Sebelum saya mulai membahas mengapa situs Anda harus responsif (responsive – dalam bahasa Inggris), saya perlu mendefinisikan apa itu desain website yang responsif.

Desain Responsif dari sebuah website, memungkinkan webiste tersebut menyesuaikan tampilan berdasarkan ukuran perangkat.

Jadi, website akan mengikuti tampilan yang tergantung pada desain, ukuran perangkat dan browser yang digunakan.

Contoh: Anda akses website saya ini melalui gadget, maka tampilan akan mengikuti versi gadget Anda.

Karena semakin banyak orang mengakses internet di perangkat seluler (atau mobile), maka desain responsif tidak hanya diperlukan untuk mempermudah pengunjugn, tapi juga menjadi faktor peringkat penting untuk Search Engine Optimization (SEO).

Desain responsif website Anda disarankan memiliki akses yang cepat dan mudah digunakan. Oleh karena itu, server hosting Anda juga menentukan kecepatan website Anda. Saya sarankan, Anda gunakan awkhost.web.id untuk menikmati kecepatan akses website Anda oleh pengunjung.

Kenapa butuh akses server hosting yang cepat?. Karena pengguna mobile adalah tipe pengguna yang tidak sabar dan tidak ingin menghabiskan waktunya berlama menunggu website Anda terbuka.

Memiliki desain website yang responsif, sagat berpengaruh dan bermanfaat sangat banyak, khususnya dari segi Search Engine Optimization (SEO).

Kalau Anda perhatikan, search engine Google menyukai situs yang dioptimalkan untuk mobile-friendly. Makanya Google mengutamakan website yang memiliki desain responsif, apabila ada yang melakukan pencarian melalui selular (atau mobile).

Bagaimana dengan website Anda?. Apakah sudah mobile-friendly di search engine.

Desain responsif, satu website dan hanya memiliki satu URL akan memungkinkan Anda untuk mempertahankan peringkat halaman Anda.

Manfaat Search Engine Optimization (SEO) dengan desain responsif adalah Anda hanya perlu mengoptimalkan konten untuk satu tautan dan struktur URL akan tetap konstan di semua perangkat. 🙂

Matt Cutts sendiri baru-baru ini menyatakan, “Kita semua harus menghentikan pantat kita untuk membuat situs kita ramah mobile”. Melalui Google Plus miliknya – https://plus.google.com/+MattCutts/posts.

Website yang mudah digunakan akan memudahkan orang untuk menemukan dan menyampaikan konten yang relevan.

Membuat website Anda menjadi responsif adalah cara terbaik untuk masuk kedalam market yang menggunakan mobile atau tablet dan market ini adalah pasar yang selalu meningkat.

Resiko jika Anda belum mengoptimasikan website Anda menjadi website responsif atau memiliki  adalah kemungkinan website pesaing Anda akan berada dalam desain responsif di beberapa titik dan siap menjangkau konsumen yang aktif transaksi melalui mobile. Sedangkan website Anda yang belum responsif akan susah didapatkan oleh calon konsumen Anda.

Jika bisnis Anda bergantung pada webiste untuk mengarahkan prospek dan konversi, maka apabila tahun ini Anda tidak bersiap mengubah semua desain website menjadi responsif, maka tahun depan yang menjadi era mobile ecommerce, Anda harus siap kehilangan pelanggan.

Silakan lihat statistik infographic di bawah ini yang membantu memastikan bahwa Anda sangat memerlukan desain website yang responsif. 🙂

Tips SEO: Alasan Website Anda Harus Responsif

Saran saya untuk Anda yang memiliki website belum responsif adalah segera membuat atau mengubah website Anda menjadi responsif. 😎

Apabila Anda mengalami kesulitan mengubah website menjadi responsif atau memiliki rencana untuk membuat website yang responsif, silahkan hubungi atau konsultasi dengan team saya di bidang digital agency khusus jasa pembuatan website melalui awkhost.web.id.

Shares
X