Salah satu kebanggaan sebagai seorang blogger selain tulisannya memberikan manfaat dan mendapatkan apresiasi dari pembaca, adalah blognya mampu menghasilkan income.

Menghasilkan uang dengan blog bukan lagi hal yang tidak mungkin di era sekarang ini. Tidak heran blog menjadi sebuah aset digital yang paling penting dalam dunia online dan yang mampu memberikan nilai puluhan juta rupiah, miliaran rupiah bahkan triliunan rupiah apabila blog tersebut ingin dijual.

Menariknya, perkembangan blogger di Indonesia bergerak meningkat dengan cepat. Setiap harinya selalu bermunculan blogger baru baik Fashion Blogger, Travel Blogger, Food Blogger, Religi Blogger, Teknologi Blogger, Edukator Blogger, Motivator Blogger dan masih banyak lagi kategori blogger yang tidak bisa saya sebutkan satu per satu.

Salah satu tujuan mereka selain hobby adalah berbagi sambil mencoba peruntungan dalam dunia online khususnya melalui media blog. Misalnya Fashion Blogger, selain membahas dan berbagi seputar dunia fashion, tidak sedikit fashion blogger yang jualan produk kecantikan melalui blog mereka dan juga tidak sedikit fashion blogger yang pada akhirnya dilirik media serta sponsor.

Dalam VIP Training BLOGGER SAMURAI, saya membagikan 5 jenis income blogger yang bisa diaplikasikan oleh para peserta. Salah satunya adalah sell anything on your blog atau yang sering disebut Makelar Everything.

Selain 5 jenis income blogger, ada juga 5 kesalahan blogger yang menyebabkan blog jarang menghasilkan uang dan banyak dilakukan oleh para blogger.

Tampilan Yang Kurang Menarik

Salah satu daya tarik pencari informasi di internet yang sekaligus calon pembaca blog Anda adalah tampilan blog yang menarik, dalam arti tampilan blog yang kurang menarik akan menurunkan aktifitas membaca mereka walaupun tulisan Anda menarik.

Untuk menarik perhatian pengunjung blog, pastikan tampilan blog Anda tidak menyakitkan mata mereka dan dengan tata letak yang berantakan.

Terlalu Jualan Dan Berbau Pemasaran

Orang datang ke internet, goalnya adalah mencari informasi sesuai kebutuhan mereka dan BUKAN membeli produk atau jasa. Terjadi konversi adalah karena jawaban atau solusi akan kebutuhan mereka ada didalam blog/website Anda yang akhirnya membuat mereka mengambil sebuah keputusan untuk transaksi.

Perhatikan blog yang terlalu banyak jualan dan pemasaran produk/jasa, rata-rata hanya high traffic (baca: tinggi pengunjung) tapi rendah konversi. Kenapa?. Karena tidak memberikan solusi untuk kebutuhan pencari informasi.

Misalnya saya ingin mencari “cara cuci mobil yang benar”, sudah pasti saya membutuhkan solusi mencuci mobil dengan benar agar mobil saya tidak berjamur. Blog yang akan saya baca adalah blog otomotif yang bisa menjawab permasalahan saya, bukan yang jualan produk penghilang jamur pada kaca dan badan mobil.

Isi blog yang terlalu banyak jualan produk/jasa dan berbau pemasaran, lebih banyak dihindari oleh pencari informasi karena tidak ada keuntungan buat mereka dan solusi buat mereka.

Kalau Anda memiliki produk/jasa yang ingin Anda pasarkan dan jual, ada baiknya Anda mulai dengan Rumus 8:2Add a Tooltip Text.

Konten Plagiat

Salah satu yang menyebabkan pembaca blog Anda lari atau sekedar lewat adalah blog Anda berisi konten plagiat yang diambil dari blog lain.

Kalau Anda ingin menghasilkan organic traffic (baca: pengunjung organik) yang berkualitas, maka bangun blog Anda dan tulisan Anda berdasarkan pemikiran Anda. Bukan sekedar plagiat konten blog lain tanpa izin pemilik blog atau tanpa menyertakan link sumber konten.

Iklan Berlebihan Dan Kebanyakan Iklan Pancingan

Ini adalah kesalahan yang paling banyak dilakukan para blogger, yaitu sering mancing dengan pop up ads dan redirect ads. Lebih baik text ads dan banner ads daripada redirect ads dan pop up ads.

Blog yang memiliki iklan berlebihan akan membuat pengunjung blog hanya sekedar lewat atau sering disebut passed traffic (baca: pengunjung lewat). Apalagi iklan tersebut adalah iklan pancingan atau sering disebut redirect ads seperti adf.ly dan sejenisnya dipasang pada halaman tertentu atau link tertentu dalam blog.

Jarang Update!

Lupakan tentang SEO!. Jangan bingung atau mencari-cari cara menghasilkan uang dengan blog kalau Anda jarang melakukan update pada blog Anda.

Salah satu kunci untuk bisa menghasilkan uang dengan blog adalah rajin update konten!. Optimasi blog pada search engine adalah belakangan setelah Anda benar-benar konsisten update blog.

Frekuensi yang baik untuk update konten adalah seminggu sekali atau kalau Anda tidak sibuk, 2 hari sekali sudah paling baik. Akan tetapi lebih luar biasa kalau Anda bisa update setiap hari.

Kalau Anda memiliki 5 Kesalahan yang saya bahas diatas, segera buang kesalahan tersebut dan mulai dengan paradigma menghasilkan uang dengan blog yang benar.

Semoga artikel saya tentang 5 Kesalahan Yang Menyebabkan Blog Jarang Menghasilkan Uang dapat memberikan manfaat untuk Anda, menambah wawasan Anda dan membuka paradigma blog monetize yang baru.

-- Bagikan dengan shortlink: https://is.gd/qHT11w
X