Perkembangan Digital Marketing (baca: pemasaran digital/online) di tahun 2016 bisa dikatakan mengalami perkembangan yang cukup baik dan sangat cepat.

Walaupun tidak sedikit perusahaan baru (baca: startup), usaha kecil menengah (UKM) dan perusahaan besar (baca: corporate) mengalami kejatuhan yang bisa dikatakan cukup mengagetkan.

Tidak sedikit juga pada akhirnya bermunculan startup, UKM dan corporate baru yang mencoba hadir di dunia online dengan menjual produk atau jasa mereka melalui berbagai saluran social media dan situs.

Sementara beberapa Marketer (baca: pemasar) percaya bahwa ruang internet akan semakin berkembang luas yang dilihat dari banyak-nya perusahaan memasuki industri atau dunia digital.

Saya akui bahwa industri digital marketing adalah besar, kompleks dan cepat berkembang. Semakin cepat Anda menyerang (istilahnya) saraf hak pengguna internet, maka semakin baik Anda dapat menarik bagi pengguna internet dan tetap berada di depan kompetitor.

Trend Digital Marketing Yang Mendominasi
Di Tahun 2017

Setelah melihat pergerakan industri digital termasuk digital marketing didalamnya, saya mempelajari dan mengumpulkan data beberapa trend digital marketing yang paling dapat diandalkan untuk tahun 2017 yang harus Anda fokus untuk merumuskan strategi digital marketing yang efektif dan untuk online campaign (baca: kampanye online – iklan secara online)

#1 Iklan Video Akan Semakin Meningkat dan Mendominasi

Kehadiran teman-teman creator youtube (baca: youtuber) di tahun 2016 menjadi masa kejayaan bagi raksasa media sosial video, YouTube. Dimana sepanjang tahun 2016 bermunculan artis baru dari youtube dan juga vlogger-vlogger kreatif dari youtube yang berbagi kisah mereka menghasilkan uang melalui youtube dengan membuat kisah perjalanan mereka dengan sebutan judul “Draw My Life”.

Kehadiran youtuber dan vlogger akan mengubah seluruh spektrum iklan secara online yang dimana hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan penerimaan dari iklan video antara pengguna dan pengiklan.

Trend ini akan terus berlanjut dan akan mulai bermunculan jenis iklan video yang akan mendominasi layar youtube dan kompetitornya.

Jadi buat Anda creator youtuber dan vlogger serta digital marketer yang menggunakan youtube sebagai media pemasaran, lanjutkan kreatifitas Anda dan subscribe channel youtube saya pastinya. 😀

#2 Gadget/Mobile Sepenuhnya Akan Mendominasi Desktop

Selain masa kejayaan youtube sebagai penyedia Visual Content (baca: konten visual), di tahun 2016 kemarin adalah tahun yang besar bagi industri mobile.

Perhatikan pergerakkan Google yang dimana hampir menendang keluar semua situs web yang tidak mobile-friendly atau tidak dioptimalkan untuk mobile.

Kehadiran gadget serta smartphone dapat menunjukkan bahwa pengguna desktop mulai lebih sedikit dibandingkan pengguna gadget, bahkan blog ini pun lebih banyak diakses melalui gadget/smartphone dibandingkan desktop (PC/Laptop).

Berarti di tahun 2017 akan masuk masa kejayaan Mobile Digital Marketing yang dimana Anda harus mempersiapkan situs Anda dan mengoptimalkan untuk versi mobile, karena yang menjadi prioritas utama di tahun 2017 bagi pemasar digital adalah Mobile Digital Marketing.

#3 Mobile Apps Semakin Banyak Dan Berkembang

Anda jangan heran kalau tahun ini (2017) akan mulai bermunculan aplikasi menarik yang bisa Anda download dan juga perusahaan-perusahaan yang mulai memiliki aplikasi yang bisa di download.

Selain masuk era Mobile Digital Marketing, sudah pasti tidak akan lepas juga dari Mobile Apps yang akan secara khusus menawarkan semua fitur dari situs web untuk mobile dengan cara yang lebih intuitif, mudah dan dapat diakses.

Google sendiri telah menawarkan pengindeksan aplikasi yang tentunya akan membawa keuntungan untuk memiliki aplikasi sendiri atau aplikasi khusus di masa akan datang.

Berarti sekarang saatnya bagi Anda pemilik bisnis harus sadar bahwa trend digital marketing sudah tidak bisa diabaikan lagi dan trend mobile marketing juga akan semakin berkembang. Sekarang saatnya bagi Anda untuk menyadari pentingnya digital marketing di tahun 2017 khususnya dalam pengembangan aplikasi mobile.

#4 Social Conversion

Sejak tahun 2010 sampai tahun 2016, cukup bagi saya memberikan edukasi dan suara tentang The Power of Social Media (baca: kekuatan media sosial).

Pada tahun 2017 ini saya sedang memberikan edukasi dan suara tentang Social Blog dan Social Media Engagement.

