Pada umumnya seorang pengusaha selalu berfokus pada membangun sebuah Brand Perusahaan mereka dengan alasan yang baik. Yang sering menjadi pertanyaan adalah bagaimana orang akan tahu keberadaan mereka, apa yang mereka tawarkan dan bahkan dimana lokasi mereka berada.

Karena itu tidak sedikit pengusaha melakukan sebuah investasi di perusahaan Public Relation ataupun membayar seorang Public Relation secara mahal dengan harapan dapat meningkatkan brand dan publisitas usaha maupun produk.

Hal yang sering dilupakan adalah bahwa kita hidup di dunia bisnis ada dua hal yang penting dan menjadi rantai ketergantungan kita yaitu konsumen dan wartawan yang dimana sama-sama mencari untuk terhubung langsung dengan kita sebagai pengusaha dan mendengarkan cerita mereka.

Ini bukan lagi tentang apa perusahaan Anda, tetapi ini tentang mengapa Anda memulainya dan apa tujuan serta visi Anda.

Karena itu teknologi sosial seperti blog, facebook dan twitter harus dimiliki oleh pengusaha untuk menjadikan lebih terbuka dan terkenal yang dimana dapat terhubung langsung dengan audiens dan membangun hubungan dalam skala global. Sebagai seorang pengusaha, Anda harus menjadi Brand!.

Di lain sisi, banyak pengusaha lebih mudah membangun Brand sendiri (personal) daripada Bisnisnya. Karena itu butuh keseimbangan dalam membangun keduanya.

Nah saya ingin membagikan 4 Cara Membangun Brand Anda dan Bisnis Anda di Internet.

Menjadi Seorang Yang Ahli Dalam Bisnis Anda

Pengusaha yang ingin mendapatkan perhatian media, menarik klien baru dan membangun bisnis mereka harus fokus menjadi seseorang yang expert (ahli) dibidangnya.

Tetapi hindari mendirikan keahlian yang relevan dengan misi perusahaan, tujuan dan visi karena Anda akan membuang –buang waktu Anda. Misalnya jika Anda seorang penyanyi, Anda akan sia-sia dan tidak bijaksana jika membrandingkan diri Anda sebagai seorang ahli diet walaupun Anda memiliki usaha dibidang diet.

Dalam arti Anda harus pilih salah satu untuk menjadi expert dalam suatu bidang untuk meningkatkan brand Anda.

Menetapkan Sebuah Blog Dengan Domain Nama Personal

Percayalah! Media dan pelanggan Anda selalu menggunakan search engine untuk mencari informasi tentang Anda dan untuk terhubung dengan Anda yang berpotensi baik melakukan bisnis dengan Anda atau wawancarai Anda. Jadi pastikan Anda memiliki sebuah professional blog dengan domain personal seperti NamaAnda.com.

Dengan mengembangkan blog dengan nama domain personal, Anda memiliki hasil pertama nama Anda di Google atau mesin pencari lainnya. Dan terpenting adalah antara Brand Personal dengan Brand Perusahaan harus terpisah.

Setelah Anda membeli domain personal dan membuat sebuah professional blog yang powerful hal yang pertama harus Anda lakukan adalah menyediakan sebuah halaman tentang Anda secara terbuka yang dimana ada foto dan bio Anda serta beberapa social network yang Anda ikuti seperti facebook, twitter dan mungkin youtube.

Dengan cara ini, orang bisa tetap berhubungan dengan Anda dan mendapatkan medium pilihan mereka.

Karena itu, jangan tunda lagi untuk klaim nama Anda sebelum orang lain melakukannya dan bangun Branding Blog Anda sebelum orang lain melakukannya.

Pelajari Bagaimana Menjadi Sumber Yang Baik

Cari tahu media mana yang menjadi sumber audiens Anda dalam membaca dan mendengarkan setiap jam.

Kemudian lakukan penelitian kembali tentang jenis konten yang mereka inginkan dan temukan untuk mendapatkan pitch yang tepat.

Anda atau humas Anda juga dapat mengirimkan email jurnalis dan editor dalam menanggapi salah satu artikel mereka, dengan catatan bahwa Anda tersedia untuk mengomentari artikel mendatang.

Hal terpenting, jika seorang wartawan mengirimkan email atau memanggil Anda untuk sebuah wawancara, tanggapi langsung karena mereka biasanya dikejar oleh waktu dan jangan membuang waktu mereka.

Jawab seluruh pertanyaan yang diberikan oleh mereka, sambail memastikan bahwa pesan Anda tersampaikan.

Ketika Anda sedang diwawancarai oleh media, Anda akan selalu dapat mempromosikan perusahaan Anda, dengan begitu secara otomatis akan membantu meningkatkan Brand Anda dan juga Brand perusahaan Anda.

Setelah wawancara selesai, kirim tindak lanjut melalui email atau menghubungi wartawan untuk menanyakan apakah mereka masih memiliki pertanyaan yang mungkin masih kurang sebagai bahan berita atau sudah cukup dan pastikan Anda memberikan kartu nama, bio dan gambar Anda.

Menghasilkan Brand Awereness Melalui Jaringan

Berbicara tentang Personal Brand dan Brand Perusahaan tentunya Anda membutuhkan sebuah feedback yang saling menguntungkan antara Anda dengan sosialisasi lingkungan Anda.

Karena itu Anda harus terhubung dengan pengusaha lain yang masih satu industry dengan Anda dengan menggunakan social media dan jika mereka memiliki blog, jangan ragu untuk memberikan komentar pada blog mereka.

Networking adalah salah satu terbaik untuk menjadi dikenal dalam industry bisnis Anda. Dengan membentuk hubungan dengan orang dalam audiens Anda, maka Brand Anda dan Brand bisnis Anda dapat berkembang dalam jangka panjang.

Keempat aturan networking yang harus diingat adalah:

  • Mutualisme: Anda harus menciptakan win win solutions dalam bisnis, memastikan bahwa Anda tidak mendapatkan manfaat lebih dari pihak lain. Dalam kata lain, jangan egois terhadap diri sendiri.
  • Memberi: bantulah seseorang terlebih dahulu, sebelum meminta imbalan apa pun. Hal ini membuat orang ingin mendukung Anda.
  • Target: Anda ingin menjadi sangat spesifik dari jenis orang yang ada dalam jaringan Anda. Dengan begitu Anda dapat menarik orang-orang tersebut dalam Brand Anda.
  • Reconnecting: Jangan pernah kehilangan komunikasi atau dengan kata lain keep in touch.

Percayalah, membangun Branding usaha saja tidak cukup. Dunia ingin mendengar apa yang Anda katakan.

Jika Anda tidak membangun Personal Brand Anda, perusahaan Anda akan menderita. Jika Anda ingin perusahaan Anda sukses, jadilah expert dibidang Anda dan klaim domain personal serta bangun professional blog Anda. Selalu terhubung dengan media dan membangun hubungan dengan audiens Anda.

-- Bagikan dengan shortlink: https://is.gd/Davbrh
X