Search Engine Optimization adalah fondasi dasar jika Anda ingin terjun dalam dunia digital atau internet. Menjadi keharusan untuk dipelajari, minimal dipahami.

Kalau biasanya saya bahas Search Engine Optimization (SEO) untuk penggunaan HTML dan WordPress Platform, kali ini saya akan bahas penggunaan SEO untuk Anda yang menggunakan Weebly sebagai platform website, toko online atau blog Anda.

Catatan: menggunakan Weebly Platform, sangat penting untuk mengisi situs Anda dengan konten yang di-optimalkan untuk Search Engine Optimization (SEO).

Secara sederhana, konten di-optimalkan yang dicari. Dengan menerbitkan konten yang di-optimalkan akan membuat konten Anda dengan mudah ditelusuri dalam search engine. Jadi, jika Anda meng-optimalkan konten Anda, sama seperti Anda akan meng-optimalkan penjualan Anda.

Saya merancang beberapa cara sederhana yang bisa Anda praktek langsung kedalam platform Weebly Anda website Anda berada pada radar pengunjung yang paling tertarik pada apa yang Anda jual, meningkatkan kesadaran brand (merek) Anda, mengembangkan bisnis Anda, mendapatkan lebih banyak pelanggan dan menangkap audiens atau calon konsumen baru setiap hari!.

Jika kedengarannya rumit, jangan khawatir. Artikel ini membahas apa yang perlu Anda ketahui tentang dasar-dasar Search Engine Optimization untuk Platform Weebly, kecuali Anda ingin tingkat lanjutan menguasai Search Engine Optimization keseluruhan, Anda bisa ikut 2 Days Workshop H.A.C.K Search Engine Optimization (SEO) yang saya adakan selama 2 (dua) hari penuh.

Tips SEO Untuk Weebly

Bagian penting ketika Anda ingin meng-optimalkan Search Engine Optimization untuk Platform Weebly.

  • Isi atau Konten

Konten adalah faktor yang paling penting yang akan berdampak pada peringkat website Weebly Anda di search engine.

Contoh: jika Anda seorang tukang roti, pastikan untuk secara jelas menunjukkan bahwa bisnis Anda adalah roti kepada pembeli online Anda.

Apa (What), Siapa (Who), Dimana (Where), Kapan (When) dan Bagaimana (How) bisnis Anda harus secara eksplisit ditulis sebagai konten di seluruh situs Anda dan ditekankan dalam judul dari berbagai halaman website Anda.

Isi lebih jelas dinyatakan dan terstruktur, maka website Weebly Anda akan menjadi lebih mudah dibaca dan mudah ditemukan.

Untuk memastikan konten online Anda jelas, pastikan meninjau halaman Anda, header dan konten tertulis.

Setelah setiap paragraf, tanyakan pada diri “Apakah konten yang Anda buat memiliki tujuan?”. Jika Anda tidak bisa menemukan tujuan dari konten Anda, maka Anda harus mempertimbangkan menghapus atau mengedit untuk memastikan apa yang Anda tulis memiliki alasan.

Dalam 2 Days Workshop H.A.C.K Search Engine Optimization (SEO), saya sebut dengan SEO Content, yaitu konten yang memiliki tujuan yang jelas agar mudah di optimalkan, bukan hanya mengisi konten.

  • SEO Konten: Syarat penting

Bagian-bagian berikut adalah yang paling penting dan harus selalu di isi dengan benar.

Deskripsi situs Anda adalah salah satu faktor yang paling penting dalam menerapkan Strategi Search Engine Optimization (SEO) untuk website Anda.

Deskripsi situs

Penulisan Deskripsi pada situs harus jelas dan ringkas menjelaskan tujuan website Anda kepada pengunjung.

Dengan memberikan deskripsi situs ke website Anda akan membuat bisnis Anda mudah ditemukan dalam search engine,baik robot dan manusia akan dapat mencari dan menemukan website Anda.

Sebuah deskripsi situs ini mirip dengan memberitahukan kepada banyak orang bahwa “Disini Ada Kebutuhan Yang Anda Cari”.

Selain peran penting membuat website Anda dikenal dan tersedia untuk umum (Public Available).

Memiliki deskripsi situs yang tepat sangat penting, karena berdampak langsung pada mesin pencari dalam menghitung dan mempertimbangkan peringkat website Anda.

Jika Anda menerapkan SEO untuk Weebly, kami sarankan Anda mulai dengan memilih deskripsi situs yang kuat.

