Setelah cukup lama melakukan penelitian (research) dan melihat perkembangan era digital marketing, maka dengan sangat yakin saya mengeluarkan trend digital marketing di tahun 2020 yaitu memasuki era pemasaran melalui konten atau sering disebut dalam bahasa Inggris, Content Marketing.

#1 Video Blog (Vlog)

Trend Digital Marketing di tahun 2019, saya menyebutkan bahwa Vlog akan menjadi salah satu trend yang akan naik di tahun 2019 dan terbukti banyak sekali vlogger baru bermunculan di platform Youtube.

Di tahun 2020, Video Blog atau Vlog akan semakin diminati, karena akan menjadi sarana berbagi melalui media visual.

Sejak tahun 2010, saya sudah masuk kedalam platform Youtube, karena saya sangat tahu kalau dalam 10 tahun kedepan, Youtube akan menjadi sebuah platform video sharing yang sangat digemari. Silahkan lihat Youtube Channel saya disini.

#2 Blog

Walaupun sempat mengalami penurunan dalam dunia kepenulisan, bukan berarti blog tidak diminati. Justru saat ini, media blog menjadi salah satu sarana pemasaran dan saranan branding yang paling populer dan tercepat.

Di tahun 2020, blog akan menjadi sangat booming dikarenakan faktor generasi. Sehingga akan banyak penulis baru dan banyak pengalaman baru yang ditulis oleh generasi milenial.

#3 Instagram Stories Marketing

Kalau awalnya instagram stories hanya digunakan oleh selebgram dalam melakukan promosi atau endorsement, maka di tahun 2020, semua pengguna instagram akan mulai menggunakan Instagram Stories dengan berbagai kebutuhan khususnya dalam hal pemasaran (marketing).

Maka jangan heran kalau teman Anda yang awalnya berbagi tentang kehidupan pribadinya, akan mulai bergeser menjadi jualan atau promosi melalui instagram stories.

#4 Instagram Feed Stories

Pernah lihat instagram feed yang isinya tentang tips-tips?. Kalau Anda pernah lihat, maka di tahun 2020 akan semakin banyak akun pribadi mapun akun anonim yang membuat konten berbasis cerita.

#5 Digital Tribe Marketing

Tahun 2020 juga merupakan era dimana komunitas menjadi salah satu faktor terpenting, khususnya dalam membangun bisnis, pasti berdampingan dengan komunitas.

Karena itu, di tahun 2020, akan banyak sekali bermunculan platform komunitas baru seperti salah satunya karya anak bangsa, yaitu: TRIBELIO.

Saat ini, Tribelio sudah dilengkapi dengan Email Marketing Broadcast kepada komunitas Anda, Shop khusus komunitas Anda, dan lainnya. Maka dengan Anda memiliki TRIBELIO, maka Anda memiliki semua kebutuhan untuk komunitas Anda.

#6 Tweet β€œLagi”

Kata siapa twitter akan mati?. Di tahun 2020 akan menjadi masa kebangkitan social network Twitter.

Kok bisa?. Karena twitter adalah salah satu real-time social network yang banyak digunakan oleh perusahaan sebagai media layanan konsumen dan digunakan oleh beberapa instansi sebagai sarana berbagi tercepat.

Apalagi sejak beberapa social media sering mengalami down-time, maka twitter menjadi social media dengan aktifitas cukup tinggi. Termasuk saya pribadi, masih menggunakan twitter @andhikawijaya sebagai sarana komunikasi cepat.

#7 Tik & Tok

Sejak tahun 2018, TikTok sudah booming di generasi milenials dan perkembangan industri video-sharing music social network khususnya di China begitu booming karena mengharuskan penggunanya untuk kreatif.

Di tahun 2020, TikTok bukan lagi sebagai video-sharing music social network, melainkan menjadi salah satu social network yang memiliki potensi untuk melakukan pemasaran (marketing) produk atau jasa bahkan personal brand yang sangat tinggi, dikarenakan pengguna TikTok merupakan generasi milenials.

Jadi, kalau Anda masuk ke TikTok, jangan heran kalau melihat ada iklan dari perusahaan atau ada iklan tertentu, dan Anda juga bisa follow TikTok saya @andhikawijayakurniawan. πŸ˜€

Selesai sudah saya berbagi tentang hasil penelitian saya mengenai Trend Digital Marketing di Tahun 2020, dengan begitu selesai juga hutang saya kepada Anda yang menunggu informasi tentang Trend Digital Marketing di Tahun 2020. πŸ™‚



.
0 :thumbsup:
0 :heart:
0 :joy:
0 :heart_eyes:
0 :blush:
0 :cry:
0 :rage:
X