Blog, sampai saat ini masih menjadi sebuah hal yang fenomenal dalam dunia online. Bagaimana tidak, banyak orang terkenal dan tempat yang menjadi terkenal hanya berawal dari sebuah penulisan di blog.

Membuat sebuah blog, jika sekilas memang sangat mudah. Jika ingin yang gratis, hanya perlu register di WordPress.com atau Blogspot.com dan jika ingin yang professional, bisa menyewa domain dan hosting serta jasa pembuatan blog.

Sayangnya, banyak orang mengetahui cara membuat blog, tetapi sedikit orang yang paham cara yang benar dalam membuat sebuah blog.

Mindset membuat blog gratis adalah sebuah kendala. Kenapa kendala?. Blog yang terkenal adalah blog yang professional. Kebanyakan blog yang gratis hanyalah sebuah langkah awal menuju blog yang professional. Tetapi kalau mau yang terbaik, mulailah dengan blog yang professional.

Berbicara tentang blog yang professional, dalam artikel ini saya ingin berbagi pengalaman saya tentang “Cara Yang Benar Dalam Membuat Perencanaan Sebuah Blog” bagian pertama, yang telah saya jalanin selama hampir 8 tahun, berawal dari blogspot AndhikaWijaya.blogspot.com, kemudian mulai membangun AndhikaWijayaKurniawan.com dan sekarang mengaktifkan kembali personal blog saya AndhikaWijayaS.wordpress.com. 🙂

#1 Kumpulkan Informasi

Blog yang akan dibangun tentang apa dan tujuannya apa?.

Hal paling penting dan paling utama sebelum membangun atau membuat blog adalah memikirkan tentang blog itu sendiri. Maksudnya adalah memikirkan topik blog yang akan dibangun. Apakah tentang teknologi, makananan, atau campur-campur?. Kemudian pikirkan juga tujuan dari blog itu. Karena setiap blog yang dibuat oleh pemiliknya, pasti memiliki tujuan. Contoh: seorang penulis buku, sebelum menulis buku, pasti membuat sebuah blog untuk berbagi tulisan dan memanfaatkan blog untuk menaikan personal brand. Ketika penulis mulai membuat buku, dengan blog yang sudah banyak pengunjung, maka si penulis bisa mulai promosi bukunya secara GRATIS!.

Apa keahlian/expertise Anda?

Salah satu faktor malas ngeblog adalah karena tidak tahu harus menulis apa atau topik apa. Ingat satu hal bahwa dalam membuat blog, yang Anda tawarkan kepada pencari informasi di internet adalah kualitas tulisan. Karena itu, sebelum mulai menulis blog, telusuri atau cari tahu keahlian Anda terlebih dahulu. Kenapa?. Karena menulis blog sesuai keahlian akan mempermudah Anda untuk dapat merencanakan sebuah konten blog yang berpengetahuan dan bersemangat.

Siapa target pengunjung/pembaca Anda?

Membuat sebuah blog yang professional dan konsisten, bukan berarti hanya tinggal menulis blog. Anda harus tahu dan paham tentang pencari informasi di internet. Apa masalah mereka?. Siapa yang mereka ikuti? Seperti apakah calon pembaca ideal blog Anda?. Apa kepentingan mereka? Berapa umur mereka?. Setelah Anda selesai mendefinisikan hal ini, maka saya jamin akan sangat mudah bagi Anda untuk membuat konten blog Anda. Btw, semakin spesifik akan semakin baik.

Siapa kompetitor blog Anda?

Mau ngeblog, bukan berarti tidak memiliki kompetitor. Contoh mudahnya adalah perhatian blog yang berbagi tentang film gratis. Ada berapa banyak blog di Indonesia yang berbagi tentang film gratis yang bisa ditonton secara online?. Ada banyak!. Dan mereka saling berkompetisi untuk mendapatkan perhatian pengunjung internet.

Nah, kalau Anda ingin membuat sebuah blog yang professional dan mampu memberikan penghasilan untuk kedepannya, Anda harus mencari tahu tentang kompetitor blog Anda untuk melihat kekurangan mereka dan mengubah menjadi kelebihan blog Anda.

Seberapa sering Anda akan update konten?

Dalam dunia online, konten itu adalah raja atau kunci utama. Konsistensi Anda dalam melakukan update blog akan mempengaruhi kredibilitas blog dan kredibilitas penulis blog. Kalau Anda baru saja membangun sebuah blog, usahakan update konten setiap hari selama setahun sampai Anda dikenal dengan niche dan expertise yang Anda bagikan. 🙂

Dengan mengumpulkan informasi seperti yang telah saya tuliskan diatas, Anda akan dapat dengan mudah membuat blog yang akan dikenal oleh pengunjung Anda dalam waktu minimal enam bulan.

Nantikan lanjutan artikel saya tentang “Cara Yang Benar Membuat Perencanaan Sebuah Blog” bagian kedua yang akan membahas tentang “Melakukan riset blog Anda”.

Semoga artikel saya dapat memberikan manfaat untuk Anda dan salam PROFIT!.

-- Bagikan dengan shortlink: https://is.gd/Ts29nl
X