Hai Sahabat yang Luar Biasa,

Mungkin Anda pernah pernah mengalami hal seperti ini: “Kok blog ga ke index ya?”, “Kok Amazon masih NOL ya?”, “Aduh GA di Banned terus, ada solusi?” dan masih banyak lagi yang membuat saya sebenarnya sedikit jenuh dengan pertanyaan yang sama. Well bukan berarti saya ngeluh ya, tapi saya ingin membagikan dan mengatakan bahwa Bisnis di Internet itu LUAS!. Tidak selamanya hanya tentang Amazon.com, Clickbank.com atau affiliasi lain.

Selain itu yang membuat saya bertanya-tanya adalah ternyata masih ada bahkan banyak yang menyatakan bahwa Google Adsense itu Bisnis Internet. Padahal saya sudah banyak menulis tentang Kontroversial Google Adsense is Not Business!. Bukan berarti tidak bisa menghasilkan duit ya, yang saya tekankan adalah Google Adsense is Not Business, Adsense adalah sebuah program periklanan dari salah satu produk milik Google berarti Adsense adalah Internet Program.

Di sisi lain, saya juga sering mendapatkan pertanyaan, “Ajarin Bisnis Internet donk” baik melalui email maupun melalui forum/Group. Lalu hal yang sering saya tanyakan kepada mereka adalah, “What’s your products/skill or hobby?”. Dan mereka bingung jawabnya bahkan ada yang ga bisa jawab. Kenapa?. Berdasarkan riset saya pribadi, dipemikiran mereka mengenai Bisnis Internet adalah jualan eBook, Adsense, Affiliasi Amazon.com dan Affiliasi lainnya. Bahkan yang sering saya temui ketika ditanya tentang Bisnis Internet, hal utama yang dipikirkan adalah “Jualan eBook!“. 🙂

Internet Business is Business. Selalu ada produk/layanan jasa, pembeli, penjual dan negosiasi. Kalau ga ada hal itu, maka bukan Bisnis. Mau menghasilkan duit seberapa banyak pun tidak bisa semuanya dibilang Business. In this world selalu ada aturan.

So, what is Internet Business?. Kenapa saya selalu kasih pertanyaan seperti “What’s your products/skill or hobby?”.

Bisnis di mulai dari Hobby. Bisnis juga dimulai dari produk, tanpa produk/jasa yang dapat ditawarkan maupun dijual berarti tidak bisa jadi bisnis.

Perhatikan layanan RBT provider, walaupun tidak berbentuk barang tetapi mereka tetap memiliki sebuah layanan yang dilakukan secara Online (Internet Business).

Contoh lainnya, misalkan Anda memiliki hobby masak kue, Anda bisa buat sebuah blog dan tawarkan menu kue yang Anda buat beserta no telp/email. Dari hal simple ini, Anda sudah terjun dalam Bisnis di Internet dan sebagai informasi, salah satu followers saya sudah berhasil mempraktekan ide ini dan menghasilkan puluhan juta setiap bulannya.

So, kalau berbicara tentang Bisnis di Internet jangan persempit pemikiran dan tidak terima dengan pemasukan BENAR yang padahal jelas Anda SALAH, hanya karena Anda sudah mendapatkan penghasilan dari program tersebut. Banyak yang seperti itu.

Program Internet is Program, kapan pun bisa ditendang atau tutup. Bisnis Internet is Business, Anda membangun Bisnis Anda sendiri dan memikirkan strategy agar bisa survive.

Kembali lagi ke Anda, karena ini adalah sudut pandang saya berdasarkan profesi saya sebagai seorang Konsultan, dimana diharuskan mengatakan apa adanya dan sebenarnya. Kalau salah ya salah, kalau benar ya benar dan ini fakta yang harus saya katakan. 🙂


Semoga bermanfaat dan jangan lupa berikan Komentar terbaik Anda, karena nantinya akan menjadi Backlink buat BLOG Anda.

BTW! : Silahkan hubungi saya, jika Anda membutuhkan layanan Professional Consulting untuk Bisnis Anda atau “Powerful Branding Blog, Powerful Branding For Facebook Page, Advertising Services“, silahkan dapat langsung menghubungi saya melalui Contact Page, via Business Phone: 821-8344-9370, atau melalui email: Service@AndhikaWijayaKurniawan.com. Dan mari kita Diskusikan bersama untuk Keberhasilan Anda.

-- Bagikan dengan shortlink: https://is.gd/92ADtO
X