Your Blog Is Your Company

Hari Jumat kemarin (2/3/12) saya memberikan kultwit tentang #BisnisDenganBlog yang dimana saya memberikan sedikit tips cara bangun bisnis dengan blog. Berhubung di twitter terbatas hanya 140 karakter maka saya pun mengambil inti-inti Cara Bangun Bisnis Dengan Blog.

Jika sebelumnya saya pernah memberikan panduan “Memulai Bisnis Di Internet Dengan Benar dan Tepat” melalui official blog saya, maka dalam artikel saya kali ini akan saya bahas “Bangun Bisnis Dengan Blog” untuk perusahaan menengah atau UKM.

Saya pernah membahas tentang Your Blog Is My Company yang dimana dibagi menjadi 2 bagian dan bisa Anda baca di Your Blog Is My Company (bag.1) dan Your Blog Is My Company (bag.2).

Fenomena blog for business memang masih menjadi tanda tanya sebagian orang dan sebagiannya lagi memang sudah benar-benar menjalankan bisnis dengan blognya.

Dalam in-house training disebuah perusahaan, saya bertanya kepada audience yang dimana karyawan perusahaan itu, seperti ini “Adakah diantara bapak/ibu yang mulai menceritakan pengalaman bekerja di perusahaan ini melalui blog?”. Ironisnya tidak ada satupun yang bersuara. Kemudian saya bertanya lagi, “Siapa yang belum memiliki dan mengenal blog?”. Ironisnya hampir semua angkat tangan. Bahkan owner perusahaan pun ikut angkat tangan. 🙂

Ketika saya bertanya kembali alasannya, mereka menjawab “tidak punya waktu”, “tidak ada koneksi internet” (jaman sekarang gitu?). Tapi ditangan mereka rata-rata menggunakan smartphone dan sebagian aktif facebook beserta twitter. :p

Memang saya akui masih banyak perusahaan yang belum memanfaatkan media internet dengan maksimal. Kebanyakan dari mereka (perusahaan) hanya sebatas company profile yang setelah dibuat kemudian ditinggal begitu saja tanpa dimanage dengan baik. Biasanya saya sebut dengan Web Pasif.

Tapi beberapa perusahaan yang maju pesat, justru menggunakan dan aktif di internet. Dimana bukan hanya sebagai company profile, melainkan sebagai eCommerce untuk menjangkau konsumen lebih luas dan global. Biasanya saya sebut dengan Web Aktif.

Kesalahan perusahaan yang Web Pasif adalah mereka tidak ingin mengeluarkan sedikit biaya untuk membayar IT People for maintenance website perusahaan mereka. Dan itu tidak salah. Karena fee atau gaji dari IT people itu tidak murah. 🙂

Solusinya apa?

Manfaatkan blog sebagai media pemasaran yang ampuh dan manfaatkan blog sebagai media kampanye dan manfaatkan blog sebagai media sosialisasi dengan konsumen yang tertarget.

Apakah Anda pernah dengar kalau blog mampu membuat seseorang dari Nobody menjadi Somebody?. Jika YA, begitu juga dengan perusahaan Anda. Jika ingin dikenal dan menjadi terkenal di dunia dengan tujuan meningkatkan PROFIT company, maka Anda harus memperkenalkan perusahaan Anda ke dunia serta aktif bersosialisasi di dunia maya.

Perhatikan!. Sejak kehadiran facebook dan twitter, banyak perusahaan mengikuti workshop dan training mengenaik facebook marketing dan twitter marketing dengan tujuan untuk meningkatkan income atau profit perusahaan. Ya saya akui, tidak sedikit juga yang mengundang saya untuk membahas hal tersebut.

Apakah facebook dan twitter sudah cukup untuk mampu memberikan peningkatan pada income atau profit company Anda?. Coba renungkan dan pikirkan. 🙂

Jawaban dari saya pribadi adalah TIDAK.

Steve Jobs (.alm) pernah berkata, “A lot of companies have chosen to downsize, and maybe that was the right thing for them. We chose a different path. Our belief was that if we kept putting great products in front of customers, they would continue to open their wallets” (Banyak perusahaan telah memilih untuk berhemat, dan mungkin itu adalah hal yang benar bagi mereka. Kami memilih jalan yang berbeda. Keyakinan kami adalah bahwa jika kita terus menempatkan produk yang hebat di depan pelanggan, mereka akan terus membuka dompet mereka).

Dalam arti yang lain, menurut saya atau versi saya adalah jika Anda ingin perusahaan mendapatkan more income atau profit, mulailah perkenalkan produk Anda kepada seluruh masyarakat lokal maupun international. Caranya?. Go Online!.

Well, kalau Anda seorang yang suka dengan hitung-hitungan, saya akan mengajak Anda untuk menghitung pengeluaran yang dibutuhkan untuk membangun bisnis Anda dengan blog.

Bangun Bisnis dengan Blog untuk perusahaan ada 2 cara yaitu Gratis atau Berbayar. Kalau Anda memilih Gratis, bisa manfaatkan blogspot.com. Tapi resiko Gratis adalah kredibilitas akan sangat susah dan lama untuk dibangun.

Solusi yang saya tawarkan jika Anda ingin menghasilkan more income atau profit untuk perusahaan adalah dengan menggunakan yang berbayar, dengan perhitungan:
1. Domain: Rp. 100.000,-/tahun.
2. Hosting 200MB: Rp. 150.000 – Rp. 250.000,-/tahun.
3. Website/Blog Aktif: Rp. 1.500.000 – Rp. 8.000.000,-.
4. IT People: Rp. 3.500.000 – Rp. 5.000.000,-/bulan untuk 1 orang.

Dengan pengeluaran Anda dibawah dari Rp. 15.000.000,- bahkan tidak sampai segitu, jka dijabarkan kembali adalah untuk Domain dan Hosting (Rp. 350.000,-/tahun), Pembuatan blog/web aktif standard (Rp. 1.500.000,-) dan Junior IT People (Rp. 3.500.000,-).

Dengan pengeluaran yang tidak sampai Rp. 15.000.000,- tapi income atau profit Anda berkembang menjadi 10x lipat dari profit semula, apakah Anda masih akan dijalur yang sekarang Anda jalankan?. I don’t think so! 🙂

Sampai disini, jika Anda masih bertanya “Apa yang harus dilakukan?”. Jawaban saya cuman ada satu yaitu buat perusahaan Anda menjadi perusahaan Goes Online!.

Jika Anda masih bingung juga, Anda bisa kirim email ke saya di:
Konsultasi@AndhikaWijayaKurniawan.com atau bisa isi form di program Konsultasi Gratis dari saya.

[divider]

-- Bagikan dengan shortlink: https://is.gd/NeHjV4
X