Bagi sebuah perusahaan maupun personal, pelanggan (Customers) adalah teman yang berharga. Tidak berbeda dengan Bisnis di Internet, pengunjung juga teman yang berharga.

Dengan jaman yang semakin canggih serta dukungan teknologi yang semakin maju, membangun dan menjalin hubungan dengan pelanggan juga semakin mudah.

Selain sebagai Pelanggan (Customers), terkadang mereka juga bisa menjadi teman bahkan sahabat kita sendiri, mungkin pada saat acara Gathering, Kopi Darat dan sebagainya.

Sebelum menuju proses pertemanan atau persahabatan, yang terberat adalah menjalin dan membangun hubungan dengan pelanggan, apalagi kalau secara Online atau di Internet yang sangat berbeda dengan cara Konvensional (Offline).

Di Konvensional (Offline) Anda dapat menghubungi pelanggan Anda dan mengajaknya hang out atau sekedar bertemu untuk minum-minum. Kalau di Internet, Anda tidak dapat melakukan hal seperti itu.

Berikut ini ada 4 Tips “Cara Membangun Hubungan Dengan Pelanggan (Customers) di Internet”, yang selama kurang lebih 3 tahun saya lakukan di Internet dan hingga saat ini masih saya lakukan, yaitu:

1. Jika pelanggan (Customers/Pengunjung) Anda mengirimkan email, baik itu konsultasi, pertanyaan atau pemesanan, biasakan untuk memberikan konfirmasi atau balasan kurang dari 24 jam. Baik yang menarik ataupun tidak menarik, baik yang sesuai dengan topik ataupun yang tidak sesuai dengan topik dan itu disebut Customers Service.

2. Jika pelanggan (Customers/Pengunjung) Anda komentar melalui Blog/Web Anda, biasakan membalas kurang dari 24 jam. Apapun balasannya, jangan pernah dihapus. Jika komentar kurang pas atau merasa kurang sopan, tetap di Approve dan biarkan Public yang menilai.

3. Selalu ramah dalam menjawab semua pertanyaan dan komentar yang masuk, karena akan menjadi point tersendiri di mata pelanggan (Customers/Pengunjung).

4. Sesekali tanyakan kabar mereka melalui Autoresponder, bukan berjualan dan menawarkan terus menerus. Berikan atau cantumkan alamat email yang bisa dibalas oleh mereka, sehingga mereka tahu kalau Anda bukan robot. Pada umumnya setiap orang senang diperhatikan.

Well, kalau memang beberapa pelanggan (Customers/Pengunjung) Anda berada dalam 1 (Satu) kota, buatlah suatu Gathering atau Kopi Darat (KopDar) untuk mempererat hubungan Anda dengan mereka.

Biasanya sesekali, saya melakukan posting di Twitter untuk bertanya misalnya, “Siapa yang lagi di Mall A? Lagi mau makan di B nih, ketemuan yuk?”. Dan saat ada yang balas, “Yuk”. Bukan berarti sekedar basa basi, saya justru benar-benar bertemu dengan mereka dan makan bersama dengan mereka.

It’s all about Customers Relationship yang berarti Bagaimana Cara Anda Memperhatikan Pelanggan (Customers/Pengunjung) Anda, agar tetap setia dan nyaman dengan Anda.

 

-- Bagikan dengan shortlink: https://is.gd/2mirBL
X