Saya tidak menyangka kalau perubahan Algoritma Google yang jatuh pada tanggal 1 Agustus 2018 lalu ternyata membawa begitu dampak besar bagi blogger, pemilik bisnis yang memiliki website untuk jualan atau promosi dan pemain Search Engine Optimization (SEO).

Vlog saya yang membahas tentang Dampak Perubahan Algoritma Google 2018 di youtube pun dibanjiri view dan beberapa komentar yang langsung menanyakan kondisi website mereka.

Dalam vlog, saya mengatakan bahwa yang penting buat konten yang mencapai 80% original atau berdasarkan hasil pemikiran sendiri dan optimasikan bagian on-page website agar mampu melewati badai Algoritma Google terbaru.

Apa itu Optimasi On-Page?

Optimasi On-page Website adalah proses mengoptimalkan sebuah halaman website atau bagian dalam website agar dapat dengan mudah tampil di Google atau saya sebut dengan visibility. Dengan kata lain, optimasi on-page adalah internal signal sebuah website, yang berarti apabila bagian internal website sudah bekerja dengan baik, maka external website atau disebut dengan off-page akan dengan mudah di optimasikan.

Contoh optimasi on-page website adalah seperti melakukan pemilihan keyword, heading, meta description, konten, dan long-tail keywords.

Paham ya?. Kalau belum paham, tahun depan ikut workshop saya tentang H.A.C.K® Search Engine Optimization selama 2 hari penuh. 😆

SEO Tools: Google Lighthouse

Berhubung banyak yang nanya salah satu tools yang saya gunakan untuk melakukan optimasi on-page website, jadi tools tersebut namanya Google Lighthouse, salah satu tools favorit saya.

Saya jelaskan sedikit ya. 🙂

Google Lighthouse adalah sebuah tools untu membantu melakukan aktifitas Search Engine Optimization (SEO) secara online yang otomatis berfungsi untuk melakukan analisa khusus internal signal pada sebuah halaman website.

Google Lighthouse ini berbentuk extention dari Google Chrome, makanya kalau Anda ingin menggunakan tools ini, Anda wajib menggunakan Google Chrome.

Cara Kerja Google Lighthouse

Ketika nanti Anda sudah install extention Google Lighthouse, dan Anda gunakan, maka jangan kaget kalau tiba-tiba browser Anda auto refresh, karena itu tandanya Google Lighthouse sedang melakukan analisa website yang Anda buka.

Setelah menunggu beberapa lama analisa dari Google Lighthouse, dan selesai, maka akan terbuka new tab yang isinya adalah hasil analisa.

Saya lumayan deg-deg-an ketika mencoba menganalisa SEO untuk blog ini dengan menggunakan extention Google Lighthouse. Kenapa?. Karena saya sudah percaya diri membahas tentang analisa SEO, akan terlihat aneh kalau score SEO saya dibawah 50, tetapi ketika melihat hasil score SEO dari blog ini adalah 100 (perfect), saya langsung sangat percaya diri. 😆

Download & Gunakan Dengan Bijak

Silahkan Anda download Google Lighthouse disini dan langsung bisa Anda gunakan tanpa harus setting apapun lagi.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, silahkan share ke facebook Anda dan apabila ada pertanyaan atau sekedar “terima kasih” silahkan tulis pada kolom komentar. 🙂