Seperti yang pernah saya tulis dan jelaskan dalam Artikel sebelumnya bahwa jaman sekarang BLOG bukan merupakan hal yang tabu lagi. Bahkan anak TK saja sudah bisa memiliki BLOG dengan mudah. Semua orang mengenal BLOG, tetapi tidak semua orang paham dan tahu Bagaimana Cara Mendaftar dan Memiliki BLOG GRATIS.


Dalam Artikel ini, saya akan memberikan Panduan Singkat mengenai Cara Mendaftar dan Memiliki BLOG GRATIS di WordPress.com.


Kenapa saya menganjurkan menggunakan WordPress.com sebagai BLOG Anda?. Karena WordPress.com adalah platform (perusahaan penyedia/pembuat) BLOG terbaik yang pernah untuk sekarang ini. Keunggulan-keunggulan WordPress.com bukan hanya karena kemudahan dalam pengelolaannya saja, tapi juga didukung oleh banyak perusahaan besar dalam bentuk layanan dan pengembangannya. selain itu banyak sekali keunggulan keunggulan wordpress yang saya sebutkan di bawah ini :

  • Mudah Dimiliki. Dengan mendaftar di wordpress.com dan proesnya tidak begitu sulit dan cocok sekali bagi pemula atau menginstallnya sendiri di server dengan mengunduh WordPress di wordpress.org
  • Multi Bahasa. Pengguna WordPress dapat memilih bahasa untuk platform blog mereka, karena WordPress telah menyediakan berbagai macam bahasa untuk memudahkan penggunanya dan tentunya sudah termasuk bahasa Indonesia, disamping pula bahasa jowo dan juga sunda.
  • User Friendly. Tampilan ruang untuk admin (panel admin) mudah untuk dipahami dan dimengerti oleh pengguna awam sekalipun. Pengguna dapat dengan bebas “mengutak-atik” panel admin tanpa perlu khawatir merusak blog mereka.
  • Mudah Digunakan. Pengguna pemula yang sudah memiliki akun di WordPress.com dapat langsung menulis sebagai kegiatan blogging mereka tanpa perlu mengatur hal-hal yang rumit baik dari segi pengaturan permalink, mengedit tema (theme).
  • Server yang handal. Berbeda halnya dengan WordPress yang dihosting sendiri yang kerap kali terjadi down, server wordpress telah terbukti tangguh dengan uptime yang lebih dari 99%. Pengguna wordpress.com tidak perlu dirisaukan dengan proses maintenance server, karena pihak wordpress.com mempunyai banyak server cadangan yang siap membackup jika ada gangguan.
  • Kapasitas Penyimpanan yang Besar. Dengan kapasitas penyimpanan yang besar (3 GB), maka anda tidak perlu dipusingkan dengan proses upload gambar maupun berbagai dokumen ke pihak ketiga semacam imagehosting maupun datahosting. Kapasitas sebesar itu dirasa cukup untuk menyimpan data anda sebanyak mungkin.
  • Bandwidth yang Tidak Terbatas. Pengguna blog gratis wordpress.com nampaknya benar-benar dimanjakan. pihak wordpress.com menyediakan bandwidth yang tidak terbatas bagi penggunanya. Ini benar-benar patut disyukuri, karena bandwidth, dan juga storage merupakan sesuatu yang mahal di jasa layanan hosting.
  • Aman dan Terkendali Pengguna wordpress.com tidak perlu dipusingkan dengan proses upgrade/instalasi wordpress versi terbaru, karena dengan sendirinya pihak wordpress.com akan mengupgrade setiap engine wordpress penggunanya. Dengan versi wordpress yang terbaru, pengguna wordpress.com tidak perlu mengkhawatirkan serangan-serangan dari cracker yang berusaha merusak blog anda.


Ok, Kita mulai 3 Langkah Cara Mendaftar dan Punya BLOG GRATIS Di WordPress.com.

Pertama, buka www.Wordpress.com. Yang nantinya akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini:


Selanjutnya klik “Sign Up Now” untuk Mendaftar di WordPress.com atau bisa langsung klik disini.

Kedua, isi data yang dibutuhkan untuk memiliki Account di WordPress.com:


Dan Congratz, karena Anda sudah memiliki Account di WordPress.com dan sudah memiliki BLOG GRATIS di WordPress.com.

Ketiga, jika Anda mengikuti 2 cara sebelumnya, setelah Proses Pendaftaran Account WordPress.com selesai, Anda akan diminta untuk membuat Account BLOG Pribadi Anda:


Dan Congratz karena Anda sudah memiliki BLOG Pribadi di Account WordPress.com.

JANGAN PANIK!, jika Anda tidak berada dalam tampilan seperti diatas. Caranya adalah dengan mengulang ketik www.Wordpress.com dan nanti Anda akan berada pada tampilan Awal dengan status sudah “Log In”:


Jika benar, Anda akan melihat tulisan “My Blogs” (seperti yang saya berikan tanda kotak merah). Dan Register BLOG Anda seperti Langkah Ketiga.

😀 Happy BLOGGING 😀



Dan jangan lupa berikan Komentar terbaik Anda, karena nantinya akan menjadi Backlink buat BLOG Anda.


Semoga Pengalaman dan Tips yang saya bagikan dapat bermanfaat bagi Anda.



All The Best, Success in Life, Success in Everything you do and God Bless You.


Your Successfull Partner,

-- Bagikan dengan shortlink: https://is.gd/lQBUWx
X