Dalam membangun sebuah blog, tentunya hal yang paling menyulitkan adalah pada bagian pemilihan theme. Di Internet ada begitu banyak pilihan theme dari berbagai CMS terutama WordPress dimana mulai dari yang gratis hingga berbayar. Tetapi apakah theme tersebut sesuai dengan tujuan atau dengan keinginan Anda?. Apakah theme tersebut sesuai dengan branding yang ingin Anda bangun?. Anda bisa menyewa seorang designer web untuk membuat theme kostum untuk Anda.

Di lain sisi, Anda mungkin pernah mendengar bahwa konten adalah raja dan pernyataan tersebut benar!. Tetapi konten saja tidak cukup jika di posting di sebuah blog yang tampilannya kurang menarik atau berantakan. Akibatnya tidak menarik perhatian pengunjung dan tidak efektif mengkomunikasikan pesan brand Anda.

Jika saat ini Anda sedang mencari sebuah theme blog yang sempurna untuk situs/blog Anda, ada beberapa elemen penting yang perlu di ingat.

Tata Letak (Struktur) Yang Fungsional

Ada begitu banyak theme yang menawarkan kemudahan dalam penggunaan dan juga ada beberapa theme yang menawarkan beberapa fasilitas. Padahal theme yang terbaik untuk personal maupun berjualan adalah theme dengan struktur kerangka 2 kolom.

Theme blog dengan struktur 2 kolom biasanya memudahkan pengunjung untuk memilih navigasi dan memudahkan pemilik blog/situs untuk menawarkan sebuah produk/jasa. Sebagai referensi lebih lanjut, Anda bisa baca “Stuktur Design Theme Blog Personal Selling Yang Benar”.

Terlihat Unik

Meskipun ada begitu banyak theme yang dapat Anda pilih dan gunakan, tetapi hampir semua theme memiliki design yang sama dan bahkan biasanya theme-theme gratis sudah pasti banyak digunakan oleh orang lain ataupun blog lain. Apakah Anda ingin blog/situs Anda terlihat sama seperti blog orang lain?. Solusinya adalah Anda dapat memilih theme yang bagian header dapat diganti dan warna latar belakang juga dapat diganti sesuai keinginan Anda. Solusi lainnya lagi adalah dengan membayar untuk pembuatan Branding Blog sesuai dengan goal Anda.

Search Engine Friendly

Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa theme blog yang mereka pilih dapat mempengaruhi optimasi search engine. Google atau search engine lainnya melihat beberapa faktor yang berbeda untuk menentukan peringkat halaman, struktur dan pengkodean halaman Anda.

Loading Yang Cepat

Pastikan bahwa theme yang Anda pilih dan gunakan memiliki keringanan dalam permasalahan loading. Faktanya hampir semua orang menunggu maximal 30 detik untuk sebuah loading blog/situs. Dengan loading blog yang lambat, secara otomatis Anda akan kehilang beberapa pengunjung dan secara tidak langsung akan mempengaruhi optimasi search engine yang telah di susun sedemikian menjadi tidak menghasilkan atau tidak berfungsi dengan baik.

-- Bagikan dengan shortlink: https://is.gd/Xz2dh5
X