Belakangan ini saya sering mendapatkan email tentang keluhan mengenai akun facebook yang di hack tanpa sepengetahuan dan juga di facebook banyak yang mengeluh kalau akunnya baru saja kembali dari permasalahan hack.

Biasanya hacker yang melakukan hacking pada akun facebook memiliki tujuan yaitu menjual produk mengatasnamakan orang lain ataupun sekedar ingin melihat isi dari foto-foto yang di sembunyikan oleh pemilik akun khususnya akun wanita.

Akan tetapi ada juga yang sekedar hobby dan merasa senang, jika dapat membobol akun seseorang tanpa merubah apapun atau memanfaatkan apapun.

Terjadinya hacking pada akun facebook, apakah kesalahan dari si Hacker atau kesalahan dari pemilik akun facebook?.

Dalam kondisi apapun, hacker bersalah akan tetapi hacker bisa dianggap salah jika sudah melakukan tindakan cyber crime seperti memanfaatkan akun orang lain untuk menipu dan lainnya.

Akan tetapi selama hal itu belum terjadi, hacker masih dapat dianggap hanya sebagai pemberitahu kelemahan sebuah sistem.

Seharusnya seorang hacker setelah membobol sebuah situs ataupun akun, biasanya meninggalkan sebuah pesan yang isinya tentang kelemahan situs ataupun sebuah akun.

Kalau lebih lanjut, maka bisa dikatakan cyber crime, walaupun hanya mencuri foto yang ada di dalam atau pun data kecil yang ada didalamnya. 🙂

Kesalahan terbesar berada pada si pemilik situs ataupun pemilik akun pada facebook. Terjadinya hacking akun, karena kelalaian pemilik akun.

Kelalaian yang bagaimana?

Kelalaian seperti password akun yang mudah ditebak atau jika sebuah situs, maka situs yang jarang update biasanya memiliki kelemahan yang memudahkan hacker untuk masuk.

Untuk antisipasi permasalahan hacking pada akun, sebenarnya facebook sudah memberikan dua fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh pemilik akun, yaitu Login Notifications dan Login Approvals.

Login Notifications

Dengan mengaktifkan fitur ini, Anda akan mendapatkan notifikasi berupa email yang isinya memberitahukan ada pengaksesan akun dari komputer ataupun mobile yang belum pernah Anda gunakan.

Biasanya hacker menggunakan hidden Internet Protocol atau Internet Protocol Address dengan tujuan tidak mudah dilacak.

Jika fitur ini diaktifkan, maka facebook akan memberitahukan kepada si pemilik akun atau Anda bahwa ada yang mengakses akun Anda dari IP yang tidak dikenal atau belum terdaftar.

Login Approvals

Fitur security ini lebih berat atau sedikit repot daripada Login Notifications, dimana jika diaktifkan maka setiap kali Anda mengakses akun dengan menggunakan gadget baru atau dari wanet (warung internet), Anda akan diminta untuk verifikasi serta memasukan security code yang akan dikirim ke mobile dalam bentuk SMS.

Kelebihannya dari fitur ini adalah mampu memberikan sedikit kerepotan bagi hacker karena harus melakukan verifikasi dan harus tahu security code untuk dapat masuk ke akun facebook.

Jika sering mengakses facebook dari mobile atau apps facebook, maka alternatif untuk antisipasi terjadinya hacking pada akun facebook adalah dengan mengaktifkan fitur “Login Notifications”.

 

Dengan begitu, jika Anda menggunakan fasilitas push email pada smartphone, Anda akan menerima email dari facebook apabila ada yang mengakses atau mencoba masuk akun facebook Anda.

Semoga artikel dan tips saya tentang “Cara Antisipasi Hacking Akun Pada Facebook” dapat memberikan manfaat untuk Anda dan jangan lupa berikan komentar atau pendapat terbaik Anda.

-- Bagikan dengan shortlink: https://is.gd/iPIKaP
X