Sudah siapkah Anda dengan menghadapi Trend Digital Marketing Di Tahun 2019?.

Tidak terasa sudah memasuki Januari yang merupakan awal dari tahun 2019.

Awal memasuki tahun 2018, ada begitu banyak perubahan dalam dunia pemasaran (marketing) dan khususnya secara digital yang memiliki peran begitu besar dalam industri 4.0 di Indonesia, dan prediksi saya sudah dituangkan melalui AWK Notes: Trend Digital Marketing Di Tahun 2018.

Perpindahan cara pemasaran, cara berjualan dan cara bertransaksi dari konvensional (offline) menjadi digital di tahun 2018 membuat hampir semua masyarakat Indonesia “terguncang” dan bahkan berita-berita di media mengatakan bahwa banyak bisnis konvensional (offline) atau toko-toko mengalami bangkrut, benarkah?.

Awal Dari Disruption?

Tahun 2017 adalah awal dari perubahan industri 3.0 menuju industri 4.0, yang berarti sebenarnya dari tahun 2017 sudah dipersiapkan akan terjadi perubahan dalam industri 3.0 secara dunia menjadi industri 4.0 atau era digital.

Tahun 2018 adalah perpanjangan transisi dari tahun 2017 yang dimana generasi saat ini hanya melanjutkan yang telah berjalan, oleh karena itu tidak heran bahwa menjalankan bisnis di era digital lebih dikuasai oleh anak-anak muda dengan caranya yang digital.

Bagaimana dengan tahun 2019?

Tahun 2019 akan sangat menarik sekali, karena teknologi semakin berkembang dan kemudahan demi kemudahan akan memanjakan masyarakat khususnya di Indonesia.

Mau tidak mau cara berjualan dan cara pemasaran bagi perusahaan juga sudah harus berubah mengikuti perkembangan era digital dan teknologi agar mendapatkan perhatian dari konsumen di era digital.

Pelaku bisnis dan perusahaan, sudah tidak bisa lagi menggunakan ego dengan mempertahankan cara lama, melainkan harus berubah dan mengikuti perkembangan era atau zaman.

Bagaimana Trend Digital Di Tahun 2019?

Ini sangat menarik sekali, ketika saya memperhatikan dan melakukan riset hampir selama 3 bulan yaitu sejak Oktober 2018 – Desember 2018, bahwa akan ada perubahan era digital yang signifikan, dan ada juga yang tidak berubah melainkan berkembang dengan sangat pesat.

Trend Digital Tahun 2019 akan mengarah kepada teknologi Augmented Virtual Reality (A.V.R) yang dimana hampir semua brand gadget yang Anda dan saya kenal, akan mengeluarkan fitur A.V.R yang walaupun di tahun 2018 telah keluar, tetapi di tahun 2019 akan semakin dikembangkan.

Baiklah, saya akan mulai bahas Trend Digital Marketing 2019.

#1 Augmented Virtual Realtiy (A.V.R)

Dalam Trend Digital Marketing 2019 kali ini saya memasukan trend A.V.R yang akan berkembang. Terlihat dengan semakin banyak pengguna social media yang tidak sadar sering menggunakan fitur A.V.R yang awalnya dikeluarkan oleh Snapchat dan kemudian di ikuti oleh Instagram serta lainnya.

Bukan hanya dalam hal social media, saat ini beberapa perusahaan juga telah memanfaatkan A.V.R untuk media promosi, sebut saja salah satunya adalah ARMAX, yang fokus dalam pengembangan Augmented Reality diberbagai bidang salah satunya adalah untuk Wedding Invitation (Undangan Nikah).

Bahkan ARMAX mengembangkan juga untuk booth photo dalam pernikahan dan tidak menutup kemungkinan untuk media promosi lainnya.

Apabila Anda tertarik membuat kartu undangan nikah atau booth photo dengan sistem Augmented Virtual Reality, Anda bisa hubungi langsung ARMAX melalui hadiwinata2003@yahoo.com atau 0818143775 (Hadi Winata)

A.V.R juga bisa digunakan dalam hal mengajarkan tata cara ibadah, seperti yang dilakukan oleh KartuMuslim.com.

Bahkan beberapa perusahaan mainan anak juga telah menggunakan A.V.R untuk memberikan edukasi berbasis virtual reality kepada anak.

