Dalam dunia digital, website adalah rumah Anda yang siap didatangi oleh banyak pengunjung (trafik) dan sayangnya banyak sekali yang sering mengabaikan isi rumah, tampilan rumah dan lainnya.

Mindsetnya seperti ini, bayangkan Anda berkunjung ke rumah seseorang yang dari luarnya saja sudah berantakan dan kotor, apakah Anda masih tertarik untuk berkunjung?. atau bayangkan Anda berkunjung ke rumah seseorang yang dari luarnya sangat bagus dan mewah, tetapi begitu Anda melangkah masuk kedalam, ternyata sangat berantakan sekali dan tidak terurus dengan baik, apakah Anda mempertanyakannya?.

Begitu juga dengan website, yang tidak terurus akan mempengaruhi kinerja website tersebut, jadi jangan heran kalau Anda bermain di Search Engine Optimization kadang bertanya tentang hal-hal yang kurang.

Dalam artikel tentang Penyebab Kinerja Website Anda Sangat Buruk, saya sudah siapkan 5 (lima) penyebab dan alasan kinerja website Anda buruk.

#1. Tidak Mobile Friendly

Jika website Anda tidak mobile-friendly, maka website Anda akan perlahan ditinggalkan. 

Tidak cukup website Anda hanya sebatas responsif, Anda harus merancang secara khusus untuk mendukung tampilan mobile dalam hal konten dan struktur website. 

Di era serba gadget dan mobile, kalau website Anda tidak mobile friendly, maka tingkat konversi Anda akan berkurang. (saya sudah pernah disana). 🙂

Tapi selama Anda tidak mengabaikan pentingnya memiliki website yang mobile friendly, Anda akan dapat dengan mudah mengukur dan mengetahui alasan tidak terjadinya konversi pada website Anda.

#2. Tidak Ada CTA (Call To Action)

Website Anda dapat menjadi hal yang mudah digunakan dengan konten yang menarik dan berkualitas, tapi tanpa ajakan bertindak yang jelas dan singkat, Anda tidak akan terjadi konversi. 

Anda mungkin ingin terjadi konversi, tapi tidak terjadi karena Anda belum memberikan pancingan kepada pengunjung website Anda.

Buat Call To Action (ajakan bertindak) Anda dengan jelas, singkat, menonjol, spesifik dan menarik. Yang penting jangan berlebihan!. 🙂

Sediakan semua informasi yang dibutuhkan pengunjung Anda sehingga mereka tahu persis apa yang Anda ingin mereka lakukan selanjutnya. 

Buat ajakan bertindak yang relevan dan spesifik dan tempatkan mereka di tempat yang menonjol di setiap halaman website Anda.

Apa pun yang Anda lakukan, pastikan sangat mudah bagi pengguna untuk berkonversi saat mereka siap.

#3. Pengunjung Anda Kesal Dengan Website Anda

Anda mungkin akan kehilangan peluang konversi jika ada sesuatu yang tidak sesuai dengan website Anda terhadap pengunjung Anda. 

Lihat dan perhatikan tingkat bouncing website Anda. Jika tinggi, Anda harus tahu kalau ada sesuatu yang tidak menarik bagi pengunjung website Anda.

Kalau memang terjadi hal seperti itu, Anda perlu mencari tahu apa masalahnya langsung dari pengunjung Anda. 

Anda dapat melihat perjalanan pengunjung Anda melalui Google Analytics, tapi mungkin akan mempermudah dan mempercepat Anda untuk mengetahui kelemahan website Anda apabila meminta feedback dari pengunjung secara langsung.

Biasanya ada beberapa gangguan website, seperti:

  • Anda tidak menawarkan informasi yang berguna.
  • Navigasi terlalu sulit dan berantakan.
  • Anda memiliki terlalu banyak iklan atau popup.
  • Website Anda tidak terlihat bagus.

Sebenarnya ini adalah masala yang sangat mudah dan cukup Anda benahi kerapihannya. 

Saran saya, luangkan waktu Anda untuk menyelidiki dan memperbaiki kesalahan rumah Anda (website) sesegera mungkin.

#4. Anda Terlalu Pasif!

Dalam 2 Days E-Workshop “Multiple Income Blog”, saya mengajarkan kepada peserta saya untuk mengubah blog biasa menjadi social blog.

Banyak pemilik website bertujuan untuk menyenangkan semua orang dan itu tidak salah, karena tujuan website adalah memberikan informasi kepada banyak orang, bukan?. Yang salah adalah ketika Anda tidak melakukan tanggapan apapun terhadap pengunjung website Anda.

Selain itu, pengunjung Anda juga melihat seberapa sering Anda melakukan update website Anda. Saya pribadi selalu menyarankan kepada perusahaan maupun individual, agar selalu menyediakan fitur blog pada website, baik itu website company profile, toko online atau website apapun, di era sekarang harus memiliki fitur blog yang selalu update minimal seminggu sekali.

#5. Anda Memiliki Situs yang Lambat

Pernah dapat keluhan dari pengunjung tentang website Anda yang loadingnya sangat lambat?. atau aksesnya sangat lambat?.

Faktanya kalau loading atau kerja website Anda tidak tampil dengan cepat, maka pengunjung Anda akan pergi dan tidak mungkin berkunjung lagi dalam waktu dekat. 🙂

Ada banyak faktor yang bisa memperlambat website Anda, seperti:

  • Situs yang tidak dioptimalkan untuk mobile.
  • Link banyak yang rusak.
  • Kode berantakan.
  • Gambar yang tidak dioptimalkan.
  • Flash dan Java yang tidak update.
  • Dan kebanyakan permasalahan pada hosting.

Kalau merasa website Anda lambat bekerja atau loadingnya terasa lambat karena hosting, Anda bisa migrasikan website Anda ke AWKHOST. 😉

Dengan Anda sekarang mengetahui 5 (lima) penyebab dan alasan kinerja website Anda buruk harapan saya adalah Anda bisa menjaga website Anda dan sering-sering berkunjung ke Google Webmaster untuk periksa kesehatan website Anda.

Kalau Anda perusahaan dan tidak mau repot urusan seperti maintenance website dan optimasi website, Anda bisa outsource ke IDEAX Digital.

Shares

 BONUS UNTUK ANDA! 

Siapa lagi yang mau mendapatkan BONUS
2 VIDEO + EMAIL SERIES dari saya yang akan membantu MEMAHAMI BISNIS ONLINE dan MENGHASILKAN UANG DI INTERNET dengan TEPAT & BENAR?.
close-link
Jangan Dibuka!
X