Tidak terjadi penjualan?. Pertanyaan saya adalah dimanakah posisi pengunjung web atau blog Anda saat ini?.

Saya selalu bagikan hal ini secara detail kepada peserta workshop SEO dan workshop Social Blogging mengenai 3 (tiga) jenis pengunjung website atau blog yang juga sama halnya dengan 3 (jenis) konsumen dalam dunia bisnis khususnya pemasaran dan penjualan.

Mengenai 3 (tiga) jenis pengunjung website atau blog ini juga sudah banyak yang membahas dengan berbagai versi, dan versi dari digitalmarketer.com disebut Traffic Temperature.

Dalam dunia digital, calon konsumen yang melihat website atau blog kita, bisa disebut pengunjung atau dalam bahasa inggris sering dikatakan traffic.

Pengunjung yang hanya datang membaca artikel dan kemudian pergi tanpa ingin mengenal tentang penulis, pemilik blog atau sebuah brand tertentu, disebut cold traffic.

Pengunjung yang datang membaca artikel, kemudian meninggalkan komentar, mengikuti blog dan ingin mengenal tentang penulis, pemilik blog atau sebuah brand tertentu, disebut warm traffic.

Pengunjung yang selalu datang membaca artikel, kemudian meninggalkan komentar, mengikuti blog dan sudah mengenal tentang penulis, pemilik blog atau sebuah brand tertentu, sehingga apapun yang ditawarkan akan selalu dibeli karena sudah percaya, disebut hot traffic.

Yang sering saya temukan adalah kebanyakan blog hanya berfokus pada hot traffic. Sehingga ketika membangun sebuah blog, tujuan utamanya adalah terjadi penjualan yang bisa menghasilkan income.

Ciri pemilik blog yang tujuannya langsung pada hot traffic adalah isi blog kebanyak-kan tentang jualan sebuah produk layaknya marketplace. Jenis blog seperti ini, traffic tinggi tapi lebih sedikit menghasilkan income, daripada jenis blog yang memiliki wadah bagi cold traffic dan warm traffic yang paham bahwa suatu saat pengunjung akan menjadi hot traffic.

Sedangkan ciri dari blog yang menyediakan wadah bagi cold traffic dan warm traffic adalah lebih banyak berbagi daripada jualan dan memiliki blog subscription sebagai bentuk rasa peduli bagi cold traffic untuk bisa mendapatkan gratis artikel terbaru, sehingga cold traffic selalu ingat bahwa mereka pernah mengunjungi blog tersebut.

Rekomendasi:
Ninja Subscription WordPress Plugin

Kunci yang ingin saya berikan adalah jangan hanya target pada hot traffic secara langsung, tapi berikan perhatikan dan peduli kepada cold traffic yang bisa menjadi warm traffic, karena hot traffic berawal dari warm traffic. 🙂

Dimanakah posisi pengunjung web atau blog Anda saat ini?.

Pertanyaan sangat penting untuk direnungkan oleh pemilik blog yang sekarang lagi baca artikel ini, dan yang memiliki blog dengan traffic tinggi tapi mendapatkan hanya sedikit income dari blog atau banyak pengunjung tetapi sedikit terjadi penjualan. 🙂

Shares
X