(Image source: Google.com)

Hai sahabat yang Luar Biasa,

Situs atau blog saat ini menjadi bagian terpenting dalam menjalankan sebuah bisnis. Walaupun ada yang mengatakan tanpa situs ataupun blog, tetap bisa menghasilkan. Saya membenarkan hal itu, tanpa blog pun bisa menghasilkan. Misalnya dengan bergabung di sebuah mailing list Yahoo Group tertentu atau sesuai dengan produk atau jasa yang ingin Anda tawarkan. Tapi apakah bisa untuk mendapatkan PROFIT lebih?.

Saya pribadi sudah mencobanya ketika menawarkan sebuah produk jual di dalam mailing list Yahoo Group yang cukup besar dan sesuai niche. Hasilnya adalah saya tetap menghasilkan yang menurut saya kurang sesuai dengan target. Kenapa?. Karena tujuan saya berbisnis adalah tentunya untuk mendapatkan PROFIT lebih diluar dari yang saya targetkan. Hasilnya, saya keluar dan mulai membuat sebuah situs aktif.

Dan dari perjalanan saya selama trial and error dalam membuat situs atau blog serta menguatkan branding dengan blog, ada 10 hal yang dibutuhkan dalam sebuah situs atau blog dan ini adalah keharusan.

Sebuah gambaran yang jelas tentang “Siapakah Anda?”.

Pengunjung situs atau blog yang datang melalui blogwalking, sangat jarang untuk membaca artikel terlebih dahulu. Yang mereka lakukan adalah mencari, “Blog ini punya siapa” dan setelah itu, baru mulai blogwalking. Sedangkan visitor yang datang melalui search engine, biasanya menuju ke suatu artikel yang terkait di search engine. Setelah baca, apakah mereka akan tutup artikel?. Berdasarkan pengamatan hemat saya dengan real time Google Analytic adalah setiap visitor yang datang melalui search engine, setelah membaca artikel yang menurut mereka bermanfaat, selanjutnya akan mencari “Siapa pemilik blog”. Karena itu profile Anda dalam “About Us” atau “About Me” dalam sebuah blog itu penting.

Nama Domain Yang Sederhana atau Mudah Dihafal.

Waktu setiap orang selalu ada harganya. Bagi mereka yang bermain Internet dirumah, mungkin tidak akan terasa karena harus membayar Internet bulanan. Bagaimana dengan mereka yang bermain di WarNet (warung internet)?.

Berdasarkan survey yang saya lakukan di sekolah, universitas maupun pada saat seminar/workshop, hampir 85% orang yang mengunjungi sebuah situs atau blog karena namanya mudah dihafal dalam waktu 10 detik (return visitor) dan sisanya adalah kebetulan masuk dari search engine (new visitor).

Biasanya saya lebih menyarankan setiap klien saya untuk menggunakan domain yang berakhiran .com untuk sebuah usaha dan domain yang berakhiran .org untuk sebuah komunitas maupun organisasi. Kalau pun Anda ingin menggunakan domain gratis, pastikan core/engine blog mampu menutupi kekurangan dari domain gratis tersebut.

Selanjutnya adalah pemilihan nama domain diusahakan jangan menggunakan tanda kurang (-) sebagai pemisah. Bedakan antara Nama-Domain.com dengan NamaDomain.com. Mana yang lebih mudah dihafal?. Atau sebagai contoh lain adalah Indo-DigitaAgency.com dengan IndoDigitalAgency.com, mana yang lebih mudah dihafal?. Tentunya yang tanpa menggunakan tanda pemisah, bukan?.

Pilih Hosting Yang Aman Dan Terpercaya.

Setelah domain, pastikan hosting Anda adalah aman dan terpercaya yang dimana memiliki support 23 jam penuh. Jika Anda tinggal di Indonesia dan bahasa Inggris Anda pasif, tidak perlu menggunakan hosting dari luar. Kenapa?. Banyak penjual hosting di Indonesia yang berkualitas. Dan saya sendiri merekomendasikan menggunakan Klik Hosting yang dimana saya gunakan untuk blog ini dan Anda bisa menilai sendiri kualitasnya saat Anda mengunjungi blog ini.

Tapi jika Anda ingin menggunakan hosting luar, Anda bisa menggunakan Host Gator yang dimana jika Anda menggunakan kupon “AndhikaWijayaFriend” maka Anda akan mendapatkan potongan harga (Diskon) hosting sebesar $9.94 yang berarti Anda cukup membayar $0.01 di bulan pertama.

Navigasi Situs Yang Mudah dan Sitemap.

Kesalahan terkecil yang mampu berakibat fatal bagi pemilik situs atau blog adalah navigasi yang kurang rapi. Kebanyakan pengunjung (baca: visitor) paling malas untuk mengunjungi sebuah situs atau blog yang memiliki navigasi ribet. Misalnya yang seharusnya urutan adalah Home, About Us, Product/Service, Testimonial, Contact Us tapi karena tidak tersusun rapi menjadi Home, Products/Services, Contact Us, Testimonial, About Us. Hal terkecil ini, justru dipandangkan pengunjung adalah “blog ini tidak professional”.

Yang kedua adalah sitemap itu penting. Hasil survey dan pengamatan hemat saya dari blog ini adalah, hampir semua orang yang membaca artikel saya dan diam dengan nyaman sambil menikmati artikel demi artikel, mereka mendapatkan bukan dari fitur search yang saya pasang, melainkan dari Menu Sitemap yang saya berikan. Kenapa? Alasan yang simple adalah waktu setiap orang ada bayarannya.

Informasi Kontak Mudah Ditemukan.

