Melakukan optimasi mesin pencari atau sering disebut search engine optimization, disingkat SEO, saat ini adalah keharusan bagi semua pemilik bisnis yang memiliki situs untuk usahanya.

Dalam melakukan optimasi pada search engine, tentunya Anda memiliki strategi-strategi yang mampu mendongkrak situs menjadi Top 10 halaman pada Google atau search engine lainnya. Misalnya dengan membangun link (link building) menggunakan social bookmarking dan sebagainya.

Sejak Google melakukan update algoritma terbaru dengan beberapa istilah seperti Panda, Humingbird dan lainnya, istilah white hat dan black hat pada SEO sudah bukan lagi menjadi pembahasan/persoalan dan hal yang boleh atau tidak boleh. Melainkan semua strategi menjadi benar selama tidak menggangu algoritma Google atau mengakali algoritma Google dengan manuver yang licik.

Tapi hati-hati juga dengan beberapa cara atau strategi search engine optimization yang dapat merusak peringkat situs tanpa Anda sadari.

Dalam artikel kali ini, saya ingin berbagi kepada Anda tentang 4 Strategi SEO yang dapat merusak peringkat situs Anda, yang mungkin sudah Anda lakukan. Kalau benar, maka segera mungkin Anda perbaiki.

#1 Membeli BackLink

Pernah lihat atau dengar tentang “membeli backlink” atau “buying backlink”?. Kalau Anda coba memasukan kata kunci tersebut, maka Anda akan melihat begitu banyak jasa yang menawarkan jasa layanan beli backlink untuk meningkatkan peringkat situs Anda secara cepat.

Yang menjadi permasalahan adalah apakah situs yang akan di link kepada Anda adalah situs yang benar-benar berhubungan dengan situs Anda?. Atau dengan industri bisnis Anda?. Dan apakah situs-situs tersebut memiliki reputasi yang baik?.

Jika terdapat beberapa situs dengan reputasi yang bagus melakukan link back situs Anda, maka itu hal yang sangat bagus untuk SEO. Tapi kalau Google tahu bahwa setiap link yang melakukan link back adalah link yang dibayar atau dibeli, maka resikonya adalah Google bisa menghapus situs Anda dari hasil pencarian pada search engine. Yang artinya, situs Anda tidak akan pernah tampil dalam pencarian apapun di search engine.

#2 Konten Yang Tidak Relevan

Bagi seorang blogger, menulis sebuah konten yang tidak relevan adalah hal yang biasa. Kenapa?. Karena situs meraka adalah situs personal yang ditulis hanya sekedar berbagi pengalaman. Tetapi peratikan dan bedakan saat mereka (blogger) membuat blog untuk fokus mencari penghasilan atau dijadikan bisnis, maka si penulis blog akan membuat situs baru yang kontennya relevan atau konsisten dengan goal situs yang dibuat.

Hati-hati dalam membuat sebuah konten untuk situs bisnis Anda.Pastikan konten Anda relevan dengan bisnis yang Anda jalankan.

Search Engine Google sangat mendukung dan menghargai situs Anda dan jika Anda membuktikannya kepada konsumen, maka Google pasti akan melihatnya dan memberikan nilai pada situs Anda.

#3 Komentar SPAM!

Salah satu strategi SEO yang berpengaruh adalah melakukan komentar di blog lain dan meninggalkan link situs agar menjadi good backlink. Tapi sayangnya, beberapa pemilik bisnis memutuskan untuk menggunakan layanan jasa komentar blog untuk melakukan spam situs dengan memasukan link back ke situs-situs yang ditargetkan.

Cara tersebut tidak salah jika dilakukan dengan tepat, yang menjadi permasalahan adalah cara berkomentar yang terkadang ingin cepat dan cara berkomentar yang salah. Seperti menuliskan target keyword pada kolom nama dan komentar yang singkat seperti hanya ingin titip link. Jika ini yang Anda lakukan, postingan komentar Anda tidak akan di approve oleh pemilik blog (moderator blog).

Kerugian lainnya adalah cara ini dapat merusak merek apabila terdapat pelanggan yang melihat bahwa link situs Anda ternyata melakukan komentar yang bersifat spam dan tidak ditulis dengan baik.

Silahkan baca artikel saya yang berisi tentang video “cara berkomentar yang baik dan mendapatkan backlink berkualitas”.

#4 Link Anchor Text Yang Berlebihan

Sebuah link anchor text merupakan sebuah kata kunci atau kalimat spesifik dalam teks pada situs yang berupa hyperlink ke suatu URL situs. Contohnya seperti yang saya lakukan diatas tentang link untuk “cara berkomentar yang baik dan mendapatkan backlink berkualitas” yang dimana saya hyperlink menuju artikel saya yang terkait.

Link kata kunci bisa bermanfaat baik bagi SEO, tapi kita harus menggunakannya dengan hati-hati. Dalam rangka membangun peringkat terbaik, rasio kat kunci harus tampil normal agar Google dan mesin pencari lainnya tidak menilai aneh. Itu artinya, kita harus cermat dalam membuat link anchor text dalam satu artikel. Jangan kekurangan dan juga jangan berlebihan.

Pastikan link anchor text pada konten Anda berhubungan dengan hal-hal yang diinginkan oleh calon konsumen ketika mereka akan mencari kata kunci di search engine.

-- Bagikan dengan shortlink: https://is.gd/612vxx
X