tetap saja yang gratis selalu ada batasannya.

Pertama kali mulai membangun blog dengan serius, saya nekad membeli domain www.andhikawijayakurniawan.com dan mulai serius membangun personal brand saya dan tidak sampai 1 (satu) tahun, saya sudah merasakan manfaat dari blog marketing dan sekarang saya sangat menikmati hasil dari membangun blog bahkan saya tetap konsisten melakukan update blog ini. 😉

3 Langkah Membuat Bisnis Anda Sukses Dengan Blog Marketing

Saya tahu Anda pasti menunggu 3 langkah membuat bisnis Anda sukses dengan blog marketing yang saya janjikan dari awal, tapi pastikan Anda sudah paham tentang blog marketing ya.

Dalam melakukan blog marketing atau blog sebagai marketing, tentu ada strategi yang harus dijalankan atau dilakukan secara konsisten.

Saya harap Anda tidak hanya membaca tapi juga melakukan 3 langkah ini agar terjadi konversi penjualan ketika Anda melakukan pemasaran dengan media blog.

#1) Buat Konten Berkualitas

Semakin baik Anda mengetahui target audiens Anda, semakin baik Anda dapat membuat konten yang sesuai dengan minat mereka. Audit komunikasi pelanggan Anda untuk pertanyaan yang sering diajukan dan tantangan bisnis yang dihadapi pelanggan dan prospek Anda.

Cari topik yang mendapat banyak keterlibatan di media sosial. Audit pengikut media sosial Anda, komentar, tetapi juga komunitas sosial dan diskusi tentang topik Anda.

Carilah pertanyaan dan tantangan yang sering muncul dan cari celah dalam cakupan. Adakah yang dapat Anda tambahkan ke posting Anda, yang akan membuat konten Anda menonjol?.

Kalau bingung mencari ide, saran saya coba plugin Easy Blog Ide untuk menganalisis konten berkinerja terbaik untuk kata kunci dan topik Anda.

#2) Optimalkan Artikel Anda Dalam Hal SEO

Saat ini, SEO adalah semua tentang konten.

Jika Anda membuat konten hebat, Anda benar-benar melakukan SEO yang hebat. Algoritma mesin pencari telah berevolusi dan menjadi lebih kompleks. Mereka lebih disukai peringkat situs yang paling memenuhi kebutuhan masyarakat. Mereka benar-benar dapat menunjukkan hasil yang cocok dengan masing-masing pengguna dan perilaku pencarian.

Saya tahu, banyak yang beredar bahwa kata kunci sudah tidak penting. Tapi buat saya, kata kunci tetap penting!. Jika konten Anda sesuai dengan minat pembaca target Anda dan Anda menggunakan kata kunci dan topik yang mereka cari, ini akan membantu Anda untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik dan lebih banyak visibilitas di search engine dan media sosial.

Kata kunci adalah elemen kunci untuk mengoptimalkan halaman dan posting Anda untuk search engine serta untuk audiens Anda. Lakukan riset kata kunci menyeluruh dengan menggunakan tools kata kunci seperti  Google Keyword Planner atau  Long Tail Keywords  untuk riset kata kunci Anda.

Baiklah, kalau Anda tidak paham tentang SEO dan butuh shortcut menjadi jago SEO, saran saya sangat sederhana, yaitu ikut 2 Days Workshop H.A.C.K Search Engine Optimization (SEO) yang diadakan oleh AWK Academy dan perhatikan gelombangnya.

#3) Promosikan Artikel Blog Anda Di Social Media

Sehebat atau sekeren apapun konten Anda, tetap perlu Anda promosikan secara konsisten.

Social Media dapat membantu konten Anda dalam hal membangun otoritas, backlink, dan networking.

Berbagi konten Anda di social media bisa membantu Anda mengarahkan lebih banyak pengunjung ke situs Anda. Ada beberapa situs sosial untuk berbagi konten Anda serta visual Anda.

  • Bagikan konten Anda di Twitter, Facebook, tetapi juga pikirkan Google+, Reddit, Instagram, Pinterest, dan Flickr, dan juga di LinkedIn, jika konten Anda terkait dengan bisnis.
  • Bagikan konten Anda di Facebook, Google+, dan Grup LinkedIn yang relevan atau Reddit Subreddits.
  • Publikasikan ulang dan sindikasi konten Anda di platform seperti Media, Tumblr, Bloglovin ‘, Quora, dan LinkedIn Pulse.

Mempromosikan silang konten Anda pada waktu dan hari yang berbeda di seluruh jejaring sosial dan sesuaikan komentar Anda dalam arti bukan selalu tentang promosi tetapi tentang komentar!. Bedakan komentar dengan promosi yang identik dengan spam.

Seperti cukup sampai disini dulu artikel saya, semoga dapat memberikan insight baru untuk Anda. 😀

Follow saya di instagram @andhikawijayakurniawan untuk mendapatkan insight-insight melalui strories, atau ikuti youtube saya di youtube.com/andhikawijayakurniawan untuk mendapatkan strategi serta mindset dan yang terbaru adalah ikuti podcast yang akan saya mulai di anchor.fm/awkpodcast.