Setiap blogger pasti suka kalau blognya diberikan komentar oleh pengunjung. Justru dipertanyakan kalau seorang blogger tidak suka blognya dikomentari. 🙂

Sebagai blogger yang berfungsi sebagai penulis dan penyampai pesan idealnya bisa menikmati setiap tanggapan atau komentar dari pengunjung. Tapi tidak semua komentar harus ditanggapi dengan serius.

Pertanyaannya adalah bagaimana kita bisa tahu kalau komentar tersebut idealnya ditanggapi dan tidak perlu ditanggapi?.

Jika Anda memiliki sebuah blog, Anda akan menemukan semua jenis orang yang berbeda yang meninggalkan komentar di blog Anda. Berdasarkan pengalaman saya dalam dunia blog, ada 7 jenis komentar blog dan saya akan berikan cara menanggapinya.

Komentator Spammer

Dalam dunia blog, spammer adalah salah satu yang paling tidak disukai oleh para blogger. Kenapa?. Seorang blogger tentunya berharap tulisan mereka bisa dinilai dan dihargai baik positif atau negatif tapi relevan.

Sedangkan spammer biasanya tidak relevan dengan konten dan terkadang isinya sangat menganggu.

Untuk mengatasi spammer, kalau Anda menggunakan wordpress self-host, Anda bisa install plugin akismet dan Anda akan bebas dari spammer.

Komentator Panjang dan Formal

Biasanya panjang komentar idealnya adalah 50 kata yang mendorong batas panjang lebar.

Kalau Anda mendapatkan komentar panjang 200 kata, 500 kata dan bahkan 1000 kata plus yang isi komentarnya juga formal, maka Anda harus memiliki pemakluman terhadap pengunjung tersebut. Kenapa?. Biasanya mereka adalah orang-orang yang baru pertama kali terjun dalam dunia blogging atau biasanya hanya sebatas membaca.

Cara menangani komentar yang panjang dan formal adalah ucapkan terima kasih telah mengunjungi blog dan jawablah dengan bijaksana.

Komentator Bingung Dan Tidak Jelas

Sering mendapatkan komentar blog yang isinya “Terima kasih” atau isinya “Blognya menarik”?. Kalau sering, berarti Anda dikunjungi oleh tipikal pengunjung yang tidak jelas atau bingung. Mereka ingin memberikan apresiasi terhadap tulisan Anda tetapi mereka juga bingung harus nulis komentar.

Secara psikologi adalah mereka tipe orang yang sebenarnya ingin berkenalan tapi malu untuk kenalan. Sehingga hanya kalimat sangat pendek yang mampu mereka berikan.

Tapi terkadang mereka adalah spammer yang berhasil lolos dari anti-spam plugin.

Cara menangani komentar tipe seperti ini adalah Anda harus mengaktifkan moderate komentar untuk melakukan seleksi komentar sebelum Anda approved (baca: setuju) untuk menayangkan komentar mereka.

Komentator Self Promotor

Ini adalah tipe pengunjung dan komentar yang suka mempromosikan blog atau webnya pada kolom komentar.

Kalau saya pribadi tidak memiliki masalah terhadap mereka selama mereka menggunakan nama asli pada bagian “nama” dan menuliskan link pada kolom komentar yang bukan berbau sara dan porno.

Bahkan saya mengunjungi link tersebut dan berkomentar balik melalui salah satu artikel mereka.

Cara menanggapi komentar tipe ini adalah cukup katakan “terima kasih dan saya akan segera mengunjungi web Anda dan melakukan komentar pada web Anda sebagai perkenalan”. Simple dan lakukan langsung dengan mengunjungi web mereka sebagai rasa interest dan respect Anda kepada mereka. 🙂

Komentator Generik

Nah tipe komentar ini adalah tipe yang paling sering dilakukan oleh orang Indonesia dalam memberikan komentar blog. Contoh komentar generik adalah “terima kasih artikelnya memberikan wawasan baru untuk saya”.

Cara menangai komentar tipe generik ini adalah cukup katakan “terima kasih sudah terterik membaca dan semoga benar-benar memberikan manfaat untuk Anda”.

Komentator Yang Baik Dan Tertarik

Jenis komentar ini adalah yang terbaik dan pantas mendapatkan perhatian penuh Anda.

Komentar yang baik adalah 100 kata atau kurang, dan menunjukkan interaksi yang benar dengan isi posting Anda.

Mereka juga menambah ide, atau mengajukan pertanyaan yang bijaksana.

Anda harus merespon dalam bentuk reward terhadap komentator ini dengan mingguan atau bulanan seperti “Top Komentator”, atau widget pada sidebar menampilkan komentator terbaik.

Mereka layak mendapatkan perhatian dari blog Anda untuk setiap komentar yang mereka posting.

Komentator ini mampu mengarahkan traffik blog Anda. Bangun hubungan atau networking dengan mereka dengan cara kunjungi blog mereka, meninggalkan komentar, dan berlangganan blog mereka.

Dari 7 jenis komentar blog, manakah tipe komentator yang paling sering datang ke blog Anda?. 😀 [divider]

-- Bagikan dengan shortlink: https://is.gd/7kXjXI
X