Sudah tahukah Anda bahwa mesin pencari #1 dunia, Google telah meliris algoritma terbaru mereka yang mengutamakan situs pendukung mobile?. Algoritma tersebut dikenal dengan Algoritma Google Mobile Friendly atau disingkat GMF yang diliris pada tanggal 21 April 2015 dan diumumkan melalui Official Google Webmaster Central Blog.

Buat Anda yang baru tahu, singkatnya GMF atau Google Mobile Friendly secara umum dengan penjelasan mudahnya adalah sebuah pengembangan pemprograman dari mesin pencari Google yang lebih mengutamakan situs-situs yang mendukung tampilan mobile friendly (yang dapat diakses oleh pengguna mobile dengan tampilan yang mengikuti pengguna gadget).

Sejak Google menerapkan algoritma GMF, banyak situs yang keberadaannya (ranking) jatuh dan sedangkan beberapa situs yang mendukung pengguna mobile menjadi naik dan di utamakan. Sehingga muncul pertanyaan

apakah harus mengganti keseluruhan tampilan website agar mendukung pengguna mobile?.

Maka saya menjawab, betul! Anda harus mengeluarkan investasi lagi untuk mengubah seluruh tampilan situs Anda agar lebih mobile friendly. Untuk mengetahui situs Anda mobile Friendly atau tidak, Anda bisa cek dengan menggunakan fasilitas Mobile Friendly Checkup dari Google Developers

Hal ini sebenarnya telah saya singgung melalui artikel blog saya “2 Hal Ini Wajib Dimiliki Toko Online Di Tahun 2015” pada awal memasuki tahun 2015.

Intermezzo: Kalau Anda peduli dengan bisnis Anda dan perkembangan bisnis Anda, maka saya sarankan Anda untuk gabung bersama 100.000++ members di dalam Porgram “Prioritas Saya” yang ada disisi kanan blog ini agar mendapatkan informasi lebih dahulu sebelum pengguna internet lainnya.

Mungkin Anda mengatakan,

Ok coach, sekarang saya sudah terlambat!. Bagaimana caranya agar situs saya bisa naik lagi di halaman Google dan bekerja dengan baik?

Saran saya, ikut VIP Training SEO Mastery bulan depan!. 😀 Hanya bercanda, tapi itu pilihan. 🙂

Responsive Theme/Template

Tidak ada yang terlambat untuk membenahi situs Anda. Yang harus Anda lakukan sekarang ini adalah cari theme/template website yang Responsive.

Apa itu theme/template yang responsive?, adalah theme/template yang layoutnya atau strukturnya mampu mengikuti panjang dan lebar sebuah gadget tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan atau plugin tambahan.

Situs AndhikaWijayaKurniawan.com Sudah Mobile Friendly

Kalau Anda terlanjur menggunakan jasa pembuat website, maka hubungi mereka kembali dan investasikan kembali dana Anda untuk mengubah tampilan dan struktur website Anda agar lebih mobile friendly atau minta bantuan mereka untuk membuat theme/template Anda lebih responsive.

Plugin Mobile Friendly

Buat Anda yang menggunakan website dengan core/engine dari CMS WordPress, Anda sangat beruntung. Kenapa?. Anda bisa download plugin yang mampu mengubah struktur blog Anda menjadi struktur yang mendukung pengguna mobile.

Dengan 2 (dua) cara tersebut, Anda bisa mengatasi permasalahan #MOBILEGEDDON (istilah penurunan ranking secara massal oleh Google terhadap situs yang tidak mobile friendly).

Semoga artikel saya tentang Cara Mengatasi Algoritma GMF (Google Mobile Friendly) dapat bermanfaat untuk Anda dan kalau Anda punya pertanyaan yang relevan dengan artikel ini, silahkan langsung bertanya pada kolom komentar atau pada program #TanyaCoachAWK.

-- Bagikan dengan shortlink: https://is.gd/Hn3ng3
X