Banyak yang mencari cara untuk menghasilkan uang melalui blog, tetapi banyak juga yang sudah berhasil menghasilkan uang melalui blog.

Selama masih ada orang-orang yang berhasil menghasilkan uang dengan blog, saya tidak percaya dengan kata “tidak bisa” menghasilkan uang dengan blog. Permasalahan utama adalah di mindset dan pemahaman tentang “menghasilkan uang dengan blog”.

Tidak hanya dalam bisnis yang saya jalankan, setiap tahun saya juga mengevaluasi aktifitas blogging saya untuk memeriksa semua hal seperti “kenapa artikel ini banyak yang lihat”, “kenapa artikel ini sedikit yang lihat”, “kenapa pengunjung blog tahun ini menurun” dan “kenapa pengunjung blog tahun ini meningkatkan”.

Dari hasil evaluasi, akan kelihatan kesalahan dalam melakukan aktifitas blog dan kesalahan ini telah membantu saya untuk menentukan dan menemukan sebuah fondasi jika ingin menjadikan blog sukse menghasilkan uang.

6 Fondasi Menjadikan Blog Sukses Menghasilkan Uang

Berdasarkan pengalaman saya, ada 6 Fondasi utama yang harus dipahami dan harus dilakukan jika ingin blog sukses menghasilkan uang.

1. What’s Your Goal (Tujuan/Pesan/Misi)

Tidak hanya dalam berbisnis, setiap ada orang atau klien yang bertanya tentang cara menghasilkan uang dengan blog, maka hal pertama yang saya tanyakan adalah “What is your Goal”. Kenapa?. Karena memiliki passion saja tidak cukup, harus memiliki Goal.

Jika Anda mengetahui tujuan, pesan, dan misi untuk blog ketika Anda akan memulai, itu seperti pedang bermata dua.

Jika Anda tidak tahu tujuan, pesan atau misi untuk blog Anda, jangan khawatir!. Anda akan menemukannya secara perlahan, yang berarti Anda akan terus belajar secara perlahan.

Jika Anda seorang pemilik bisnis, Anda mungkin berpikir ini tidak berlaku. Jika itu terjadi, saya mendorong Anda untuk kembali dan membaca tentang artikel saya: Your Blog Is Your Company – Session 2.

Setelah Anda jelas dengan Goal Anda, orang/visitor yang tepat akan datang terus menerus. Tapi jika Goal Anda tidak jelas, maka yang ada hanyalah orang/visitor yang sekedar lewat tanpa dapat dikonversi menjadi konsumen.

2. List Email/Newsletter

Kesalahan seorang blogger, pemula dalam bisnis di internet, ataupun pemula dalam internet marketing adalah mereka mengabaikan visitor yang datang ke blog mereka.

Dalam dunia yang di mana orang-orang menghabiskan setengah hari mereka di Internet untuk bermain Facebook, mungkin akan terlihat aneh bahwa List Email/Newsletter akan begitu penting.

Setiap blogger atau pencipta konten yang pernah saya temukan dan berbicara dengan mereka, mengatakan bahwa kesalahan terbesar yang mereka buat adalah tidak membangun list email lebih cepat.

Mereka mungkin tidak melihat status update terbaru Anda di facebook atau tweet-tweet Anda di twitter. Tetapi dengan mengirimkan email, maka akan memberi Anda kontak langsung kepada pembaca potensial yang kemungkinan akan menjadi pelanggan atau pembeli Anda.

Hal yang perlu dipertimbangkan tentang list email/newsletter adalah bahwa orang akan sedikit lebih respect di kontak melalui email. Kenapa?. Karena email itu adalah bersifat personal.

3. Give FREE To Get More!

Nah ini yang terkadang kebanyakan orang khususnya pemula selalu salah dalam mindset memberikan GRATIS terlebih dahulu.

Memberikan sesuatu yang GRATIS, tidak selamanya harus selalu gratis dan gratis. Terkadang Anda harus memberikan gratis untuk meningkatkan kepercayaan, terkadang Anda harus memberikan sesuatu dengan gratis untuk mendapatkan konsumen/klien.

Sebagai contoh, kalau Anda ke supermarket seperti Carefour atau Hypermart, Anda akan menemukan Sales Promotion Girl yang menawarkan minuman gratis dari produk A atau mencicipi makanan dari produk B secara gratis. Tujuannya adalah untuk menarik minat pembeli, walaupun selalu memiliki perbandingan.

Sesuatu yang gratis tidak hanya selalu tentang eBook!. Bisa juga berupa tips-tips atau pun produk digital seperti themes blog, kupon diskon digital untuk layanan Anda, dan lainnya.

4. Model Bisnis

Ketika saya membangun blog ini, bukan berarti saya hanya sekedar menulis blog. Melainkan saya sedang memindahkan usaha education & consulting saya ke dalam dunia Internet. Dimana saya menawarkan jasa konsultasi dan jasa edukasi kepada setiap visitor yang datang ke blog ini dan juga kepada setiap calon klien saya.

