Seperti yang Anda ketahui bahwa Branding sangat diperlukan dalam Berbisnis ataupun dalam Personal Anda. Karena dari Branding yang Anda ciptakan, maka terbentuk Credibility (Kredibilitas) dimata Customers ataupun Orang lain.

Apabila Branding yang Anda dirikan dimata orang lain (konsumen) buruk, maka Anda tidak akan dipercaya lagi dan akan sangat sulit bagi Anda untuk membentuk suatu Branding (Citra/Mrek) kembali.

 

 


Bahkan dalam penggunaan email atau social media lainnya, Personal Brand Anda dapat terbentuk dengan Mudah dan juga dapat jatuh dengan Mudah.

Sebelum terlambat dan semuanya menjadi Negatif, saya akan memberikan Tips “5 Cara Positif Membangun Personal Branding Melalui Tulisan” untuk Anda:

1. Make it’s Simple (Jadikan semuanya Sederhana).

Anda mungkin pernah bertanya pada saat menulis Surat Penawaran ataupun Surat Kerjasama, “Apa yang harus saya tulis dan bagaimana caranya agar terjadi Response Positif pada Penerima”.

Dalam membangun Personal Brand melalui Tulisan baik Email ataupun Media/Social Media, Anda harus mampu membuat Penerima Pesan Anda membaca minimal 1 Menit untuk mempelajari semuanya.

Caranya adalah Jadikan semuanya itu Sederhana, Jangan menulis sesuatu kata yang merumitkan Penerima/Pembaca misalnya:

Pada kesempatan ini saya ingin menawarkan kerjasama kepada Anda yaitu Produk kami A yang berasal dari Penyaringan dan Pembuatan melalui Mesin…“.

Bagaimana menurut Anda?. Coba bandingkan dengan cara Sederhana:

Saya ingin menawarkan Anda suatu Peluang Usaha berupa Produk A, berasal dari Penyaringan dan Pembuatan dengan Mesin..“.

Mana yang lebih mudah?. Tentu yang Sederhana dan sudah menjelaskan secara singkat produk A tersebut.

2. Berikan Perkiraan Pertanyaan dan Jawaban.

Kadang ketika orang membaca Tulisan kita, ada yang memiliki waktu dan langsung menghubungi atau bertanya kepada Anda. Tetapi bagaimana bagi mereka yang tidak memiliki waktu banyak?.

Dalam hal ini, Anda harus dapat memprediksikan Pertanyaan dan jawaban umum yang sering diajukan oleh Penerima sehingga menghemat waktu mereka dan memungkinkan mereka untuk dapat langsung membeli Product yang Anda tawarkan.

3. Hindari Kebodohan dengan Ketelitian.

Kesibukan Anda dapat menjadi boomerang bagi Anda. Dalam menulis tawaran melalui Email ataupun Media/Social Media, Ketelitian sangat diperlukan untuk menciptakan Profesionalis Anda.

Kadang dalam mengetik suka terdapat suatu kesalahan karena terburu-buru dan ingin cepat selesai, itu akan membuat suatu kesalahan dan menjatuhkan Kredibilitas Anda. Misalnya:

Bagaimana” -> “Bgamana“.
Saya” -> “Sayaa“.
Sebuah Product yang akan memberikan Anda Penghasilan Luar Biasa” -> “Sebuah Produck yag akan memberikn anda Penghasilan Luar Bisa“.

Banyak sekali kemungkinan-kemungkinan tersebut yang akan membuat Anda kelihatan Bodoh dan menjatuhkan Brand Anda atau perusahaan Anda.

4. Kendalikan Diri Anda.

Mungkin Anda sering menerima sebuah balasan Email yang begitu Keras atau Kurang Baik dan kadang mendapatkan balasan yang Positif dan menyenangkan. Pada dasarnya setiap orang ingin dihargai, untuk menjadi seorang yang Profesional, Anda harus dapat menghargai setiap pemasukkan dari orang lain baik itu Negatif ataupun Positif.

Sekali Anda membalas dengan response Negatif juga terhadap Email atau pemasukkan yang Negatif, maka Anda kehilangan kesempatan selamanya dan Brand Anda akan jatuh dipandang kurang Profesional.

5. Follow Up / Sering Berkomunikasi.

Bagian terpenting dalam membangun sebuah Brand Perusahaan atau Personal Brand adalah Komunikasi. Setiap orang senang bila dihargai dan senang bila dipuji. Beberapa cara untuk melakukan Follow Up adalah :

  • Kirimkan ucapan disetiap Event atau hari-hari Besar.
  • Tanyakan kabar Penerima setiap 2 minggu sekali.
  • Lakukan Penawaran dan berikan response Persahabatan.

Dengan begitu Anda akan di ingat oleh Penerima/Customers Anda.

Keterampilan komunikasi sangat penting untuk Brand Anda. Apa tujuan Anda menulis di Email atau di Media/Social Media?.

Bisnis adalah tentang orang-orang berbicara kepada orang-orang. Pastikan ketika orang lain berbicara tentang Anda, mereka menyebutkan aspek Brand Anda.

Semoga Informasi mengenai “5 Cara Positif Membangun Personal Branding melalui Tulisan” ini dapat bermanfaat bagi Anda.

-- Bagikan dengan shortlink: https://is.gd/zoL0UD
X