Sebelum saya berbagi tentang cara saya melacak HLR Provider nomor handphone dalam kasus “Hati-Hati Penipuan Kantor Resmi Telegram Messenger” yang saya bagikan di facebook, saya ingin mengucapkan terima kasih untuk Anda yang telah berpartisipasi ikut #ShareToSaveYourFriends dengan melakukan share post saya.

Tepatnya tanggal 30 Desember 2017 pukul 18.15 WIB saya membuat sebuah postingan di facebook yang berisi tentang kronologi kasus penipuan yang mengatas-namakan kantor resmi Telegram Messenger.

Catatan: isi artikel ini dan postingan di facebook saya tidak ada unsur maksud untuk menjatuhkan atau melakukan pencemaran nama baik sebuah perusahaan tertentu maupun peorangan tertentu, melainkan dengan tujuan untuk memberikan informasi mengenai digital security (keamanan digital) kepada netizen khususnya di Indonesia.

Menariknya, dari semua komentar yang masuk, lebih banyak bertanya tentang cara saya melacak HLR provider nomor handphone (HP) dan kebanyakan yang bertanya lebih penasaran terhadap cara saya melacak HLR provider nomor handphone dibandingkan melakukan share post saya untuk memberitahukan teman-temannya. 🙂

Agar tidak salah paham, saya akan memberikan pengertian terlebih dahulu tentang HLR yang singkatan dari Home Location Register, bisa diartikan lokasi daftar pertama atau secara luasnya dalam konteks provider nomor handphone adalah tempat pertama provider tersebut diaktifkan.

HLR berfungsi untuk menyimpan semua data serta informasi mengenai pelanggan provider tersebut dan tersimpan secara permanen, dalam arti tidak tergantung pada posisi keberadaan pelanggan. Tetapi HLR bertindak sebagai pusat informasi pelanggan yang setiap waktu akan diperlukan dalam hal tertentu.

Sebagai contoh: apabila ada kasus-kasus tertentu, maka HLR dapat digunakan sebagai acuan awal dan yang kemudian baru pengajuan kerjasama dengan pihak provider tertentu untuk melacak kondisi keberadaan pelanggan provider untuk tujuan tertentu (tidak sembarang digunakan).

Cara Melacak HLR Provider Nomor Handphone

Menjawab pertanyaan pada kolom komentar tentang cara saya melacak HLR provider nomor handphone tersangka, yang saya lakukan sangat sederhana yaitu menggunakan yang sudah ada di search engine.

Sebelum saya mulai melacak HLR, saya biasanya pastikan bahwa nomor tersebut white-list atau black-list dengan menggunakan layanan dari truecaller.com.

Baru kemudian setelah saya dapatkan informasi bahwa nomor tersebut black-list, seperti tertulis bahwa sudah banyak yang melakukan penyimpanan nomor tersebu dengan sebutan “Penipu Telegram” (lihat pada gambar diatas), maka saya langsung mencoba melacak keberadaan nomor tersebut.

Saya pribadi menggunakan layanan HLR dari salah satu blog penyediaan fitur HLR Lookup yaitu ceebydith.com dan saya pribadi mengucapkan terima kasih kepada pemilik blog tersebut karena tetap menyediakan layanan tersebut sejak lama.

Tidak ada cara khusus yang saya lakukan dan semua orang bisa lakukan caranya saya, kecuali kalau kasus ini ingin ditelusuri lanjut dan dibawa dalam tindak pidana, baru cara saya untuk penelusuran lanjutan tidak bisa Anda gunakan. 🙂

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda dan dibawah ini ada tombol share yang bisa Anda gunakan untuk dibagikan kepada teman-teman Anda.

-- Bagikan dengan shortlink: https://is.gd/5a554z
X