Sebuah deskripsi situs yang solid tidak lebih dari sekedar men-dikte peringkat pencarian Anda, melainkan dapat ditemukan dan menyediakan struktur.

Sebuah deskripsi situs yang kuat sangat penting karena meletakkan dasar bagi Anda untuk dengan mudah membangun Strategi SEO pada website Weebly Anda.

Misalnya, jika Anda menjual kue, deskripsinya adalah Anda akan ingin menulis gambaran perusahaan kue Anda dan menjelaskan tujuan dari situs Anda adalah untuk menjual kue secara online. Dengan begitu akan menginformasikan kepada mesin pencari dan pengunjung Anda ke mana mereka berada dan mengapa.

Untuk mengubah deskripsi Anda pada website Weebly, masuk ke Edit Site -> Pengaturan dan pilih SEO dari menu drop-down.

Contoh deskripsi situs untuk situs Weebly

Untuk lebih meningkatkan strategi konten SEO pada website Weebly Anda, maka ideal-nya meng-kategorikan konten Anda pada setiap halaman situs pribadi sesuai dengan Standar SEO pada Weebly.

Halaman Deskripsi

Secara sederhana, Halaman Deskripsi harus jelas dan ringkas menyatakan tujuan tertentu yang halaman tertentu berfungsi.

Jika website Anda memiliki beberapa bagian masing-masing didedikasikan untuk topik tertentu seperti FAQ, sejarah perusahaan, informasi kontak dan menu daftar deskripsi rasa dan harga, maka Anda harus memiliki beberapa halaman di situs Anda yang semuanya perlu diberi label untuk memenuhi Standard SEO untuk kebutuhan website dengan platfrom Weebly.

Jika Anda bertanya-tanya apa judul halaman yang memiliki banyak jawaban atas pertanyaan yang sering diajukan, maka Anda harus mempertimbangkan membuat FAQ sebagai judul halaman.

Ini adalah di mana Anda dapat mengedit deskripsi halaman Anda

Jika Anda memiliki halaman yang menjelaskan bagaimana perusahaan Anda berdiri dan berkembang selama bertahun-tahun, pertimbangkan membuat “sejarah perusahaan” sebagai judul halaman.

Jika Anda memiliki halaman penuh dengan konten yang menggambarkan rasa kue-kue bersama dengan harga, maka mempertimbangkan membuat halaman “Shop” sebagai judul halaman dan dilengkapi dengan cara memesannya.

Meta Keywords

Walaupun tahun 2017 Meta Keywords (Kata Kunci) sudah tidak berlaku lagi, tapi hanya untuk men-goptimalkan kerja SEO pada platform Weebly, Anda harus menambahkan sesuai Meta Keywords, atau juga dikenal sebagai Meta Tag, untuk setiap halaman website Anda.

Kata kunci untuk deskripsi halaman Anda

Meta Keywords menjelaskan secara singkat tujuan halaman. 

Konten pada setiap halaman Anda harus diuraikan dengan menggunakan kata kunci yang sesuai dan yang berlaku untuk halaman itu sendiri dengan penjelasan tertulis yang kira-kira 155 karakter.

Mengapa Anda Harus Membuat dan Add Weebly SEO Konten?

 

Ketika membuat konten yang SEO friendly, penting untuk di-ingat bahwa informasi ini berfungsi sebagai undangan untuk search engine seperti Google, Bing, Yahoo, dan bahkan situs social media lainnya agar dapat mengunjungi website Anda dan semua halaman pada website Anda.

Setelah search engine tahu keberadaan situs Anda, secara otomatis akan memandu konsumen Anda yang telah mencari produk atau informasi tentang Anda melalui search engine, sehingga akan berfungsi sebagai undangan terbuka untuk miliaran pengguna internet untuk mengunjungi website Anda.

Jadi kesimpulannya bahwa Search Engine Optimization sampai saat ini masih sangat dibutuhkan dan masih bekerja bahkan menjadi fondasi atau keharusan kalau Anda ingin terjun dalam dunia online.

Apapun platform yang Anda gunakan, baik social media Facebook, Twitter, Instagram atau platform website seperti WordPress, Weebly, Joomla, Prestashop, dan lainnya, Anda tetap membutuhkan Search Engine Optimization.

Saran saya, kalau Anda ingin memperdalam tentang Search Engine Optimization, ikut kelas 2 Days Workshop H.A.C.K Search Engine Optimization dan saya pastikan Anda akan menyesal kalau tidak ikut kelas tersebut. 🙂

Shares
X