Jangan Salah Definisikan atau Mengartikan Internet Marketing, Jika Anda Sebagai Pemula.

Banyak sekali saya temukan orang-orang yang dengan lantang mengatakan, “Kerjaan saya dirumah sebagai Internet Marketing.. cuman Klik Iklan dan Dapet duit..” dan tidak sedikit saya temukan orang-orang yang menjawab, “Internet Marketing itu.. ya dapet duit dari Internet dengan pasang Adsense di BLOG dan pasang Link Affiliate di BLOG juga..” ketika saya tanya mengenai Internet Marketing. So, What Is Internet Marketing?.

Sebelumnya saya akan pisahkan dan jelaskan secara singkat 2 hal yang berbeda antara Internet dan Marketing. Berdasarkan Kamus Dunia Internet dan Kamus Dunia Marketing:

      • Internet adalah Jaringan Komunikasi yang menghubungkan Jaringan Komputer dan Fasilitas Komputer yang terorganisir di seluruh Dunia.
      • Secara singkat, Marketing adalah Kegiatan, Proses atau Teknik Promosi, Penjualan suatu Product atau Jasa.


Kalau secara Panjangnya, Marketing adalah Proses dimana sebuah perusahaan/ seseorang membuat pelanggan memiliki minat pada produk atau jasa.

Oleh karena itu Marketing bisa menghasilkan Strategi yang mencakup Teknik Penjualan, Communication Business, dan Pengembangan Bisnis.

Marketing juga merupakan Proses dimana Perusahaan/ seseorang membangun hubungan yang kuat kepada Pelanggan dan menciptakan nilai bagi pelanggan. Panjangkan.. 😀

Jadi, Internet Marketing secara singkat padat dan jelasnya adalah Suatu Proses Perusahaan/ seseorang membuat pelanggan memiliki minat pada product atau jasa yang dijual secara Online.

Tidak jauh berbeda dengan Marketing Konvensional, dalam Internet Marketing juga dibutuhkan Strategi yang mencakup Teknik Penjualan (SEO/Adwords), Komunikasi Bisnis (Sales Letter), dan Pengembangan Bisnis. 🙂 Hampir sama kan?.

Ok, lebih singkatnya lagi..

Internet Marketing adalah Proses Penjualan Product atau Jasa secara Online dengan menggunakan Teknik Pemasaran dan Komunikasi yang dapat menarik Pelanggan untuk membeli Product atau Jasa yang ditawarkan. 🙂

Internet Marketing bukan Klik Iklan dan dapet duit

Kegiatan Internet Marketing dibagi dalam 2 bagian, yaitu:

    1. Penjualan Produk/Jasa Sendiri (Product Owner)
    2. Penjualan Produk/Jasa Orang Lain (Affiliate Marketing)

Sebelumnya saya sudah pernah menjelaskan tentang Affiliate Marketing dan bisa dibaca disini.

Lalu bagaimana dengan Penjualan Product/Jasa Sendiri (Product Owner)?

Anda membuat Product atau Memiliki Product dan menjualnya secara Online sudah bisa disebut kegiatan Internet Marketing. Produk itu sendiri juga mencakup 2 Jenis Product, yaitu:

    1. Produk Fisik (bisa disentuh/Real) seperti Pakaian, Alat Tulis, Alat Elektronik, Kerajinan dan sebagainya yang bisa disentuh oleh tangan kita.
    2. Produk Digital (tidak bisa disentuh) seperti eBook, Video, Lagu, File dan sebagainya yang tidak dapat disentuh oleh tangan kita.

Sekarang Anda sudah mengetahui pemahaman dasar Internet Marketing dengan baik dan benar. So, bukannya Klik Iklan dan dapat duit. 😛

Semoga Pengalaman dan Tips yang saya bagikan dapat bermanfaat bagi Anda.

 

-- Bagikan dengan shortlink: https://is.gd/oXfd9T
X