Apa itu Serial Entrepreneur?. Saya sangat sering dipertanyakan tentang hal ini ketika sedang diundang presentasi atau diundang untuk sharing tentang entrepreneurship.

Istilah Serial Entrepreneur memang belum banyak diketahui oleh banyak orang, terutama di Indonesia, yang hanya tahu kalau wirausahawan atau pengusaha, bahasa Inggris-nya adalah Entrepreneur. 🙂

Jadi apa itu Serial Entrepreneur?. Secara singkatnya, Serial Entrepreneur adalah seseorang yang memiliki banyak bisnis, dengan bidang yang berbeda-beda.

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard Business School, seseorang Serial Entrepreneur cenderung untuk lebih sukses dibandingkan dengan first time entrepreneur karena serial entrepreneur memiliki persistensi dalam memilih industri yang tepat untuk memulai usaha baru.

Sebagai contoh, saya memiliki bisnis di bidang edukasi – training – consulting yaitu AWK Academy International, karena saya bergerak di bidang digital, maka saya juga memiliki bisnis di bidang jasa penyedia domain dan hosting, yaitu IDHOST, kemudian berhubung banyak yang mengajak kerjasama dan salah satunya Microsoft Indonesia serta beberapa vendor dibidang teknologi, akhirnya bangun lagi bisnis dibidang IT Services & Infrastruktur yaitu AWK Webhost Indonesia, yang juga induk perusahaan dari IDHOST.

Karena passionate saya dibidang digital dan ingin membantu banyak orang yang tidak bisa membuat website, akhirnya saya bangun bisnis Digital Marketing Agency, yaitu IdeaX Digital.

Melihat peluang dunia games dan saya juga suka main games, akhirnya saya bangun esports team dan sekaligus kerjasama dengan Google Voucher serta beberapa vendor yang untuk menjual Voucher Game, yaitu IXD Play.

Melihat peluang bisnis international dropshipping, akhirnya saya jalanin dan bangun komunitas serta tempat belajar bisnis international dropship, yaitu interdropship.com.

Melihat peluang dan era saat ini adalah beralih ke podcast, maka saya juga membuat podcast yang bisa diakses dibeberapa channel seperti Spotiy, iTunes, Google Podast dan lainnya, yaitu AWK Podcast.

Melihat peluang bahwa saat ini banyak orang terjun ke internet tapi tidak tahu bagaimana cara mengumpulkan database konsumen, akhirnya saya bangun Indonesia’s #1 Email Automation Platform, yaitu ConverTarget™.

Berhenti sampai disanakah?. Tidak, Serial Entrepreneur adalah juga orang yang memiliki passion dalam berbisnis, passion dalam uji coba sesuatu yang baru, passion dalam suka menyelesaikan masalah demi masalah yang baru.

Karena itu, saya juga kerjasama dan memiliki marketing channel dengan salah satu dealer Motor Yamaha Indonesia dan akhirnya sepakat membangun bersama penjualan motor secara online untuk wilayah Jakarta dan Jabodetabek baik secara individual atau perusahaan, yaitu PesanMotor.id.

Saya suka dengan menjalin network, dan saya bangun peluang menghasilkan passive income hingga 30X lipat penghasilan, yang akan segera saya launching tahun ini, yaitu 30X Passive Income.

Saya suka brainstorming, akhirnya saya buka program baru namanya AWK Mastermind. Ada lagi yang sedang direncanakan adalah komunitas edukasi dibidang Binary Option dan Forex didalam wadah yang disebut Bina FX Trade, dan masih banyak lainnya.

Intinya adalah seorang Serial Entrepreneur merupakan seorang pengusaha yang menjalankan bisnis dengan bidang yang berbeda-beda dalam satu waktu atau dalam periode tertentu.

Serial Entrepreneur memiliki Strenghts atau kekuatan di ide bisnis dan mahir melihat peluang serta fast executor atau menangkap peluang dengan cepat.

Artikel catatan saya berikutnya akan saya bagikan 3 hal yang harus diperhatikan untuk menjadi seorang Serial Entrepreneur, tetapi dalam artikel catatan kali ini, saya ingin bagikan 4 tipe serial entrepreneur yang mungkin ternyata sudah Anda jalankan.

