Saya ingin bertanya kepada Anda, ketika mendengar kata “blog” apa yang terlintas pertama kali dalam benak Anda?. Apakah tentang menulis? Atau tentang menghasilkan uang di internet? Atau tidak terbayang apapun?.

Berapa banyak dari Anda yang membaca artikel ini memiliki blog?. Atau berapa banyak dari Anda yang membaca artikel ini memanfaatkan blog untuk mengembangkan bisnis Anda?. Silahkan cukup Anda jawab dalam hati saja. 🙂

Sebuah blog adalah bagian dari sebuah situs web yang kontennya dapat diupdate secara harian atau mingguan oleh pemilik blog. Bagi pemilik bisnis, blog biasanya dimanfaatkan untuk promosi produk ataupun jasa.

Bahkan tidak sedikit perusahaan besar yang memanfaatkan blog sebagai company profile dan pendekatan dengan konsumen.

Tidak hanya sebatas itu saja, tapi berdasarkan research dan pengalaman saya pribadi, ada 6 Keuntungan Memanfaatkan Blog untuk Bisnis Anda.

Low Cost

Perhitungan biaya dalam membangun sebuah bisnis bagi pemula atau pun startup, tentunya menjadi salah satu pertimbangan. Bahkan tidak sedikit orang berusaha untuk menekan budget awal serendah mungkin dan berpikir serta berusaha untuk mendapatkan hasil yang maksimal (Low Budget High Impact).

Biaya tertinggi dalam bisnis, bukan dalam membangun infrastruktur atau fondasinya, melainkan investasi dalam promosi adalah biaya tertinggi. Kenapa?. Tanpa promosi, bisnis tidak akan berkembang.

Karena itu sekarang ini banyak pebisnis pemula dan juga UMKM yang mulai mengalihkan promosi dengan memanfaatkan internet yang khususnya dengan memanfaatkan blog sebagai media promosi dengan alasan Penekanan Budget ataupun Biaya lebih Rendah.

Menciptakan Dan Membangun Brand

Apakah Anda perusahaan besar? Atau Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)? Atau one man show (freelance) yang bekerja dari dalam kamar pribadi maupun virtual office?. Jika ya, apakah Anda sudah memiliki blog yang professional dengan brand Anda?.

Blog yang di design professional, dapat menciptakan dan membangun brand seseorang maupun perusahaan. Faktanya banyak blog yang isinya menarik, tetapi membuat banyak orang malas untuk kembali bahkan ragu untuk menggunakan jasa yang ditawarkan maupun membeli produk yang dijual. Kenapa?. Karena blog Anda tidak terlihat professional bagi konsumen/klien Anda.

Berapa besar perusahaan Anda, jika blog Anda tidak terlihat professional maka Anda akan kehilangan banyak konsumen. Begitu juga dengan UMKM dan juga Freelance, sebaik apapun kerjaan Anda atau produk yang Anda jual, jika blog Anda tidak terlihat professional maka Anda akan kehilangan konsumen/klien.

Yang menjadi pertanyaan selanjutnya tentu: “Blog yang professional itu yang bagaimana?”. Apakah benar?.

Blog yang professional adalah blog yang konsisten dan blog yang mencerminkan usaha Anda atau diri Anda. Blog yang memungkinkan orang-orang berpendapat dan juga mampu mengenal Anda dan atau perusahaan Anda.

Membuat Orang Penasaran Dan Mencari Informasi Anda

Pada dasarnya, setiap orang memiliki rasa penasaran dengan seseorang atau sebuah perusahaan. Sebagai contoh, dalam deteksi search engine yang saya miliki, banyak sekali yang mencari nama “Andhika Wijaya Kurniawan” dan itu terjadi hampir setiap hari dengan pencarian mencapai ratusan keatas bahkan yang paling tinggi pernah mencapai 600 kali pencarian nama saya dalam sehari.

Tujuannya apa?. Tentunya mencari kredibilitas seseorang atau sebuah perusahaan dan kemudian jika memiliki blog, maka yang dicari adalah informasi yang ada dalam blog tersebut.

Saya ingin Anda membayangkan seperti ini, bagaimana jika perusahaan Anda memiliki sebuah blog yang isinya tentang informasi produk jual Anda dan kemudian produk jual tersebut ternyata banyak yang membutuhkan. Apakah itu bukan sebuah peluang besar?. Atau jika Anda seorang freelance design dan Anda memiliki sebuah blog yang isinya tentang informasi tentang design yang ditambah dengan jasa design, apakah itu bukan sebuah peluang?.

