Baru-baru ini CEO dari Facebook, Mark Zuckerberg membuat gempar dunia ecommerce dengan mengumumkan kalau facebook meluncurkan “Facebook Shops”.

Tanggal 19 Mei 2020, melalui official blog facebook, mengumumkan kalau mereka memperkenalkan “facebook shop yang tujuannya adalah membantu usaha kecil menengah (UKM) agar bisa berjualan secara online.

Dalam waktu dekat, “Facebook Shop” juga akan memungkinkan usaha kecil menengah untuk menjual produk melalui Instagram Direct, WhatsApp, dan Messenger, dan menandai produk (call to action) saat melakukan Live baik di Facebook Live maupun Instagram Live.

Lalu apa saja fitur dari “Facebook Shops” dari facebook ini?

Menurut Zuckerberg, ide dasar di balik Facebook Shops (atau singkatnya Shops) adalah memungkinkan bisnis kecil untuk membangun toko online dan menjual barang secara langsung di seluruh keluarga aplikasi Facebook, termasuk Facebook dan Instagram.

Pemilik bisnis dapat membuat bagian “toko” khusus di Halaman Facebook atau profil Instagram mereka dan membuat katalog produk dan layanan yang dapat dijelajahi, disimpan, dibagikan, dan bahkan dibeli oleh pengunjung.

Tampilan facebook shops melalui aplikasi facebook mobile
(tampilan facebook shops melalui aplikasi facebook mobile)

Sementara setiap bisnis, baik besar maupun kecil, dapat mengambil manfaat dari ini, Facebook Shops sangat berharga bagi usaha kecil, karena Facebook Shops gratis dan mudah dibuat, cepat, dan, yang terpenting, mereka terintegrasi di banyak aplikasi Facebook. Yang berarti begitu Anda menyiapkan Facebook Shops, maka toko itu akan tersedia di Halaman Facebook Anda dan profil Instagram Anda (termasuk dapat diakses dari stories dan instagram ads). 

Ini yang menarik yang membuat saya ingin segera mencoba fitur dari Facebook Shops.

Dikatakan kalau Facebook bermitra dengan Shopify, BigCommerce, Woocommerce, Channel Advisor, CedCommerce, Cafe24, Tienda Nube, dan Feedonomics untuk membantu integrasi produk-produk yang diupload oleh members atau pengguna platform tersebut untuk bisa juga masuk ke Facebook Shops.
Bisnis akan dapat menggunakan platform pihak ketiga ini untuk mengelola Facebook Shops mereka, serta iklan sosial apa pun yang terkait.

Berbicara pada kemitraan, Shopify mengatakan: “Facebook Shop memungkinkan users Shopify untuk mendapatkan kontrol atas kustomisasi dan merchandising untuk etalase mereka di Facebook dan Instagram, sambil mengelola produk, inventaris, pesanan, dan pemenuhan langsung dari dalam Shopify”.

Tunggu dulu, ini belum selesai, ada satu hal lagi yang menarik perhatian saya dan menunggu Facebook Shops hadir di Indonesia.

Menurut Zuckerberg, bagian dari kustomisasi Facebook Shops juga akan datang dari AI dan teknologi augmented reality Facebook.

Misalnya, jika Anda adalah toko pakaian yang membuat pakaian untuk pria dan wanita, Anda akan dapat mengesonisasi toko Anda untuk menunjukkan produk yang paling relevan bagi pengunjung, seperti jaket pria atau jeans wanita.

Pengunjung ke Facebook Shops juga dapat menggunakan augmented reality (AR) untuk mencoba hal-hal seperti kacamata hitam, makeup, dan bahkan furnitur. Sesuai rencana fitur belanja augmented reality melalui Instagram yang diumumkan pada akhir tahun lalu.

Sama seperti ketika Anda berada di toko fisik dan perlu meminta bantuan seseorang, maka di Facebook Shops Anda dapat mengirim pesan bisnis melalui WhatsApp, Messenger, atau Instagram Direct untuk mengajukan pertanyaan, mendapatkan dukungan, melacak pengiriman, dan lain-lainnya, termasuk melakukan pembelian langsung pada saat chat di messenger, whatsapp dan Instagram Direct.

Monopoli pasar atau mendukung?

Itu pengumuman dari Facebook yang biasa aja, tetapi buat Anda yang pengguna Instagram, saya memiliki informasi yang bisa membuat Anda senang. 🙂

Pengumuman terbesar adalah Instagram Shop, yang akan memungkinkan pengguna untuk menelusuri produk langsung dari Instagram Explore dan, pada akhirnya, akan ada sebagai tombol permanen di bilah navigasi, sehingga Anda dapat pergi ke Instagram Shop hanya dalam satu ketukan.

Tampilan facebook shops melalui aplikasi instagram mobile
(tampilan facebook shops melalui aplikasi instagram mobile)

Menurut rilis pers Facebook, begitu fitur diluncurkan, Anda akan dapat “menelusuri pilihan dari merek dan pembuat favorit Anda, melakukan filter menurut kategori seperti kecantikan dan rumah, dan membeli penampilan yang Anda sukai di satu tempat”.

Facebook juga berencana untuk meluncurkan fitur-fitur Belanja Langsung baru di Facebook dan Instagram, yang akan memungkinkan Anda untuk berbelanja di Live secara real-time.

Menurut Zuckerberg, lebih dari 800 juta orang terlibat dalam video langsung setiap hari di Facebook dan Instagram, dan banyak dari itu termasuk tutorial dan peluncuran produk. Jadi sudah ada budaya e-commerce yang kuat yang melekat pada video live.

Tetapi dengan fitur belanja langsung dari Facebook, pengguna facebook dan instagram akan dapat menandai produk dari katalog Facebook Shops mereka sebelum ditayangkan dan produk tersebut akan ditampilkan di bagian bawah video sehingga orang dapat dengan mudah mengetuk untuk mempelajari lebih lanjut dan membeli.

Menurut Mark Zuckerberg, Facebook dan Instagram sudah menjadi tujuan belanja yang sangat besar, tetapi dengan adanya Facebook Shops, pasti membuka peluang baru untuk usaha kecil menengah (UKM).

Bagaimana menurut sudut pandang Anda tentang Facebook Shops ini?.



.
149 :thumbsup:
46 :heart:
5 :joy:
23 :heart_eyes:
17 :blush:
18 :cry:
4 :rage:
X