Hai Sahabat yang Luar Biasa,


Beberapa hari yang lalu ada Sahabat @AndhikaWijaya yang bertanya melalui Yahoo Messenger mengenai, “Bagaimana Cara Membuat dan Menyusun eBook agar tidak dibilang Sampah/Murahan?”. Setelah saya jelaskan dan baru beliau paham kalau ternyata eBook itu memiliki Tata Cara Menulis dan Menyusun. 🙂

Banyak orang beranggapan bahwa setiap Document yang dijadikan format PDF adalah eBook. Padahal arti eBook itu sendiri adalah Electonic Book atau Buku Elektronik. Berarti yang namanya Buku, sudah pasti memiliki Tata Cara Menulis dan Menyusun Kerangka Tulisan.

Kalau kita mengulang kembali ke jaman sekolah SD, dalam pelajaran Bahasa Indonesia, kita sering diajarkan tentang Kerangka Karangan dan Tata Cara Menulis Karangan (Mengarang), begitu juga dengan menulis eBook.

Bagi seorang penulis, menulis sebuah eBook mungkin merupakan hal yang menyenangkan dan mudah, karena seorang penulis memiliki bekal pengetahuan cara menulis dan menyusun kerangka tulisan. Lalu bagaimana jika Anda dan saya yang belum begitu mengetahui Cara Menulis dan Menyusun Kerangka Tulisan?.

Dalam artikel kali ini, saya akan sedikit membahas tentang, “Cara Menulis dan Menyusun eBook Dengan Tepat”.

Saya pribadi memiliki koleksi eBook hampir 4 Gigabytes, dari yang bagus sampai yang tidak jelas. Kebanyakan tujuan orang menulis eBook adalah untuk menjual eBooknya tanpa memperdulikan kualitas isi dari eBook yang ditulis. Karena itu kalau Anda ke sebuah forum, ada yang mengatakan eBook Sampah/Murahan (Tidak berkualitas).

Menulis eBook sama seperti Anda menulis dan mempersiapkan Buku. Ada yang namanya Kata Pengantar, Daftar Isi, dan sebagainya hingga Kata Penutup. Selain itu, eBook juga memiliki Cover yang harus dibuat sekalipun itu hanya 10 halaman. Kenapa?. Karena itu merupakan etika menulis dan menerbitkan.

Ibarat Anda ke Toko Buku, mana yang Anda pilih?. Buku yang bersampul rapi atau buku yang tanpa sampul atau sudah terbuka?. Pasti Anda akan memilih Buku yang tersampul rapi. Begitu juga dengan eBook, yang harus Anda pikirkan adalah “Bagaimana Cara Membuat eBook saya nyaman dibaca dan juga tidak dibilang eBook Sampah?”. Tentu Anda tidak ingin, hasil menulis Anda dikatakan “Sampah”.

Berikut Tips Menyusun eBook dari saya, sebelum Anda mulai menulis eBook:
1. Buatlah Kerangka Karangan di secarik kertas yang nantinya akan menjadi Daftar Isi dari eBook.
2. Buatlah Tulisan Kasar terlebih dahulu (bisa di Microsoft Words atau aplikasi lain) secara terpisah dalam satu folder.
3. Setelah Tulisan Kasar selesai, mulai dengan editing Tulisan Anda kembali dan buang yang tidak perlu.
4. Susun kembali Document/Tulisan Kasar yang terpisah tersebut menjadi satu dan mulai rapikan kembali.
5. Mulai buat Cover Depan dan Belakang eBook.

Dan berikut Tips Cara Menulis eBook dari saya, yaitu:
1. Gunakan size 12 untuk besar font standard dan Times New Roman (tidak harus).
2. Atur jarak atau paragraph 1 cm.
3. Tentukan jenis eBook yang Anda tulis, untuk menentukan bahasa yang akan Anda gunakan. Jika How To, pergunakan bahasa yang formal yang mudah dimengerti. Jika Novel, pergunakan bahasa yang mudah dimengerti atau sehari-hari.
4. Jangan terlalu banyak melakukan Promosi Link, tujuan orang membeli eBook adalah untuk pengetahuan. Berikan promosi link pada bagian “Referensi” di akhir sebelum kata Penutup atau Tentang Penulis.

Untuk mempermudah, saya sudah menyiapkan Template untuk menulis eBook yang bisa di download disini (maaf menggunakan Ziddu, anggap saja Anda sedang traktir saya segelas Coffee) 😀

Dan saya berharap artikel ini dapat membuka wawasan untuk Anda tentang eBook dan mulai berkarya dengan baik.


Jangan lupa berikan Komentar terbaik Anda, karena nantinya akan menjadi Backlink buat BLOG Anda.

BTW! : Let’s me know kalau Anda membutuhkan sebuah “Personal Branding WeBLOG, Powerful Business WeBLOG, Powerful Online Shop atau Powerful Facebook Page“, silahkan dapat langsung menghubungi saya melalui Contact Page, via Business Phone: 821-8344-9370, atau melalui email: Contact@AndhikaWijayaKurniawan.com. Dan mari kita Diskusikan bersama untuk Keberhasilan Anda.

All The Best, Success in Life, Success in Everything you do and God Bless You.


Your Successfull Partner,

-- Bagikan dengan shortlink: https://is.gd/RzZ4RY
X