Tips Pengusaha: Alasan Anda Gagal Jualan – Sering kali saya ketemu dengan pengusaha yang sedang tidak bergairah menjalankan bisnisnya. Bukan karena produknya tidak bagus, melainkan produknya tidak bisa dijual. Yang menjadi pertanyaan saya kepada mereka adalah “lho kok bisa produk bapak/ibu tidak bisa dijual?. Padahal pasarnya sangat luas“.

Waktu saya bilang begitu kepada mereka, yang terjadi adalah mereka bingung dan tanya balik, “tapi kenapa produk saya tidak ada pembelinya?“.

Ada berbagai alasan kenapa Anda gagal dalam jualan, dan dalam artikel kali ini, saya akan bagikan 3 (tiga) alasan Anda gagal jualan.

#1 – Belum Memiliki Strategi Jualan

Dalam jualan, wajib memiliki strategi jualan yang baik. Anda harus bisa menyusun strategi jualan yang membuat konsumen Anda dari ragu-ragu membeli produk atau jasa Anda, menjadi siap transaksi tanpa keraguan.

Strategi jualan setiap orang dan perusahaan berbeda-beda, karena itu, Anda harus sering lakukan trial & error, atau uji coba strategi yang tepat sesuai dengan visi dan misi Anda atau perusahaan Anda.

#2 – Belum Memiliki Nilai Unik

Dalam jualan, wajib memiliki nilai unik pada produk atau jasa yang Anda buat sendiri. Walaupun banyak yang menjual produk atau jasa yang serupa, tetapi kalau Anda bisa menaruh nilai unik kedalam produk atau jasa Anda, maka saya yakin, produk atau jasa Anda akan dicari-cari sekalipun pesaingnya banyak.

#3- Belum Memiliki Nilai Jual Sebuah Solusi

Dalam jualan, sangat wajib kalau produk atau jasa Anda memiliki solusi dari permasalahan calon pembeli. Karena setiap orang tidak ingin dijual, tetapi mencari sebuah solusi. Jadi, ketika produk atau jasa Anda memiliki sebuah solusi dari permasalahan, maka produk atau jasa Anda sudah pasti akan dicari-cari oleh calon pembeli, bahkan terjadi repeat-order.

Pertanyaan saya kepada Anda sekarang ini adalah: apakah produk atau jasa Anda memiliki jalan penyelesaian sebuah masalah (solusi) bagi calon pembeli?.

Kalau Anda masih berpikir dalam menjawab pertanyaan saya, maka Anda belum menemukan solusi dan alasan kuat, pembeli harus membeli produk atau jasa Anda.

Perhatikan 3 (tiga) alasan gagal jualan yang saya bagikan kepada Anda, kalau 3 (tiga) hal tersebut belum Anda lakukan, maka saran saya, langsung ambil kertas dan coret-coret untuk temukan:

  • Strategi Jualan,
  • Nilai Unik Produk atau Jasa, dan
  • Nilai Jualan Sebuah Solusi Permasalahan.

Semoga artikel Tips Pengusaha – Alasan Anda Gagal Jualan, dapat bermanfaat untuk perkembangan bisnis Anda dan tentunya Anda berhasil jualan dan mendapatkan keuntungan.


-- Bagikan dengan shortlink: https://is.gd/MhogXR
X