Proses dari membangun blog sampai ke penawaran jasa, bukan berarti tidak ada proses pembuatan business plan untuk menentukan business model yang ingin saya jalankan dengan memanfaatkan blog.

Kebanyakan pemula yang ingin menghasilkan uang dengan blog, tidak menyadari bahwa yang akan mereka dirikan adalah sebuah blog yang akan dilihat secara nasional bahkan international.

Mindset yang dimiliki adalah mindset yang pasif, dalam arti mereka hanya berpikir kalau menghasilkan dengan blog hanya sebatas mengikuti program PPC (Pay Per Click) seperti Google Adsense, Chitika dan lainnya bahkan berharap menghasilkan lebih. Dan salah satu artikel saya yang menjadi kontroversi adalah tentang Adsense Is Not Business!.

Saat Anda membangun sebuah blog Anda harus berpikir tentang apa value yang dapat Anda buat atau ciptakan untuk mendapatkan income melalui blog Anda.

Setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda-beda, maka dalam hal model bisnis dengan memanfaatkan blog, tidak akan ada jawaban yang tepat karena memiliki perbedaan dalam setiap kasus.

Tidak ada yang salah dengan kemasan konten Anda dan kemudian menjualnya. Dalam hal lain, nilai yang Anda buat adalah sebuah kenyamanan bagi visitor blog.

Ingat, semua orang ke Internet untuk mencari informasi, bukan bertransaksi. Ketika mereka menemukan sebuah informasi dan tidak mendapatkannya secara offline, maka mereka akan bertransaksi secara online.

Intinya adalah Anda harus menemukan sebuah model bisnis yang tepat yang dapat memanfaatkan blog dan kemudian menjual sesuatu di blog Anda untuk menghasilkan uang.

5. Desain Blog

Di dunia Internet, orang-orang menilai sebuah buku dari sampulnya. Tidak percaya?. Coba Anda buka sebuah situs toko buku Online dan apa yang akan Anda lihat?. Gambar sampul buku bukan?.

Saya telah melihat banyak orang-orang yang benar-benar mengesankan tetapi dengan desain situs yang mengerikan. Desain situs buruk membuat saya mempertanyakan kredibilitas mereka dan kehilangan minat dalam konten mereka. Percayalah, sebuah Design dapat mengubah persepsi sebuah merek.

Jika Anda tidak memiliki kemampuan untuk design tampilan situs/blog Anda dan memiliki budget yang cukup, ada baiknya menyewa seorang web desainer. Ini akan menjadi salah satu investasi terbaik Anda.

Jika Anda tidak mampu untuk menyewa seorang desainer, maka gunakan themes yang premium dan buat tampilan sebersih mungkin atau yang tidak membuat kepala visitor pusing karena banyaknya banner iklan dan iklan lainnya.

Salah satu pelajaran dari pengalaman saya dulu adalah saya membuat sebuah blog yang berdasarkan kesenangan saya dan pemikiran saya. Sehingga ketika visitor mulai menurun, saya mulai bertanya-tanya dan langsung mengubah tampilan situs saya.

Sebuah pelajaran berharga yang saya pelajari adalah bahwa Anda perlu untuk merancang situs/blog Anda didasarkan pada kacamata visitor/konsumen, bukan pada kacamata kita sebagai pemilik blog.

6. Bentuk Dan Promosikan Brand

Dalam dunia Internet, kepercayaan adalah kunci utamanya. Jika Anda menjalankan bisnis di internet, berarti Anda harus siap membangun TRUST (kepercayaan). Akan tetapi jika kepercayaan itu rusak, maka apapun yang Anda bangun di Internet akan susah. Kenapa?. Karena di Internet menggunakan Power Word of Mouth.

Integrasikan blog Anda dengan social media dan bentuk brand Anda pada social media. Kenapa harus social media?. Karena disanalah tempat komunitas-komunitas berada dan tempat orang-orang bersosialisasi.

Jangan segan dan gengsi untuk mempromosikan produk atau layanan Anda kepada pengguna social media. Selama Anda dapat membangun TRUST, maka Anda masih dapat menghasilkan uang dengan blog.

Jika Anda tidak mempromosikan Brand dan konten Anda, jangan berharap orang lain akan melirik Anda.

Jika anda melihat ada blog yang sukses menghasilkan uang, Anda akan melihat bahwa semua fondasi yang saya tuliskan tersebut secara tidak langsung digunakan oleh mereka.

Semoga artikel saya tentang “6 Fondasi Menjadikan Blog Menghasilkan Uang” dapat bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa untuk memberikan komentar, karena nantinya dapat menjadi backlink untuk situs/blog Anda.

-- Bagikan dengan shortlink: https://is.gd/HfbOqC
X