#1 Tipe Folder

Apakah Anda memiliki banyak bisnis dan sudah menjalankan bisnis tersebut tetapi belum berhasil?. Nah Serial Entrepreneur tipe Folder adalah mereka yang senang menggerakan bisnisnya selama bertahun-tahun, namun hasilnya tidak terlihat. Makanya tipe Folder, tidak memiliki beban ketika harus menutup atau meninggalkan atau menjual bisnisnya.

Buat Serial Entrepreneur tipe Folder, investasi atau modal yang sudah dikeluarkan, mereka tidak memikirkan akan kembali lagi. Mereka menganggap kegagalan bisnis adalah bagian terpenting dalam sebuah bisnis.

#2 Tipe Flipper

Serial Entrepreneur tipe Flipper sering dimiliki oleh mereka yang bergerak di industri startup digital, yang goal utamanya adalah bangun bisnis sampai berhasil kemudian dijual ke investor atau menjual bisnisnya ke orang lain yang ingin melanjutkan, lalu pindah ke bisnis lain lagi.

Serial Entrepreneur tipe Flipper, bukan menjual bisnisnya karena bangkrut melainkan bisnis tersebut dijual saat lagi jaya atau sedang berkembang dengan sangat pesat. Biasnya tipe Flipper, suka dengan portfolio “pernah” menjalankan dan memiliki bidang bisnis tertentu.

#3 Tipe The Milker

Tipe yang tidak suka terikat dengan bisnisnya sendiri, karena itu biasanya Serial Entrepreneur tipe The Milker adalah seorang yang suka memulai bisnis, tapi tidak mengurus bisnisnya. Melainkan merekrut seorang General Manager atau seorang Direktur untuk menjalankan bisnisnya untuk mengerjakan operasional harian, lalu si serial entrepreneur tipe ini beralih ke bisnis lainnya dan hanya menjadi pemegang saham.

Memiliki mindset bahwa bisnis yang besar adalah bisnis yang cukup merepotkan, karena itu tipe The Milker selalu ingin bisnisnya terlihat kecil dan sederhana.

Bisa mempekerjakan lebih banyak orang adalah kunci kekayaan dan kebebasan bagi tipe The Milker ini yang menurut saya agak aneh tetapi saya juga memiliki teman yang tipenya begini. 😀

#4 The Gnat

Ini adalah tipe saya!. The Gnat adalah seorang pengusaha yang senang memulai bisnis baru sambil menjalankan bisnis lainnya yang sudah ada. Tipe The Gnat memiliki pemikiran kalau menjalankan satu bisnis itu membosankan. 😀

Tipe The Gnat biasanya selalu memulai bisnis yang penuh perhitungan dan harus menghasilkan reveneu minimal buat operasional bisnis yang dijalankan. Bagi tipe The Gnat, profit adalah sebuah bonus, tetapi bisnis yang didirikan dari awal dan sampai bisa besar adalah sebuah pencapaian dan kebanggaan, setelah itu cari peluang dan bangun bisnis lain lagi, kembangkan dan menjadi besar lagi.

Tetapi kelemahan tipe The Gnat, kalau bisnis tersebut diperhitungkan hanya menghasilkan reveneu yang sangat kecil tetapi kerjanya butuh effort, maka tipe Gnat, biasanya tidak akan menjalankan dan memilih peluang lain yang butuh effort dan reveneu yang seimbang.


Kunci menjadi seorang Serial Entrepreneur adalah leadership dan less-ego yang berarti Anda tidak harus mengurus bisnis Anda sendirian karena Serial Entrepreneur bukan Solo-preneur, terpenting adalah membangun tim yang solid.

Dari 4 tipe serial entrepreneur, Anda tipe yang mana?. atau masih membantu perusahaan sambil merintis bisnis?. Apapun yang sedang Anda lakukan dan akan Anda capai, yang paling penting adalah lakukan dengan passion, sehingga tidak ada beban dalam mengerjakan pekerjaan yang saat ini Anda jalankan.

X