Saat ini aktifitas email marketing (baca: pemasaran menggunakan email) bukan lagi hal yang baru bagi beberapa pelaku bisnis, perusahaan besar dan juga bagi digital marketer.

Pada umumnya, fungsi email marketing digunakan untuk menjalin komunikasi dengan pengunjung website yang telah bersedia memberikan emailnya untuk dihubungi atau menerima berbagai promosi menarik dan menguntungkan.

Ada 6 manfaat email marketing yang bisa menjadi pertimbangan untuk bisnis Anda, yaitu:

#1 Hemat Dan Efisien

Email Marketing tidak membutuhkan karyawan yang banyak seperti direct marketing atau marketing tradisional, melainkan Anda hanya membutuhkan satu orang karyawan atau mungkin Anda sendiri yang mengelolanya.

Dibandingkan dengan direct marketing atau marketing tradisional, tentunya email marketing lebih hemat karena Anda hanya membutuhkan aplikasi/software berbasis web yang fungsinya menampung database email Anda.

Dengan begitu, Anda bisa menghemat pengeluaran Sumber Daya Manusia dan mengalokasikan anggaran untuk aktifitas email marketing atau beriklan lainnya.

#2 Tanggapan Langsung

Dengan Anda menggunakan email marketing, Anda bisa mengetahui calon konsumen Anda secara langsung. Bagaimana caranya?.

Saat Anda menggunakan email marketing, otomatis dalam website Anda akan diberikan sebuah form yang dimana pengunjung harus memasukkan nama dan email agar bisa mendapatkan email dari Anda.

Dengan begitu, Anda bisa langsung mengetahui orang-orang atau pengunjung yang tertarik dengan perusahaan Anda, produk Anda atau jasa Anda tanpa harus door to door atau kanvasing.

Email Promo Dari Grab Indonesia

Email Promo Dari Grab Indonesia

Tidak hanya itu, dengan email marketing, calon konsumen Anda tentu bisa langsung berkomunikasi dengan Anda melalui email dan Anda secara otomatis bisa membalas email dari konsumen Anda, dengan begitu hasilnya adalah Anda mendapatkan tanggapan langsung dari konsumen dan Anda bisa menanggapi konsumen Anda dengan membalas email dari mereka.

#3 Membangun Hubungan

Perhatikan gambar ketiga diatas, yang dilakukan evercoach terhadap saya adalah menjalin komunikasi dan membangun sebuah hubungan yang baik kepada saya melalui aktifitas email marketing mereka.

Email Komunikasi Dari Ever Coach

Email Komunikasi Dari Ever Coach

Dengan Anda menggunakan email marketing, secara tidak langsung Anda bisa menekan anggaran biaya tele-marketing dan dialokasikan ke anggaran kebutuhan lainnya. Kenapa?. Alasannya sederhana, coba Anda bayangkan kalau Anda bisa menyapa jutaan konsumen Anda melalui email hanya dengan satu kali kirim, apa yang akan terjadi?. 🙂

Selain membangun hubungan, keuntungan lainnya adalah brand perusahaan Anda atau brand Anda (jika personal) akan naik karena pada umumnya setiap orang senang apabila bisa berhubungan langsung dengan pihak perusahaan atau Anda sendiri tanpa harus melalui alur yang ribet.

#4 Cepat Dan Pasti

Dalam membangun aktifitas email marketing, Anda tidak membutuhkan head of marketing yang membawahi beberapa marketing senior dan marketing junior seperti dalam perusahaan dan harus memberikan pelatihan kepada marketing yang akhirnya menyita waktu cukup lama.

Email Daily Update Artikel Dari Tech In Asia

Email Daily Update Artikel Dari Tech In Asia

Dengan Anda menggunakan email marketing, Anda bisa menghemat waktu karena Anda hanya perlu menulis dan mengarahkan pengunjung Anda dengan tulisan di email. Dengan begitu, pemasaran yang Anda lakukan cukup hanya disusun dalam satu hari dan digunakan berkali-kali secara berulang-ulang tanpa harus mengadakan training rutin untuk team marketing Anda.

#5 Mudah Untuk Brand Impact

Kelebihan email marketing adalah Anda bisa melakukan filter segmen konsumen Anda, sehingga Anda bisa memiliki beberapa segmen pasar dan konsumen.

Rata-rata orang lebih suka menerima email dari pemilik perusahaan atau dari pemilik website/blog, kenapa?. Merasa dihargai. Bayangkan Anda mendapatkan email ucapan “hai” secara personal, misalnya dari Mark Zuckerberg (CEO Facebook), tentu Anda akan merasa “WAH” sekali.

Hal yang sama juga terjadi terhadap pengunjung Anda yang bersedia memasukan email mereka dan mendapatkan email dari Anda.

Kalau dalam direct marketing, tentunya konsumen akan susah untuk bisa berhubungan langsung dengan pemilik perusahaan, minimal harus ketemu terlebih dahulu dengan kepala marketing. Berbeda dengan email marketing, Anda bisa mencantumkan bahwa email dikirim dari Anda sebagai pemilik perusahaan. Menarik bukan?.

Dengan begitu, Anda bisa dengan mudah membangun kepercayaan dan dampak brand perusahaan serta personal brand.

#6 Bisa Diukur

Apapun aktifitas marketing yang dilakukan, tentunya Anda sebagai personal atau perusahaan sudah pasti membutuhkan KPI (Key Performance Indicator) sebagai pengukur keberhasilan. Kalau Anda di marketing tradisional, tentu saja pimpinan Anda akan bertanya “hasil” dari aktifitas marketing Anda.

Tidak berbeda dengan aktifitas email marketing yang tentu saja bisa diukur, beberapa apllikasi/software email marketing memiliki support untuk melihat total email yang telah dibaca dari total email yang dikirim dan diterima. Dengan begitu, Anda bisa menghitung dari total email yang telah dibaca, berapa email yang memberikan tanggapan dan terjadi penjualan.

Rekomendasi Autoresponder Untuk Email Marketing

Cukup panjang tentang 6 manfaat email marketing untuk bisnis Anda, semoga dengan adanya artikel ini, Anda sudah mulai melihat peluang menggunakan email marketing kedalam bisnis Anda sehingga Anda bisa menghemat anggaran biaya. Kecuali kalau memang anggaran Anda tidak memiliki batasan. 🙂

-- Bagikan dengan shortlink: https://is.gd/cfQxWb
X