Ternyata masih banyak orang yang salah mengartikan Affiliate Marketing dengan Internet Marketing. Banyak sekali yang bertanya-tanya kepada saya mengenai kedua hal tersebut.

Pada dasarnya, Affiliate Marketing adalah seperti seorang karyawan Salesman yang bekerja. Anda bergabung dengan suatu perusahaan maka anda harus membantu mereka menjual produk mereka dan Anda akan mendapatkan komisi dari penjualan Anda.

Hal yang membuat Anda berbeda dari Salesman Offline (Kantoran) adalah Anda dapat bekerja dengan begitu banyak perusahaan dan menjual berbagai jenis produk pada waktu yang sama dan membuat pendapatan yang Luar Biasa Besar dari Komisi anda.

Dan Affiliate Marketing ini menjadi salah satu Kegiatan dalam Bisnis Online yang begitu Populer sekali. Kenapa?. Karena kalau Anda dalam Dunia Nyata, Anda tidak bisa bekerja dengan banyak perusahaan, karena itu sangat ilegal. Tetapi dalam Dunia Maya (Internet), Anda dapat bekerja dengan banyak perusahaan dan tentu saja hal ini akan menjadi keuntungan besar bagi Anda. Kata lain dari seorang Affiliate Marketing dalam Bisnis Nyata adalah seorang Broker (Makelar).

Bagaimana Affiliate Marketing ini bekerja?.

Misalnya, ketika Anda telah menemukan beberapa produk untuk dijual (online / di internet), maka Anda melihat bahwa situs Brand/Merchant (situs produk) mereka menyediakan program Affiliate, Anda dapat mendaftarkan diri Anda ke dalam program Affiliate tersebut. Yang harus Anda lakukan hanya mengisi formulir pendaftaran. Merchant akan meminta Anda untuk mengisi nama, alamat, jenis pembayaran yang Anda inginkan, atau email, nomor telepon Anda dll. Setelah itu Anda akan mendapatkan panduan untuk membaca semua perjanjian kerjasama Affiliate dari mereka, daftar yang dimana semua apa harus dan boleh dilakukan atau tidak boleh dilakukan selama Anda bergabung dengan program Affiliate mereka. Setelah Anda setuju dengan semua kesepakatan, Anda akan mendapatkan link Affiliasi Anda sebagai ID Anda. Sebagai contoh, biasanya Link Affiliate adalah seperti berikut:

http://www.AndhikaWijayaKurniawan.com/?id=12345.
atau
http://www.AndhikaWijayaKurniawan.com/?id=NamaAnda.

Langkah selanjutnya adalah mempromosikan ID Anda (link Affiliate), misalnya Anda dapat meletakkan link tersebut pada website Anda, atau dalam email Anda sebagai Signature (tanda tangan), dan tentu saja berharap bahwa seseorang akan klik ID (link) tersebut dan membuat beberapa membeli dari ID (link) Anda dan Anda akan mendapatkan komisi.

Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar dibawah :


(Gambar diatas diambil dari situs www.Wikipedia.com)


Keterangan :
Step 1,
Anda dapat lihat bahwa Costumers yang ingin belanja suatu product di Internet akan mengunjungi situs buatan Anda.

(Pada step atau langkah ini, tentu dipastikan bahwa Anda sudah memiliki sebuah MiniSite dan sudah bekerjasama dengan Merchant untuk penjualan Product)

Step 2,
Sesudah Costumers memilih Product dari situs Anda, maka ketika Customers melakukan klik Link pada Product yang sudah Anda lakukan kerjasama dengan Merchant, maka Customers akan secara otomatis di Follow Up oleh Merchant tersebut.
(Pada step atau langkah ini, tentu diharapan bahwa Customers membeli product Anda dan Anda mendapatkan komisi. Karena itu pada tahap penjualan dibutuhkan sebuah Sales Letter yang menarik)

Step 3,
Setelah Custumers di Follow Up oleh Merchant Anda dan terjadi suatu Transaksi Pembelian maka Anda akan diberikan atau mendapatkan komisi dari Merchant Anda.
(Pada step atau langkah ini, Anda hanya perlu melihat perkembangan antara Merchant dengan Customers Anda)

Hanya dengan 3 Langkah tersebut, Anda sudah dapat menjadi seorang Affiliate Marketing. Namun banyak yang gagal karena tidak tahu bagaimana cara memulainya. Saya dapat mengatakan bahwa untuk menjadi seorang Affiliate Marketing Mudah dan Tidak Mudah. Karena selain 3 Langkah tersebut, masih dibutuhkan 3 Pendukung yaitu Skill, Knowledge dan Experience.


Semoga Pengalaman dan Tips yang saya bagikan dapat bermanfaat bagi Anda.

-- Bagikan dengan shortlink: https://is.gd/DYMBQU
X