Komunitas online tidak akan terikat hanya percakapan perusahaan kepada konsumen atau sebaliknya. Mereka akan memberikan kesempatan untuk open interaction (baca: interaksi terbuka) yang berarti bukan jamannya lagi perusahaan yang interaksi dengan konsumen melainkan Person to Person (baca: orang kepada orang).

Misalnya Anda perusahaan telekomunikasi, biasanya pengguna social media akan bertanya melalui akun support dan akan dibalas oleh akun support tersebut dengan menaruh initial nama sebagai tanda bahwa initial tersebut telah membalasnya.

Nah tahun 2017, masuk dimana bukan akun perusahaan yang membalas melainkan initial tersebut yang membalas. Dengan begitu Anda baru bisa meningkatkan konversi.

Saya telah melihat sendiri hal yang sama di dalam industri e-commerce yang dimana media sosial akan bekerja sebagai saluran konversi baru dan menawarkan cara untuk mengkonversi prospek langsung kepada pembeli.

#5 Pertarungan Teknologi Aksesoris Gadget

Dalam beberapa tahun terakhir, saya telah melihat pembukaan dari Apple iWatch, Google Glass, Moto 360, VR Board dan smart device lainnya yang dapat dipakai saat Anda berpegian dan membuat Anda tetap terhubung dengan dunia digital.

Tahun 2017 Anda akan melihat lebih banyak lagi smart device (baca: perangkat pintar) dengan berbagai inovasi dalam teknologi yang dapat dipakai  dan akan mengubah seluruh ruang lingkup pemasaran lokal.

Sedangkan bagi pemasaran digital akan fokus pada potensi teknologi yang dapat dipakai dalam mengurangi perbedaan antara digital marketing dengan konvensional marketing.

#6 Alogritma Search Engine Akan Selalu Berubah

Akhir tahun 2016 dan sampai sekarang, Public Workshop H.A.C.K® (S)earch (E)ngine (O)ptimization Mastery yang saya adakan sangat diminati oleh berbagai kalangan yang menjalankan aktifitas secara digital dan beberapa tahun belakangan ini tidak sedikit juga perusahaan yang mengajukan permintaan proposal In House Training H.A.C.K® (S)earch (E)ngine (O)ptimization untuk diterapkan oleh team digital mereka.

Suka atau tidak, tetapi algoritma search engine akan terus berubah dan Anda harus terus mengikuti perkembangannya atau jangan mengeluh kalau situs Anda tiba-tiba mengalami penurunan yang akibatnya penjualan juga akan menurun.

Dengan sejumlah besar informasi yang ditambahkan ke internet setiap detik, raksasa mesin pencari akan terus memperbarui algoritma mereka untuk menentukan konten yang harus mendapatkan prioritas dan peringkat lebih tinggi di halaman search engine (SERPs).

Oleh karena itu, strategi yang harus dilakukan adalah tetap menjaga keaslian, informatif dan yang bisa membantu pengunjung Anda. Dan Anda apabila sebagai digital marketer (baca: pemasar online) tidak harus tetap fokus hanya pada algoritma Google, tetapi coba pertimbangkan algoritma Facebook dan BING.

Google mungkin terbesar tetapi search engine bukan hanya satu. 😛

#7 Online Advertising Akan Menjadi Lebih Mahal

Digital Marketing dalam beberapa tahun terakhir memang mengalami pertumbuhan yang sangat luar biasa. Kompetisi dalam industri digital dan dominasi melalui internet semakin berkembang.

Kalau hal ini sudah terjadi, maka permintaan spot iklan akan mengalami kenaikkan karena kompetisi, sehingga harga untuk Online Advertising (baca: iklan online) juga akan meningkat. Walaupun ada beberapa berita yang mengatakan bahwa Pay Per Click (PPC) akan mati di tahun-tahun mendatang, dan justru yang akan lebih efektif serta optimal adalah iklan yang ada di web atau blog lain yang memiliki trafik yang tinggi.

#8 Unik Dan Konten Berkualitas Tinggi Akan Menjadi Kunci

Konten sering disebut “Raja” dalam digital marketing dan akan tetap menjadi “Raja” bagian terpenting dari setiap digital marketing campaign di tahun-tahun mendatang.

Dengan masuknya penulis konten professional dan creator video, justru akan membuat digital konten menjadi lebih kompetitif.

Tahun 2017 agar konten disukai oleh pengunjung dan mesin pencari, adalah unik, berkualitas tinggi dan konten interaktif yang bisa terhubung dengan pengunjung. Ini yang saya katakan dengan Social Blog.

Dengan trend yang akan terjadi di tahun 2017, saya yakin akan banyak pelaku digital marketing yang mulai menunjukkan potensi besar dalam menghadapi segala rintangan-rintangan di tahun ini dan tahun mendatang.

Dengan adanya trend digital marketing di tahun 2017 ini, bagi Anda pelaku digital marketing saran saya adalah tetap fokus pada kebutuhan pengunjung dan tetap white-hat dalam optimasi search engine.

Sedangkan buat Anda perusahaan, sudah saatnya Anda terjun dalam digital marketing dan tingkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Anda khususnya dalam hard-skill digital marketing bersama AWK ACADEMY. 🙂

Shares
X