Sebelum Anda membaca artikel ini, pastikan Anda sudah membaca artikel sebelumnya mengenai Resesi 2020 Indonesia, Penyebab dan Solusinya (Bagian 1 – Penyebab), sehingga Anda akan paham artikel lanjutan ini.


Budi Gunadi Sadikin selaku Ketua Satuan Tugas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional, mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan arahan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat untuk berbelanja di tengah pandemi virus Corona (Covid-19).

Akibat pandemi ini, banyak masyarakat yang urung berbelanja bukan karena tidak memiliki uang, tetapi karena rasa khawatir terpapar Covid-19. Hal ini menjadi konsentrasi pemerintah untuk membuat rasa aman keluar rumah dan melakukan aktivitas ekonomi sehingga roda ekonomi dapat berputar kembali,” kata Budi yang dilansir dari Suara

Presiden Jokowi juga mengatakan bahwa kesehatan dan ekonomi harus diutamakan keduanya, tidak bisa salah satunya. Apabila pemerintah hanya fokus pada penutupan-penutupan sektor di bidang ekonomi dan membuat kebijakan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) saja, maka roda perekonomian akan sulit berjalan, kesejahteraan masyarakat menurun, imun tubuh juga menurun sehingga penyakit mudah masuk.

Apabila pemerintah membuka sektor-sektor ekonomi, maka dapat berpeluang membuat kluster baru, menambah pasien di rumah sakit, hingga akhirnya menambah biaya yang dapat memperbesar peluang Indonesia menjadi resesi ekonomi. Sebaik mungkin Indonesia harus menghindari resesi ekonomi, karena kalau tidak, tidak menutup kemungkinan kejadian 1998 akan terulang kembali.

Solusi Menghadapi Resesi 2020 Di Indonesia

Ketika saya mendengar kabar bahwa Indonesia akan segera memasuki masa resesi di tahun 2020, dengan cepat saya memberikan informasi kepada semua followers saya baik di instagram, twitter, facebook dan semua media yang saya miliki.

Melalui Twitter, saya katakan bahwa penggerak perekonomian di Indonesia apabila terjadi resesi adalah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang dimana sebelumnya dipersulit oleh aturan-aturan formalitas perbankan dan mau tidak mau saat ini UMKM akan menjadi ujung tombak perekonomian yang membuat semua mata para ekonom serta perbankan tertuju pada UMKM.

Solusi Bagi Pemerintah di Indonesia

Kalau Anda yang membaca artikel ini adalah institusi pemerintahan, maka saran saya Anda harus mulai memperhatikan UMKM & UKM dengan memberikan arahan untuk mempermudah regulasi perbankan yang saat ini bagi UMKM & UKM sangat sulit sekali untuk permasalahan permodalan dalam usaha.

Solusi Bagi Perusahaan (Korporat) di Indonesia

Bagi Anda korporat, sekarang saatnya Anda mulai melatih Sumber Daya Manusia (SDM) yang Anda miliki untuk meningkatkan kemampuan dalam 2 (dua) hal yaitu Digital Marketing dan Digital Selling. Bekali dan Berikan pengetahuan melalui seminar / webinar dengan mengundang para pakar dibidangnya. Dengan begitu Anda bisa bertahan dan bahkan mengembangkan bisnis Anda.

Yang paling utama yang ingin saya sampaikan dengan tegas kepada teman-teman korporat adalah bantu pemerintah dengan membayar pajak sesuai yang ditetapkan. Dengan begitu, Anda sebagai korporat sudah sangat membantu pemerintah dan perekonomian di Indonesia yang saat ini sedang diambang resesi.

Solusi Bagi Individu dan UMKM / UKM di Indonesia

Ini adalah masa kejayaan Anda karena Anda menjadi ujung tombak perekonomian di Indonesia, yang berarti sekarang ini adalah masa dimana bisnis Anda, industri yang sedang Anda jalankan idealnya bisa berkembang dengan cepat.

Ikuti perkembangan era saat ini, pelajari tentang Digital Marketing dan Digital Selling agar Anda bisa melebarkan pemasaran dan penjualan bukan hanya market lokal di kota Anda melainkan market se-Indonesia.


Apakah resesi Indonesia di tahun 2020 akan terjadi? dan apakah resesi di Indonesia akan terulang seperti pada tahun 1998?. Yang bisa Anda dan saya lakukan saat ini adalah mempersiapkan dan bersiap untuk menghadapi resesi yang akan datang.

-- Bagikan dengan shortlink: https://is.gd/0CunZj
X