#2 Chat Bot & Artifical Intelligence

Pada artikel Trend Digital Marketing 2018, salah satu trend yang saya highlight adalah bahwa AI dan Chatbot akan segera berkembang digunakan bukan hanya oleh perusahaan maupun individual untuk meningkatkan penjualan bahkan digunakan untuk layanan konsumen yang bekerja 24/7.

Memasuki tahun 2019, AI dan Chatbot akan semakin diminati dan akan semakin banyak pengguna chatbot untuk berbagai bidang khususnya di Indonesia.

Oleh karena itu, salah satu perusahaan saya, Ideax Digital International juga telah membantu banyak sekali perusahaan maupun pelaku bisnis dalam pembuatan Chatbot Messenger baik untuk layanan konsumen maupun sekedar leads database.

Termasuk beberapa perusahaan di tahun 2018, sudah mulai mengundang saya untuk memberikan pelatihan mengenai Chatbot Messenger secara sederhana yang bisa diaplikasikan langsung.

#3 Smart Voice

Salah satu perusahaan yang sedang mengembangkan secara besar-besaran Smart Voice adalah Google.

Tahun 2018, Google mengeluarkan sebuah aplikasi yang bernama Google Assistant yang tujuannya adalah membantu dan mempermudah pengguna Android untuk bisa dengan cepat meng-operasional-kan gadgetnya dan menggunakan Google hanya dengan menggunakan suara.

Smart Voice berkembang bukan hanya pada aplikasi Google, melainkan kabarnya SIRI kepunyaan Apple dan Alexa punya Amazon juga sedang dikembangkan untuk mempermudah aktifitas pengguna masing-masing.

Di tahun 2019, Smart Voice akan semakin berkembang yang mungkin diawali oleh Google Assistant.

#4 GPS Mobile Marketing

Perubahan terjadi pada aplikasi penunjuk jalan, seperti aplikasi WAZE, yang sering saya dan Anda gunakan.

Beberapa orang mungkin hanya menggunakan WAZE hanya sebatas sebagai penunjuk jalan, tetapi tahukah Anda bahwa WAZE mengeluarkan Waze Local yaitu fasilitas beriklan kepada pengguna dan perusahaan yang ingin mempromosikan bisnisnya kepada pengguna aplikasi WAZE.

Hal ini menunjukan bahwa WAZE mengambil satu langkah kedepan dari pesaingnya dengan mengeluarkan GPS Mobile Marketing dengan fasilitas WAZE Local.

Di tahun 2019, GPS Mobile Marketing akan semakin diminati karena semakin banyak pengguna jasa kendaraan berbasis online, atau mungkin Anda sudah melirik peluang promosi ini untuk bisnis Anda?. Kalau saya, sudah!. 🙂

#5 Live Video & Reality Vlog

Ini menarik!. Ketika saya sedang memperhatikan vlogger, saya memperhatikan setiap komentar video mereka yang tidak pernah sepi dan juga percepatan pertumbuhan subscriber mereka yang seolah-oleh tidak ingin ketinggalan update video terbaru dari vlogger yang di ikuti.

Tapi disisi lain, saya juga melihat bahwa ada vlogger yang videonya sangat sepi bahkan hampir diminati oleh pengunjung.

Reality Vlog menjadi salah satu Trend Digital Marketing yang akan semakin diminati di tahun 2019. Karena akan banyak sekali perusahaan-perusahaan yang berlomba mencari vlogger dan membayar vlogger untuk mempromosikan produk/jasa yang dikemas dalam bentuk vlog yang sifatnya realitas atau promosi yang tidak dibuat-buat.

Mungkin ini peluang untuk Anda yang ingin mencoba menjadi Youtuber?. 🙂

Selain Reality Vlog, yang menarik perhatian saya adalah Live Video yang di tahun 2019 akan semakin digemari oleh kalangan Milenial dan Alpha.

Semakin Anda sering Live Video baik di Instagram mapun di Facebook atau di Youtube, maka semakin cepat Anda mendapatkan engagement dan ini berlaku juga bagi perusahaan.

Ada 5 Trend Digital Marketing Di Tahun 2019 yang saya bagikan untuk Anda sebagai gambaran bahwa Digital Marketing sangat luas, bukan hanya tentang Facebook Ads, Google Ads, Copywriting, Website dan lainnya, melainkan sangat luas sekali. 🙂

Semoga Trend Digital Marketing Di Tahun 2019 yang saya bagikan ini dapat bermanfaat untuk Anda. Apabila Anda memiliki tambahan dan tanggapan, silahkan berikan komentar pada kolom komentar dibawah.

Shares
X