Dalam hal ini, secara personal saya lebih suka melalui email dan yahoo messenger daripada meletakan nomor telp untuk dihubungi. Tapi beberapa orang lebih suka berbicara langsung daripada menggunakan yahoo messenger atau email sebagai alat komunikasi. Saya tidak menyarankan Anda harus mengikuti cara saya yang satu ini. :p

Informasi kontak sangat penting!. Kebanyakan pemilik situs atau blog menyembunyikan identitas dengan berbagai alasan. Dalam bisnis, Anda tidak bisa menyembunyikan identitas Anda kecuali memang tujuan situs atau blog Anda disusun untuk bisnis model advertising, itu pun Anda tetap membutuhkan halaman informasi kontak supaya orang lain bisa menghubungi Anda dan memasang iklan.

Apa yang dibutuhkan dalam halaman informasi kontak?. Jika Anda lihat halaman kontak pada blog saya ini, disana saya memberikan beberapa alternatif seperti isi form kontak, mobile phone untuk konsultasi (premium) dan beberapa email aktif yang dapat dipilih sesuai kebutuhan pengunjung. Dan It’s work! Silahkan Anda coba ikuti cara saya yang ada di halaman Contact Page saya.

Testimonial Pelanggan.

Kata jujur dari orang lain tentang pekerjaan maupun kualitas produk Anda dapat membantu produk atau jasa Anda terlihat menarik dan memberikan kepercayaan kepada calon pelanggan yang mengunjungi situs atau blog Anda.

Tapi ini adalah optional, yang berarti kalau situs atau blog Anda baru, jangan coba-coba untuk meletakan testimonial dalam bentuk tulisan. Kecuali dalam bentuk video. Kecuali situs atau blog Anda sudah lama dan dikenal.

Selalu Pasang “Call To Action”!.

Kesalahan umum pemilik situs atau blog yang memanfaatkan situs atau blog untuk bisnis baik dari segi memasarkan produk atau jasanya hingga hanya sekedar memberikan informasi bahwa mereka menjalankan bisnis, sering mengabaikan atau tidak memiliki “Call to Action!”. Tidak percaya?. Silahkan Anda search di search engine dan lihat berapa banyak situs atau blog yang hanya sekedar memberikan informasi bisnisnya tanpa memiliki “Call to Action!” agar pengunjung dapat menghubungi atau mengklik link yang ada. 🙂

Kualitas Konten Yang FRESH!.

Yang sering terjadi dari sebuah blog adalah kebanyakan menggunakan artikel yang di copy paste. Jika Anda search melalui search engine dengan topik “cara menghilangkan navigasi bar pada blogspot” Anda akan menemukan hampir semua artikel isinya sama dan sisanya tinggal pilihan bagi pengunjung untuk dapat mengunjungi situs yang mereka suka.

Berbeda jika Anda menulis sendiri dengan pengalaman dan pemikiran Anda tentunya ini adalah sebuah Fresh konten yang dimana merupakan tambang emas untuk Search Engine Optimization (SEO). Dengan kata lain, Anda tidak perlu membayar mahal untuk optimasi situs atau blog Anda jika mampu konsisten mengisi konten pada situs atau blog.

Tampilan Situs atau Blog Yang Bersahabat.

Hal yang paling sering diabaikan oleh banyak orang yang menjalankan bisnis mereka di Internet adalah hal mengenai tampilan situs atau blog.

Menurut banyak pemula adalah mempercantik atau membuat bagus blog adalah nomor kedua. Setelah mendapatkan PROFIT baru mencoba untuk membuat bagus situs atau blog. Pertanyaan saya adalah bagaimana Anda bisa mendapatkan PROFIT jika tampilan situs Anda tidak mampu mengangkat branding dari produk atau branding Anda?.

Jika Anda melakukan search di search engine, Anda akan menemukan banyak sekali blog dengan tampilan biasa aja dan dengan NOL visitor. Padahal produk yang ditawarkan sangat menarik.

Faktanya, visual adalah nomor pertama yang sering diperhatikan oleh pengunjung situs atau blog dan kedua baru konten. Kalau visual Anda biasa saja, hasilnya konten Anda akan terlihat biasa juga. Your Site/Blog is Who You Are.

Dengan mengeluarkan biaya diawal, tidak akan membuat rugi yang dimana Anda akan mendatangkan PROFIT secara berkala, bukan?. Karena itu, saya memiliki loyal klien yang mempercayai saya dalam membantu mereka membuat sebuah Powerful Branding Blog (Self Host) maupun Branding Blog Blogspot yang fungsinya untuk meningkatkan PROFIT dan Brand produk atau pribadi di Internet.

Semoga artikel saya tentang “9 Hal Yang Dibutuhkan Dalam Sebuah Situs Atau Blog” dapat membantu Anda untuk memulai langkah pertama dalam menjalankan Bisnis di Internet yaitu membuat atau memperbaiki struktur situs atau blog Anda.


Jangan lupa berikan Komentar terbaik Anda, karena nantinya akan menjadi Backlink buat BLOG Anda.

BTW! : Silahkan hubungi saya, jika Anda membutuhkan layanan Professional Consulting untuk Bisnis Anda atau “Powerful Branding Blog, Powerful Branding For Facebook Page, Advertising Services“, silahkan dapat langsung menghubungi saya melalui Contact Page, via Business Phone: 821-8344-9370, atau melalui email: Service@AndhikaWijayaKurniawan.com. Dan mari kita Diskusikan bersama untuk Keberhasilan Anda.

-- Bagikan dengan shortlink: https://is.gd/mzwfqk
X