Jadi dengan blog beserta isinya, Anda dapat membuat seseorang penasaran dan mencari Anda untuk mengkonversi menjadi teman (networking) atau konsumen/klien Anda.

Memiliki Keterlibatan Komunitas

Salah satu uniknya dari blog adalah blog dapat mendorong keterlibatan masyarakat khususnya di Indonesia. Blog dapat memberikan pembaca atau pengunjung sebuah kesempatan untuk menyuarakan pendapat tentang konten atau informasi yang Anda tulis.

Dengan adanya hal ini, secara tidak langsung Anda dapat membangun sebuah komunikasi dua arah dalam dunia blogging yang akan terus dapat dibawa sampai ke social media. Karena itu, sekarang ini ada begitu banyak komunitas blogger di Indonesia yang memiliki tujuan mempertemukan blogger-blogger yang ada di dunia maya ke dunia nyata untuk saling kenalan dan bertukar pendapat.

Dalam segi bisnis, tidak menutup kemungkinan akan dapat menjalin kerjasama dengan sesama blogger ataupun tidak menutup kemungkinan blogger-blogger lain akan menjadi konsumen/klien Anda.

Mampu Memahami Keinginan Konsumen/Klien

Sebelumnya, saya telah menuliskan empat keuntungan memanfaatkan blog. Dan keuntungan memanfaatkan blog yang kelima adalah dengan blog, Anda akan mampu menganalisa dan mengetahui keinginan calon konsumen/klien dan bahkan konsumen/klien Anda.

Dengan Anda memanfaatkan blog, itu sama saja halnya Anda memberikan keleluasaan konsumen/klien Anda untuk membaca informasi dan langsung memberikan komentar, kritik maupun saran dan dari hal ini, Anda akan belajar lebih banyak tentang keinginan konsumen/klien Anda.

Yang menariknya adalah jika Anda menjual sebuah produk atau menawarkan jasa melalui blog, maka konsumen/klien bahkan pengunjung yang telah membeli produk Anda atau memesan jasa Anda, tidak akan segan-segan kembali ke blog Anda untuk memberikan pemasukan (saran) dan komplain (kritik) yang tentunya akan berguna sekali sebagai umpan balik pada ide-ide baru (inovasi) pada produk atau jasa lainnya.

Memberikan Aset Dari Konten Blog Anda

Kalau dalam offline, karyawan-karyawan Anda adalah aset yang berharga untuk kemajuan bisnis Anda, maka dalam online khususnya memasarkan produk atau jasa dengan blog, yang menjadi aset adalah konten Anda.

Tujuan Anda membuat sebuah blog untuk bisnis tentunya adalah untuk membantu pemasaran Anda ke titik dimana konten yang telah dibuat dan ditargetkan secara khusus untuk keinginan atau kebutuhkan pengunjung atau orang-orang yang mencari informasi melalui internet dapat mampu menjawab atas pertanyaan-pertanyaan mereka sehingga menjadi umpan balik yang memungkinkan akan memesan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Benar bukan?.

Jika Ya, maka blog Anda tidak dapat menjadi sebuah blog yang pasif, melainkan blog Anda harus menjadi sebuah blog aktif yang dimana konten selalu update sesuai dengan niche produk atau jasa Anda ataupun yang merupakan bidang Anda (expertise).

Nah jika Anda serius tentang memulai membangun sebuah blog untuk mendukung pengembangan bisnis, Anda harus mampu meluangkan waktu untuk berinvestasi dalam kualitas konten (isi blog) dan belajar tentang cara untuk mempromosikan blog Anda.

Faktanya dunia bisnis terus berkembang. Jika Anda tidak memanfaatkan Internet sebagai media promosi, maka Anda akan ketinggalan beberapa langkah dari kompetitor Anda. 🙂

Buat Anda yang sudah memiliki blog tetapi blog Anda adalah blog pasif, yang dalam arti “hanya memiliki” tapi tidak pernah update konten, maka mulai kembali lihat blog Anda dan aktifkan!.

Semoga artikel saya tentang “6 Keuntungan Memanfaatkan Blog Untuk Bisnis” dapat bermanfaat bagi Anda dan juga bagi perkembangan bisnis Anda. Jangan lupa memberikan komentar terbaik Anda.

-- Bagikan dengan shortlink: https://is.gd/HWwLzj
X