Coach, emang blog masih ada peminatnya?”, “Pak, apakah blog masih diminati oleh banyak orang?”, dan masih banyak lagi pertanyaan yang sama yang sering ditanyakan kepada saya.

Kalau Anda sedang membangun bisnis secara online atau Anda sudah memiliki bisnis secara online, maka blog adalah salah satu media agar Anda bisa berkomunikasi dengan pengunjung dan calon pembeli.

Hukum dari internet adalah tidak ada satu orang pun datang ke dunia digital untuk membeli, melainkan untuk mendapatkan informasi dan kalau terjadi pembelian karena tepat akan kebutuhan yang dicari, maka transaksi adalah bonus.

Untuk menjawab pertanyaan apakah menulis blog masih penting?. Maka jawaban saya adalah sangat penting.

Ada alasan lain tentang “Kenapa harus tetap menulis blog di era sekarang?”, selain berkomunikasi, blog juga bisa digunakan untuk meningkatkan rank website terhadap search engine.

Saya akan bagikan 4 Alasan Menulis Blog Penting untuk Search Engine Optimization (SEO).

#1 Menjaga Website Anda Tetap Segar

Jika Anda tidak secara teratur memperbarui situs web Anda, pengunjung Anda akan kehilangan kepercayaan pada informasi Anda. Bahkan diantara mereka mungkin berpikir Anda tidak lagi menjalankan bisnis tersebut.

Karena alasan ini, Google (sebagai bisnis) tidak ingin mengirimkan informasi yang ketinggalan zaman kepada para pencari. 

Memiliki blog yang aktif adalah cara yang baik untuk memberi tanda kepada mereka bahwa situs web Anda masih hidup dan menawarkan konten segar.

Ini juga memberikan alasan lebih banyak pada algoritma search engine untuk melakukan index situs web Anda lebih sering, menjaganya agar tetap berada di radar mereka dari waktu ke waktu.

#2 Membuat Orang Di Website Anda Lebih Lama

Prioritas nomor satu Google adalah memberikan para penggunanya informasi yang bermanfaat yang mereka cari, sehingga mereka akan kembali menggunakan Google lagi dan tidak hanya Google, semua search engine seperti BING pun juga seperti itu.

Jadi ketika seseorang mengklik suatu hasil dan tetap berada di situs web untuk sementara waktu, itu memberi tanda kepada search engine bahwa situs web ini sebenarnya sangat membantu.

Ini penting!. Seseorang yang datang ke situs web Anda dari posting blog yang muncul di hasil pencarian akan memiliki lebih banyak alasan untuk bertahan sebentar dan membaca semuanya daripada seseorang yang mendarat di halaman dengan lebih sedikit teks atau informasi.

Pengalaman saya dalam SEO dan memberikan Workshop SEO telah menemukan bahwa posting blog bentuk panjang cenderung memiliki kinerja lebih baik daripada pendek. Rata-rata hasil halaman pertama di Google hampir 2.000 kata dan itu minimal. 🙂

#3 Membantu Anda Menargetkan Kata Kunci Long-Tail

Banyak orang mulai melakukan SEO dan membidik kata kunci yang paling relevan untuk bisnisnya. Misalnya, jika Anda menjual baju olahraga dan Anda ingin tampil di halaman satu, maka di dalam blog tersebut diberikan kata kunci ”baju olahraga”.

Walaupun itu adalah tujuan yang bagus, kecuali jika Anda adalah brand “baju olahraga” terbesar di negara ini, Anda mungkin akan mengalami kesulitan mendapatkan tempat teratas untuk pencarian itu. 

SEO sangat kompetitif. Taruhan terbaik untuk sebagian besar brand adalah mencari kata kunci yang lebih lama, lebih spesifik yang dicari orang dan yang relevan dengan bisnis.

Kata kunci yang lebih spesifik ini disebut kata kunci long-tail dan sangat penting untuk strategi SEO apa pun. Setengah dari semua pencarian adalah terdiri dari empat kata atau lebih. 🙂

Namun, tidak semua kata kunci long-tail efektif. 

Jika Anda mencari kata kunci yang panjang (misal: Belajar bahasa Inggris), upaya pemasaran konten Anda hampir pasti tidak akan menempati peringkat 10 besar Google, karena persaingan kata kunci yang sangat sengit.

Tapi, jika Anda menargetkan kata kunci long-tail (missal: Alat terbaik untuk belajar bahasa Inggris online), maka mungkjn Anda dapat dengan mudah memberi peringkat teratas secara organik untuk frasa kunci itu dan beberapa lainnya.

Mungkin yang search kata kunci tersebut tidak terlalu banyak seperti halnya “belajar bahasa Spanyol”, tetapi mereka yang datang adalah orang-orang yang jelas dan masuk dalam target Anda.

Jika Anda bisa masuk ke halaman satu, Anda akan mendapatkan lebih banyak trafik dari ini kata kunci long-tail dari pada halaman lima atau sepuluh untuk istilah yang lebih populer.

#4 Membantu Anda Terhubung dengan Audiens Anda

Kita semua tahu pepatah “orang berbisnis dengan orang yang mereka sukai“. 

Jika Anda ingin sukses sebagai blogger, Anda tidak dapat menempatkan tampilan terlebih dahulu, melainkan Anda harus mengutamakan orang lain atau pengunjung. 

Anda harus melihat audiens Anda sebagai aset paling berharga yang Anda miliki dan pikirkan bagaimana Anda dapat mempertahankan aset itu dalam jangka panjang.

Ketika audiens Anda menyukai artikel-artikel yang mereka baca, maka biasanya mereka akan lebih cenderung membagikannya, mengarahkan lebih banyak trafik ke web Anda, kembali lagi ke web Anda untuk melihat lebih banyak konten Anda dan bahkan mungkin mendaftarkan email mereka untuk menanti artikel terbaru Anda..

Ketika Anda mendapatkan banyak trafik dan pengunjung berulang, itu menunjukkan kepada search engine bahwa orang menyukai web Anda dan dengan begitu search engine akan meningkatkan tingkat otoritas Anda dalam algoritma mereka.

Saya sudah mulai menulis blog ini sejak tahun 2009 serta beberapa blog saya lainnya termasuk yang personal – andhikawijayas.wordpress.com, dan menurut saya, blog adalah cara yang terbaik untuk networking dan mulai menjalin hubungan jangka panjang dengan orang-orang yang ingin Anda jangkau (audiens).

Shares
X