Kalau berbicara tentang Pandemi COVID-19 (Corona) saat ini, tentu bukan hanya tentang sosial dan kemanusiaan. Ada juga pembahasan tentang keuangan dan bisnis/usaha.

Hampir setiap hari saya menerima panggilan skype messenger, whatsapp dan telegram messenger untuk mendengarkan, melayani pemilik bisnis yang terkena dampak dari pandemi dan terakhir memberikan solusi. Mungkin salah satunya yang pernah konsultasi dengan saya adalah Anda yang membaca artikel ini.

Saya tidak ingin Anda berlarut-larut dalam masalah pandemi ini, melainkan sebagai coach Anda, saya ingin mengajak Anda untuk maju selangkah dari mereka yang masih berputar-putar didalam pandemi COVID-19 ini.

Dalam artikel kali ini, saya ingin membagikan kepada Anda 4 bidang bisnis yang akan booming setelah COVID-19 (Corona), sehingga Anda bisa mulai lebih awal untuk mempersiapkan salah satu bisnis yang mungkin Anda tertarik jalankan.

#1 Bisnis Di Bidang Kebutuhan Pokok

Saya yakin sekali dengan adanya pandemi COVID-19 saat ini, maka sandang, pangan dan papan semakin dicari dan semakin dibutuhkan. Makanya tidak heran banyak yang beli makanan untuk disimpan.

Setelah COVID-19 berakhir, kejenuhan orang akan berakhir juga. Yang berarti bisnis di bidang kebutuhan pokok khususnya makanan akan menjadi hal pertama yang dicari. Seperti foodcourt, cafe-cafe, tempat ngopi dan lainnya yang bisa digunakan untuk hangout.

Kemudian kebutuhan akan fashion akan menjadi salah satu yang perlu diperhatikan, karena kemungkin faktor X yang membuat fashion menjadi sebuah kebutuhan.

#2 Bisnis di Industri Pariwisata

Kalau penyebab industri pariwisata menjadi sepi karena lockdown, maka setelah COVID-19, industri pariwisata akan menjadi salah satu yang berada di dalam list catatan untuk keluar dari suasana jenuh.

Kalau Anda ingin mulai berbisnis, maka souvenir, travel & ticketing, tour guide, akan menjadi salah satu bisnis yang cukup menjanjikan setelah COVID-19.

#3 Bisnis di Industri Digital

Bersyukur adanya COVID-19 sehingga negara Indonesia menjadi negara yang tidak tertinggal untuk industri digital.

Kalau sebelumnya saat kita memasuki industri 4.0 yang dimana masyarkat Indonesia masih setengah-setengah, maka pandmi COVID-19 membuat hampir semua orang memanfaatkan internet untuk berkomunikasi, belanja kebutuhan, berbisnis dan lainnya.

Karena itu industri digital yang akan booming setelah COVID-19 akan mengarah pada 4 segmen yaitu Entertainment, Ecommerce, Payment dan Education.

Sekarang saatnya Anda mulai serius dan mencari digital agency untuk membantu Anda membuat website Ecommerce.

#4 Bisnis di Industri Layanan

Percayakah kalau bisnis yang tidak terkena dampak dari pandemi COVID-19 adalah bisnis dibidang jasa atau layanan?.

Sudah percaya saja ya. 🙂

Setelah COVID-19 ini, bisnis di industri layanan yang akan dicari oleh banyak orang adalah penyedia kantor online (virtual office) dan juga penyedia kantor sementara (co-working space).

Karena sudah terbiasa menjalankan bisnis dari rumah, maka kantor atau ruko atau gedung perkantoran bukan lagi menjadi sebuah hal yang harus diutamakan dalam bisnis. Maka alternatifnya adalah orang akan menjadi Virtual Office dan Co-working Space.

Kemudian layanan digital agency, yang akan semakin dicari karena kesadaran akan era sekarang membutuhkan website dan digital marketing, maka kalau Anda memiliki skill IT dan digital marketing, siap-siap Anda akan dicari.

Berikutnya adalah layanan antar seperti go-send, grabsend, antaraja, sicepat, JNE dan lainnya akan semakin ramai dan mungkin akan bermunculan layanan antar lainnya karena melihat peluang saat COVID-19.

Ok, selain 4 bidang bisnis tersebut, yang ingin saya sampaikan adalah apapun bisnisnya selama masih masuk dalam 4 (empat) kategori yang saya sebutkan, adalah bisnis yang akan booming setelah pandemi COVID-19.

Sekarang, tinggal Anda yang memutuskan apakah Anda ingin mulai duluan atau menunggu teman Anda yang mulai. 🙂



.
0 :thumbsup:
0 :heart:
0 :joy:
0 :heart_eyes:
0 :blush:
0 :cry:
0 :rage:
X