Editor’s Note: Guest post ini ditulis oleh Denny Santoso.

Masyarakat sekarang sudah semakin menyadari pentingnya dunia digital. Banyak sekali yang sudah mulai memanfaatkannya baik dengan membuat website. Menggunakan twitter dan facebook untuk mempromosikan bisnisnya. Tetapi masih banyak juga yang masih bingung untuk menentukan langkah apa yang harus dilakukan terlebih dahulu untuk masuk ke dunia digital?

Yang perlu diketahui dan benar-benar diresapi adalah apakah Anda siap menyediakan resource yang diperlukan untuk masuk ke dunia online ini. Yang saya sebut dengan resource ini adalah uang, waktu dan tenaga. Untuk bisa masuk ke dunia online, Anda harus memiliki team untuk memanage profile bisnis Anda di dunia online.

Online presence tidak semudah hanya memiliki akun facebook dan twitter saja. Untuk membuat keberadaan Anda di dunia online lebih solid, tugas Anda lebih banyak lagi. Anda membutuhkan sebuah website yang menunjukan bahwa Anda atau bisnis Anda adalah Expert di bidangnya. Kemudian Anda harus membuat database dari siapapun yang pernah berinteraksi dengan Anda. Itu tidak bisa dikerjakan sendirian. Bisa sih mengerjakan sendirian dan itu berarti Anda membayarnya dengan waktu Anda.

Cara Bisnis Anda Masuk Ke Dunia Digital

Dunia online merupakan sebuah dunia lain dimana Anda perlu ‘berada’ disana. Bukan hanya muncul untuk berjualan saja. Anda perlu berada disana untuk mengenal target market Anda. Ada 3 tahapan yang perlu Anda perhatikan:

  1. Listen dan build awareness akan produk/bisnis Anda
  2. Interaksi dan bangun kepercayaan mereka akan produk Anda
  3. Transaksi.

Jaman2 awal internet business booming, ada yang bilang, “build a great product then they will come” itu adalah hal yang tidak mungkin terjadi dengan semakin saturatednya online business sekarang. Anda harus melakukan sesuatu supaya mereka datang. Dengan berbagai cara. Maintain your online presence, tapi kalau Anda UKM jangan tiru big players seperti Blibli yang memasang iklan billboard di mana-mana. UKM identik dengan bootstrap, budget terbatas untuk iklan dimana-mana seperti para pemain besar.

Kita bedah dulu “suara” Anda di dunia online. Saat baru mulai, Anda bukan siapa2 di antara keramaian dunia maya yang sudah sepadat ini. Ada beberapa hal yang perlu dibuat dan dilakukan untuk meningkatkan kehadiran Anda di dunia maya.

Sebuah website bagus untuk menunjukkan online presence Anda, tetapi orang asing, tidak akan langsung mengakses internet untuk membuka website Anda. Website diperlukan untuk menyuarakan pendapat Anda di rumah Anda sehingga orang akan menganggap bahwa Anda adalah Expert.

Yang kedua adalah Anda membutuhkan apa yang disebut dengan jejak online Anda, dimana Anda berinteraksi dengan orang lain secara digital. Hal tersebut bisa dilakukan melalui social media. Untuk yang satu ini, butuh komitmen untuk melakukannya setiap hari. Berbagi informasi dengan orang lain, menjawab pertanyaan mereka secara rutin dan konsisten. Biasanya pada titik ini yang menjadi beban terberat. Banyak yang tidak siap untuk memberikan komitmen waktunya, atau tidak siap membayar sebuah team. Dan kalau tahap ini tidak dilakukan, maka saran saya adalah skip itu. Lupakan Anda pernah ingin memasukki dunia digital.

Hal terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah obrolan orang lain tentang bisnis Anda. Ini adalah efek dari usaha Anda berinteraksi dengan banyak orang secara digital. Kalau Anda berlaku baik-baik dan menyenangkan, maka orang lain akan membicarakan hal yang baik tentang Anda. Sebaliknya kalau Anda tidak menjawab pertanyaan atau complain orang dengan baik, maka orang-orang di luar sana akan mulai bergosip jelek mengenai Anda. Dan ini semua terekam di dunia digital. Butuh usaha lebih keras dan biaya yang tidak sedikit untuk membenahi hal yang sudah terlanjur menjadi negatif dengan parah. Sebagai contoh, google sekarang sangat canggih dan apabila Anda mengetik 2 kata ini JOKO SUSILO, maka google akan berusaha melengkapi search Anda, dan Anda lihat sendiri, kalau sudah negatif, susah sekali dihapus.

Nah siapkah Anda untuk melakukan semuanya ini demi membuat bisnis Anda dikenal secara online?. 🙂

-- Bagikan dengan shortlink: https://is.gd/ArN9S2
X