Beberapa minggu yang lalu, melalui Telegram MessengerAndhika Wijaya Kurniawan”, saya berbagi tentang Search Engine Optimization (SEO) untuk toko online dengan hashtag #SEOecommerce.

Mungkin sangat mudah bagi Anda yang memiliki toko online dengan menggunakan Content Management System (CMS) dari WordPress, karena Anda hanya perlu install plugin All In SEO Pack dan All In SEO Pack for Woocommerce apabila Anda menggunakan plugin Woocommerce untuk mengubah blog wordpress menjadi sebuah toko online.

Tapi bagaimana kalau Anda yang bukan menggunakan WordPress?. Misalnya menggunakan Prestashop atau mungkin Opencart sebagai toko online?.

STOP! lakukan hal yang ribet atau berbelit dalam hal optimasi toko online kedalam search engine. Karena sebenarnya Search Engine Optimization itu tidak ribet atau susah.

Dalam Workshop H.A.C.K® SEO Mastery, justru kasih fondasi dari search engine sebelum masuk kebagian teknis dan strategi.

Sehingga lulusan Workshop H.A.C.K® SEO Mastery bisa leluasa bermain di dalam search engine karena sudah paham cara kerja search engine. Makanya di dalam workshop, saya sering katakan, “Untuk bisa SEO, tidak butuh pinter koding atau jago IT. Anda GAPTEK pun pasti bisa mempelajari SEO. Karena SEO itu seni dan kreatifitas”. 🙂

Ok balik lagi, bagaimana kalau Anda yang bukan menggunakan WordPress?.

#1 Perhatikan Title Produk

Pastikan ketika Anda menulis title untuk produk, batas karakter adalah maksimal 50 (lima puluh) karakter dan pastikan title produk Anda adalah umum yang biasa orang cari, bukan hanya kode barang.

Contoh: Collar Blazer Abu (CBA 550) atau Mainan Lego Batman Untuk Anak.

#2 Perhatikan Deskripsi Produk

Pastikan ketika Anda menulis deskripsi produk pada kolom deskripsi, paragraf pertama sebanyak 150 (seratus lima puluh) karakter adalah bahasa pemasaran (marketing).

Contoh deskripsi dengan produk “Mainan Lego Batman Untuk Anak”: Apakah Kecerdasan dan Kreatifitas Anak Anda Sudah Meningkatkan?. Pastikan Anda Memberikan LEGO Batman Dengan Harga Terjangkau. Klik Untuk Detailnya.

Setelah paragraf pertama 150 (seratus lima puluh) karakter, Anda silahkan bebas memasukan keterangan lain seperti jenis plastik lego, dan lainnya pada paragraf kedua.

Kenapa begitu?. Karena dalam search engine, khususnya toko online, paragraf pertama pada deskripsi akan dilihat oleh search engine sebagai Meta Description.

Catatan: hal ini tidak berlaku apabila Anda menggunakan plugin All In SEO Pack pada WordPress.

Mudah bukan melakukan Search Engine Optimization (SEO) pada toko online tanpa harus ribet dan berbelit seperti informasi SEO pada artikel-artikel yang beredar di ranah online. 🙂

Kalau Anda ingin bertanya, silahkan manfaatkan kolom komentar dan saya akan balas atau bisa melalui ask.fm/coachawk. 🙂